Amien,M.1980.Peranan Kreativitas dalam Pendidikan. Pidato Dies Natalis IKIP Yogyakarta.
As'ad, M. 1995. Psikologi Industri. Yogyakarta:Liberty.
Bafadal,I.1992. Supervisi Pengajaran. Jakarta:Bina Aksara.
Bentley,T.1997. Sharpen Your Team's Skills in Creativity. New York:McGraw-Hill Publishing Company.
Dick,W. and Carey,L..1985.The Systematic Design of Instruction. London:Scott Foresman and Company.
Gagne,R.M.1974.Essentials of Learning for Instruction.New York:Holt, Rinehart and Winston.
Gsgnr, R.M dan Briggs, L.J.1979. Principles of Instructional Design. New York:Holt, Rinehart and Winston.
Gordon,T.1986.Guru yang Efektif.Jakarta:CV Rajawali.
Imron,A.1995.Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
Kanwil Depdikbud DKI Jakarta.1999.Lomba Penguasaan dan Pemahaman Kurikulum 1994 & Suplemennya. Jakarta: Depdikbud DKI Jakarta.
Kemp,J.E.1994. Proses Perancangan Pengajaran. Terjemahan Asril Marjohan.Bandung:ITB.
Kesuma, R.2001. Pengaruh Pengetahuan tentang Pembelajaran, Pengetahuan Administrasi, Kecerdasan Emosional, Gaya Kepemimpinan dan Kreativitas terhadap Kinerja Kepala Sekolah. Disertasi. Jakarta:PPs UNJ Jakarta.
Monks, F.j., Knoers,A.M.P, dan Haditono, R.S.1984. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Munandar, S.C.U.1999a. Kreativitas dan Keberbakatan:Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta:Gramedia.
Munandar, S.C.U.1995. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Munandar, S.C.U.1995. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta PT Rineka Cipta.
Nunnaly, J.C.1970. Introduction to Psychologycal Measurement.Tokyo:Tosho Printing Co Ltd.
Rawlinson,J.G. 1983. Berfikir Kreatif & Brainstorming. Terjemahan B.N. Marbun dan Djoerban Wachid. Jakarta:Erlangga.
Rockler, M.J. 1988. Innovative Teaching Strategies. USA:Gorsuch Scarisbrick Publishers.
Semiawan,C.et al. 1987. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.
Semiawan,C. 1997. Perspektif Pendekatan Anak Berbakat. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Semiawan, C., Munandar.A.S., dan Munandar, S.C.U. 1990. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta:PT Gramedia.
Soedijarto.1998. Memantapkan Kinerja Sistem Pendidikan Nasional dalam Menyiapkan Manusia Indonesia Memasuki Abad ke-21. Jakarta: Proyek Perencanaan Terpadu dan Ketenagaan Dikluspora.
Sund, R.B. and Trowbridge, L.W.1973. Teaching Science by Inquiry in the Secondary School. Colombus Ohio: Charles E. Merrill Publishing Company.
Suprastowo,P. 2001. Guru Pada Era Reformasi: Kajian dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Balitbang Depdiknas.
Taylor,B. 1998. Performance Review and Evaluation. (http://www.itstime.com/feb98.html).
Tusin, M.I.R.1982. Aspek-Aspek Kognitif dalam Karakteristik Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Usman, M.U.1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Whitmore, J. 1997. coaching for Performance: Seni Mengarahkan untuk Mendongkrak Kinerja. Jakarta:Gramedia.