Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

HUBUNGAN KREATIVITAS DENGAN KINERJA GURU KIMIA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA

Dr. Sumiyati
Submitted
Sep 15, 2016
Published
Sep 15, 2016
PDF
Citation
Sumiyati, D. (2016). HUBUNGAN KREATIVITAS DENGAN KINERJA GURU KIMIA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(65), 182–205. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i65.327
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kreativitas dengan kinerja guru Kimia SMA di DKI Jakarta pada tahun 2003. Jumlah sampel adalah sebanyak 118 orang guru Kimia SMA yang dipilih dengan secara acak sederhana. Data dikumpulkan dengan metode survei dan dianalisis dengan menggunakan korelasi regresi sederhana dam korelasi regresi ganda. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kreativitas dengan kinerja guru Kimia SMA.
Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 438
Downloads : 351
References
Amien, M.1980.Peranan Kreativitas dalam Pendidikan. Pidato Dies Natalis IKIP Yogyakarta.
As'ad,M.1995. Psikologi Industri. Yogyakarta:Liberty.
Bafadal,I.1992. Supervisi Pengajaran. Jakarta:Bina Aksara.
Bentley, T. 1997. Sharpen Yoµr Teams Skills in Creativity. New York: Mcfiraw­ Hill Publishing Company.
Dick, W. and Carey, L.. 1985. The Systematic Design of Instruction. London. Scott Foresman and Company.
Gagne, R.M. 1974. Essentials of Learning for Instruction. New York: Holt Rinehart and Winston.
Gagne, R.M dan Briggs, L.J. 1979. Principles of Instructional Design. New York: Hok, Rinehart and Winston.
Gordon, T. 1986. Guru yang Efektif. Jakarta: CV Rajawali.
Imron, A. 1995. Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
Kanwil Depdikbud DKI Jakarta. 1999. Lomba Penguasaan dan Pemahaman Kurikulum 1994 & Suplemennya. Jakarta: Depdikbud DKI Jakarta.
Kemp, J.E. 1994. Proses Perancangan Pengajaran. Terjemahan Asril Marjohan. Bandung: ITB.
Kesuma, R. 2001. Pengaruh Pengetahuan tentang Pembelajaran, Pengetahuan Administrasi, Kecerdasan Emosional, Gaya Kepemimpinan dan Kreativitas terhadap Kinerja Kepala Sekolah. Disertasi. Jakarta: PPs UNJ Jakarta.
Monks, F.J., Knoers, A.M.P, dan Haditono, R.S. 1984. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Munandar, S.C.U. 1999a. Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia.
Munandar, S.C.U. 1995. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Munandar, S.C.U. l 999b. Pengembangan KreativitasAnak Berbakat. Jakarta:
PT Rineka Cipta.
Nunnally, J.C. 1970. Introduction to Psychologycal Measurement. Tokyo: Tosho Printing Co Ltd.
Rawlinson, J.G. 1983. Berfikir Kreatif & Brainstorming. Terjemahan B.N. Marbun dan Djoerban Wachid. Jakarta: Erlangga.
Rockler, M. J. 1988. Innovative Teaching Strategies. USA: Gorsuch carisbrick Pulishers .
Semiawan, w, C. et al. 1987. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta:Gramedia.
Semiawan, C. 1997. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Semiawan, C., Munandar,A.S., dan Munandar, S.C.U. 1990. Memupuk Bakat
dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: PT Gramedia.
Soedijarto. 1998. Memantapkan Kinerja Sistem Pendidikan Nasional dalam
enyiapkan Manusia Indonesia Memasuki Abad Ke-21. Jakarta: Proyek Perencanaan Terpadu dan Ketenagaan Dikluspora.
R.B. and Trowbridge, L.W. 1973. Teaching Science by Inquiry in the Secondary School. Colombus Ohio: Charles E. Merrill Publishing Corn­y.
Suprastowo, P. 2001. Guru Pada Era Reformasi: Kajian dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Balitbang Depdiknas .
Taylor, B. 1998. Performance Review and Evaluation. (http://www.itstime.com/8.html).
Tusin, M.I.R. 1982. Aspek-Aspek Kognitif dalam Karakteristik Siswa. Jakarta:Pusat Penelitian Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Usman, M.U. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Whitmore, J. 1997. Coaching for Performance: Seni Mengarahkan untuk Mendongkrak Kinerja. Jakarta: Gramedia.