Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Analisis Kebutuhan Terhadap Program Multi Media Interaktif Sebagai Media Pembelajaran

Waldopo waldopo
Submitted
Oct 29, 2013
Published
Mar 1, 2011
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
waldopo, W. (2011). Analisis Kebutuhan Terhadap Program Multi Media Interaktif Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(2), 244–253. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i2.21
Abstract

Multimedia interactive is on instructional media that combines elements of sound, visual and text, and can interact with the users. The aim of this study is to obtain information about the needs of interactive multimedia as instructional media. If needed, what kind of subjects that need to be supported by multi-media and type of format that presented. The population are students, teachers and senior secondary school principals. Sample was taken randomly. From the results of randomization assigned six different locations: SMAN 1 Ambon, MAN 2 Padang, SMAN 5 Semarang, SMAN 6 Surabaya, SMAN 1 Makassar and SMAN 3 Samarinda. Subjects were students, teachers and Principal. Research carried out between May to September 2005. The results showed that the Multimedia program is needed, especially to support the subjects of Mathematics, Physics, Biology, Chemistry, English, History, Geography and Accounting. Games and Tutorials are the popular format. Therefore, it is suggested that Pustekkom constantly developing programs for the learning activities, involving various experts to develop multimedia programs attractive and can improve the quality of learning outcomes. Pustekkom also needs to develop an integrated system utilization with learning activities at school.

 

 

ABSTRAK

 

Multimedia interaktif adalah media pembelajaran yang memadukan unsur suara, visual dan teks dan dapat berinteraksi dengan penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang  kebutuhan  multi  media  interaktif  sebagai  media  pembelajaran.  Jika  dibutuhkan,  jenis  mata pelajaran apa saja yang perlu ditunjang dengan multi media serta jenis format sajiannya. Populasinya siswa, guru dan kepala sekolah SLTA. Sampel diambil secara acak. Dari hasil pengacakan ditetapkan 6 lokasi yaitu SMAN 1 Ambon, MAN 2 Padang, SMAN 5 Semarang, SMAN 6 Surabaya, SMAN 1 Samarinda dan SMAN 3 Makssar. Subyek penelitian adalah siswa, guru dan Kepala Sekolah. Peneltian dilaksanakan antara bulan Mei hingga September 2005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Multi Media dibutuhkan,  terutama  untuk  menunjang  mata  pelajaran  Matematika,  Fisika,  Biologi,  Kimia,  Bahasa Inggris, Sejarah, Geografi dan Akuntansi. Format yang disenangi gamesdan tutorial.Oleh karena itu disarankan agar Pustekkom secara berkelanjutan mengembangkan program-program multimedia untuk kegiatan pembelajaran, dengan melibatkan berbagai pakar agar program-program yang dikembangkan menarik dan dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Pustekkom juga perlu menyusun sistem pemanfaatannya yang terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 689
Downloads : 4486
References
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Renstra Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2004 - 2009, Departemen Pendidikan
Nasional Republik Indonesia.
Kaufman, Roger, Alicia M. Rajas and Hana Meyer. 1993. Need Assesment A User Guide. Englewood Cliffs, New Jersey: Educational Technology Publication.
Media Indonesia, 27 Juli 2008, Halaman 1, Kolom 6 -7.
Patmanthara, Syaad. 2008. “Pengintegrasian ICT Dengan Menggunakan Blended Learning Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah” dalam Seminar Pelatihan Implementasi ICT Dalam Proses Pembelajaran di LPMP Bandung 22-25 Agustus 2008.
Permendiknas No. 23 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat-Pusat di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Pramono Gatot. 2008. Pemanfaatan Multi Media Pembelajaran, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Purwanto. 2006. “Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) dan Disain Pembelajaran“ Materi Pelatihan pada Training of Trainer (TOT) Departemen Keuangan.
Suparman, Atwi. 2000. Pekerti Mengajar di Perguruan Tinggi: Desain Instruksional Pusat Antar Universitas, Universitas Terbuka, Jakarta.