Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Peningkatan Kompetensi Sosial Anak Usia Dini dengan Metode Bermain Peran *) (Studi Kasus di Raudhatul Athfal Muhajirin-Medan)

Masganti Sit
Submitted
Oct 30, 2013
Published
Mar 1, 2012
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Sit, M. (2012). Peningkatan Kompetensi Sosial Anak Usia Dini dengan Metode Bermain Peran *) (Studi Kasus di Raudhatul Athfal Muhajirin-Medan). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(1), 98–106. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i1.72
Abstract

The objective of this research is to increase early childhood’s social competence by using role playing method. The study was conducted at Raudhatul Athfal al-Muhajirin in Medan in the year of 2010 with n = 24. This classroom action research was using Kemmis and Taggart (1997) model with three cycles. Each cycle has four steps. They are follows: 1) plan; 2) action; 3) observe; and 4) reflect. To analyze the data, qualitative and quantitative research method were used. The result of the qualitative analysis shows that the role playing method conducted with three steps are personification role playing, role playing with media, and role playing with social condition. The result of the quantitative analysis shows that there are significant differences between pre and post assessment of early childhood’s social competence.



ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi sosial anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran. Penelitian dilakukan di Raudhatul Athfal al-Muhajirin pada tahun 2010 dengan jumlah sampel sebanyak 24 orang anak. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model dari Kemmis (1997) dan Taggart dengan tiga siklus. Setiap siklus memiliki empat langkah yaitu: 1) perencanaan; 2) tindakan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa metode bermain peran dilakukan dengan tiga tahapan yaitu bermain peran personifikasi, bermain peran berdua dengan menggunakan media, dan bermain peran dengan situasi sosial. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata antara asesmen awal dan akhir tiap siklus pada nilai kompetensi sosial anak usia dini.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 980
Downloads : 1111
References
Arief, Armai. 2002 Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press
Al-Bani, M. Nashiruddin, 2008. Ringkasan Shahih Bukhari, Jilid 3, Terj.Abdul Hayyie al-Kattani dan A. Ikhwani,Jakarta: Gema Insani Press.
Blatner, Adam, M.D. 2009. Role Playing in Education (http:www.blatner.com/ adam/rlplayedu) diunduh tanggal 1 Januari 2012.
Cavell A. Thimothy, Barbara A. Meehan, dan Samuel E. Fiala. 2003. Asessing Social Competence in Children dan Adolescent dalam Handbook of Psychological dan Educational of Children, Cecil R. Reynolds dan Randy W. Khampaus (Ed.) New York: The Guilford Press
Departemen Agama. 1985. Al-Qur’an dan Terjemahnya.
Greenwood, Davyd J. and Morten Lovin. 1998. Introduction to Action Research. London: Sage Publications Ltd
Han, Heejeong Sophia. 2010. Sociocultural influence on children’s social competence: a close look at kindergarten teachers’ beliefs (Report), dalam Journal of Research in Childhood Education
Kemmis, Stephen dan Taggart. 1997. The Action Research Planner Australia: Deakin University, LSD
Koch A. dan Clarke-Stewart J.B. 1983. Children: Development Through Adolescence, New York: Wiley & Sons
Ladousse, Gillian Porter. 2004. Role play. Oxford: Oxford University Press
Lincoln, Yvonna S. dan Egon G. Guba. 1885. Atau 1981. Naturalistic Inquiry, Baverly Hills: Sage Publication
Loh, Andrew. 2010. Promoting Social Competence in Young Children - Simple Methods and Techniques.
(http://www.brainy-child.com) diunduh tanggal 1 Januari 2012
Lothar, Krappman. 1996. On the Social Embedding of Learning Processes in the Classroom. In Effective and Responsible Teaching: The New Synthesis. San Francisco: Jossey-Bass.
Kail, Robert V., 2002. Advances In Child Development and Behavior. Amsterdam: Academic Press.,
Kostelnik, Marjorie J. , Anne K. Soedarman, dan Alice P. Whiren. 2007. Developmentally Appropriate Curriculum Best Practice in Early Childhood Education. Ohio: Pearson.
Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-
Metode Baru, Terj. Tjejep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press
Mills, Geoffrey E. 2000. Action Research: A Guide for the Teacher Research. New Jersey: Printice Hall Inc. atau 2003
Moedjiono dan Dimyati. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.