Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

KECERDASAN LINGUISTIK ANAK KEMBAR USIA DUA TAHUN TUJUH BULAN

Noldy Pelenkahu
Submitted
Sep 19, 2016
Published
Mar 10, 2007
PDF
Citation
Pelenkahu, N. (2007). KECERDASAN LINGUISTIK ANAK KEMBAR USIA DUA TAHUN TUJUH BULAN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(65), 268–286. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i65.336
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi empiris tentang pemerolehan bahasa anak kembar usia dua tahun tujuh bulan dan gambaran pola pengembangan kecerdasan linguistik anak kembar dalam kehidupan keluarganya. Penelitian ini dilakukan kepada dua anak kembar dari sebuah keluarga yang memiliki status sosial ekonomi yang cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam mengujarkan satu dan dua serta tiga kata diawali dengan mengujarkan suku kata awal dan akhir yang dilakukannya secara bergantian; (2) dalam pemerolehan bahasa sangat tergantung pada pola kehidupan berbahasa yang ada di lingkungan keluarganya, yakni sedikit banyaknya bergantung pada pola berbahasa yang dilakukan oleh ibu mereka, kemudian ayah, dan saudara-saudaranya; (3) kebanyakan kata-kata yang mampu diujarkan menggambarkan kegiatan yang dilakukan di dalam kehidupan keluarga anak tersebut; (4) kedua anak itu baik dalam mengikuti kegiatan keluarga sehingga mereka mampu mengujarkan kata-kata yang sesuai dengan fakta sebenarnya; dan (5) kedua anak tersebut kurang memiliki bakat 
bahasa yang dib aw a sejak lahirnya sehingga orangtua perlu mengembangkannya agar tidak mengalami keterlambatan dalam pemerolehan bahasa yang baik dan benar.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 570
Downloads : 347
References
Armstrong, T. 2002. Sekolah Para Juara: Menerapkan Multiple Intelligences di Dunia Pendidikan. Bandung: Kaifa.
Armstrong, T. 2003. Setiap Anak Cerdas: Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple lntelligence-nya. Jakarta: PT Gramedia.
Campbell, Linda, Bruce Campbell, dan Dee Dickinson. 2003. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Diterjemahkan oleh Tim lntuisi. Jakarta: lntuisi Press.
Cooper, R.G. 1996. Child Development: Its Nature and Course. New York,USA: McGraw-Hill Companies.
Feldman, R.S. 1997. Essential of Understanding Psychology. New York: McGraw-Hill Companies.
Fletcher, P. dan Garman, M. 1985. language Acquisition. Cambridge: Cam­bridge University Press.
Flood, James dan Diane Laap. 1983. Language Reading Instruction for theYoung Child. New York: McMillan.
Gardner, Howard. 1999. Intelliigences Refrarned, Multiple Intelligences for the 21 st Century. New York: Basic Books.
Gregory, R.J. 2000. Psychological Testing: History, Principles and Application. Boston: Allyn and Bacon.
Kelly, W. 1965. Educational Psychology. Milwaukee: The Bruce Publishing Company.
Gitano, M.K. dan Kirby, D.F. 1983. Gifted Education: A Comprehensive View. Canada: Little Brown and Company.
Moleong, L.J. 2004. Teori dan Aplikasi Kecerdasan Jamak (Multiple Intelli­gence). Seminar dan Lokakarya Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PPS UNJ.
Monks, F.J., Knoes, A.M.P., dan Haditono, S.R. 2004. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.
Renzulli, J S. dan Reis, S.M. 1985. The Schoo/wide Enrichment Model: A Comprehensive Plan for Educational Excellence. New York: Creative Learning Press.
Rimm, S. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah:Pola Asuh Anak Masa Kini. Jakarta: Gramedia.
Schmidt, L. 2002. Jalan Pintas Menjadi 7 Kali Lebih Cerdas: 50 Aktivitas,Permainan, dan Prakarya untuk Mengasah 7 Kecerdasan Mendasar pada Anak Anda. Bandung: Kaifa.
Tarigan, H. G. 1986. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.