Amien, M.1980.Peranan Kreativitas dalam Pendidikan. Pidato Dies Natalis IKIP Yogyakarta.
As'ad,M.1995. Psikologi Industri. Yogyakarta:Liberty.
Bafadal,I.1992. Supervisi Pengajaran. Jakarta:Bina Aksara.
Bentley, T. 1997. Sharpen Yoµr Teams Skills in Creativity. New York: Mcfiraw Hill Publishing Company.
Dick, W. and Carey, L.. 1985. The Systematic Design of Instruction. London. Scott Foresman and Company.
Gagne, R.M. 1974. Essentials of Learning for Instruction. New York: Holt Rinehart and Winston.
Gagne, R.M dan Briggs, L.J. 1979. Principles of Instructional Design. New York: Hok, Rinehart and Winston.
Gordon, T. 1986. Guru yang Efektif. Jakarta: CV Rajawali.
Imron, A. 1995. Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
Kanwil Depdikbud DKI Jakarta. 1999. Lomba Penguasaan dan Pemahaman Kurikulum 1994 & Suplemennya. Jakarta: Depdikbud DKI Jakarta.
Kemp, J.E. 1994. Proses Perancangan Pengajaran. Terjemahan Asril Marjohan. Bandung: ITB.
Kesuma, R. 2001. Pengaruh Pengetahuan tentang Pembelajaran, Pengetahuan Administrasi, Kecerdasan Emosional, Gaya Kepemimpinan dan Kreativitas terhadap Kinerja Kepala Sekolah. Disertasi. Jakarta: PPs UNJ Jakarta.
Monks, F.J., Knoers, A.M.P, dan Haditono, R.S. 1984. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Munandar, S.C.U. 1999a. Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia.
Munandar, S.C.U. 1995. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Munandar, S.C.U. l 999b. Pengembangan KreativitasAnak Berbakat. Jakarta:
PT Rineka Cipta.
Nunnally, J.C. 1970. Introduction to Psychologycal Measurement. Tokyo: Tosho Printing Co Ltd.
Rawlinson, J.G. 1983. Berfikir Kreatif & Brainstorming. Terjemahan B.N. Marbun dan Djoerban Wachid. Jakarta: Erlangga.
Rockler, M. J. 1988. Innovative Teaching Strategies. USA: Gorsuch carisbrick Pulishers .
Semiawan, w, C. et al. 1987. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta:Gramedia.
Semiawan, C. 1997. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Semiawan, C., Munandar,A.S., dan Munandar, S.C.U. 1990. Memupuk Bakat
dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: PT Gramedia.
Soedijarto. 1998. Memantapkan Kinerja Sistem Pendidikan Nasional dalam
enyiapkan Manusia Indonesia Memasuki Abad Ke-21. Jakarta: Proyek Perencanaan Terpadu dan Ketenagaan Dikluspora.
R.B. and Trowbridge, L.W. 1973. Teaching Science by Inquiry in the Secondary School. Colombus Ohio: Charles E. Merrill Publishing CornÂÂy.
Suprastowo, P. 2001. Guru Pada Era Reformasi: Kajian dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Balitbang Depdiknas .
Taylor, B. 1998. Performance Review and Evaluation. (http://www.itstime.com/8.html).
Tusin, M.I.R. 1982. Aspek-Aspek Kognitif dalam Karakteristik Siswa. Jakarta:Pusat Penelitian Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Usman, M.U. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Whitmore, J. 1997. Coaching for Performance: Seni Mengarahkan untuk Mendongkrak Kinerja. Jakarta: Gramedia.