Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

ENTRY LEVEL ASSESSMENT SEBAGAI SALAH SATU PROGRAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN LPTK: KAJIAN LITERATUR TENTANG KONSEP DAN PENGAPLIKASIANNYA

Dedi Heryadi
Submitted
Sep 22, 2016
Published
Mar 10, 2007
PDF
Citation
Heryadi, D. (2007). ENTRY LEVEL ASSESSMENT SEBAGAI SALAH SATU PROGRAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN LPTK: KAJIAN LITERATUR TENTANG KONSEP DAN PENGAPLIKASIANNYA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(65), 300–313. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i65.339
Abstract

Pelbagai komponen masyarakat menilai bahwa kualitas hasil pendidikan di Indonesia masih dianggap kurang. Penyebab kurangnya kualitas pendidikan disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu komponen sistem pendidikan yang dianggap menjadi faktor penghambat upaya meningkatkan kualitas hasil pendidikan adalah kualitas tenaga pendidikan. Di dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga pendidikan pemerintah terus berupaya menyelenggarakan berbagai program, seperti mengadakan pelatihan-pelatihan bagi para guru, pemberian b antuan beasiswa untuk studi lanjutan, dan dimunculkannya Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dasen. Suatu ha! yang perlu segera mendapat perhatian yaitu perlunya memperbaiki sistem proses pendidikan pada lembaga-lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK), karena lembaga ini berperan sebagai pencetak (produsen) tenaga-tenaga kependidikan. Upaya perbaikan sistem proses pendidikan di LPTK yang cukup aw al dan mendasar perlu dilaksanakan dengan mengadakan entry level assessment (ELA) sebagai bentuk pengukuran atau penelusuran awal untuk menempatkan calon-calon peserta didik
yang benar-benar sesuai dengan kemampuan dasar dan minat yang dimilikinya. Secara lebih operasional hasil ELA dapat digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan pelayanan yang lebih terorganisir dan terarah kepada para peserta didik (student support service) sehingga hasil pendidikan (output) yang dicapai dapat memuaskan dan siap kerja.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 988
Downloads : 462
References
Allen, E.D dan Valette, R.M. 1977. Classroom Techniques: Foreign Languages and English as a Second Language. New York: Harcort Brace Jovanovich Publisher.
Bell, P. 2006. The purpose of Assessment at the University of Oklahoma is to guide Program Improvement. Tersedia pada http://casweb.ou.edu/as­sess/entry level. htrn.
Heryadi, D. 2005. Penyelenggaraan Entry Level Assesment dalam Rangka Student Support Service pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Makalah tidak diterbitkan. Tasikmalaya. FKIP Univer­sitas Siliwangi Tasikmalaya.
http://www.depdiknas.go.id/inlink.php?to=guru-dosen: Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (2006).
http://www.uaf.edu/provost/outcomes/Plans I Html Format/SofwareEngineering. Degree Program: Masters of Software Engineering. 2006. Program Asessment.
Lado, R. 1977. Language Testing. London: Longman Group Limited.
Ritchie, N. 2003. Annual Student Assessment Report: 2002-2003. Carl Albert
State College. Tersedia pada http://www.case.cc.ok.us/planning/assessment report.htm.
Suhendro, B. 1995. Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang (KP PT-JP) I 996-2005. Jakarta: DirektoratJenderal Pendidikat Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003) Jakarta: BP. Restindo Mediataka.
Yulianti, L. et al. 2003. Entry Level Assessment & Student Support Services.
Seminar Mata Kuliah Pengembangan dan Manajemen Kurikulum Pendidikan Tenaga Kependidikan PPS Universitas Pendidikan, Januari 2003.