Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Penerapan Latihan Sensorimotor Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Anak Autistic Spectrum Disorder

Musjafak Assjari
Eva Siti Sopariah
Submitted
Oct 29, 2013
Published
Mar 1, 2011
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Assjari, M., & Sopariah, E. S. (2011). Penerapan Latihan Sensorimotor Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Anak Autistic Spectrum Disorder. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(2), 225–243. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i2.20
Abstract

The goal of this research is to prove that the application of sensorimotor training can improve writing skills and the writing in Autistic Spectrum Disorder (ASD) children, the research question posed is: Does the application of sensory motor training improve writing skills in Autistic Spectrum Disorder (ASD) children? The method of research applied quantitative approaches, and for the intervention and data analysis, the study used the method of Single Subject Research (SSR) model of Multiple Baseline Design of Variable Cross (plural design between variables) and the design of A - B - A. with a unit of measurement duration and percentage. The results are consistent with the research questions and basic assumptions that the study subjects experienced significant improvement in writing skills. Therefore sensory motor training can be used as a reference in improving or optimizing the ability of vestibular, tactile, kinesthetic and propioseptif which is prasarat writing skills possessed by children Autistic Spectrum Disorder (ASD).

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk membuktikan bahwa penerapan latihan sensorimotor dapat  meningkatkan  kemampuan  menulis  dan  hasil  menulis  pada  anak Autistic  Spectrum  Disorder (ASD).Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, serta dalam intervensi dan analisis data menggunakan metode Single Subject Research (SSR)model Design Multiple Baseline Cross Variable(disain jamak antar variabel) dan disain A – B – A. dengan satuan ukur durasi dan persentase. Hasil penelitian ini  menunjukkan  bahwa  secara  nyata  subyek  penelitian  mengalami  peningkatan  dalam  kemampuan menulis. Oleh karena itu, latihan sensorimotor ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam meningkatkan atau mengoptimalkan kemampuan vestibular, taktil, kinestetik dan propioseptif yang merupakan keterampilan prasarat menulis yang dimiliki oleh anak Autistic Spectrum Disorder (ASD).

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 1707
Downloads : 1833
References
Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Astati, 2001, Pendidikan Anak Autis (Makalah) dalam Seminar Pendidikan Anak Autis, Jurusan PLB FIP UPI)
Attwood, T. 2007. Sindrom Asperger. Jakarta: Dian Rakyat.
Dwi-Hiremawati, A. 2007. Penerapan Latihan Sensorimotor dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis pada Anak Berkesulitan Belajar di Klinik Tanaya Bandung. Skripsi pada FIP UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Hiremawati, Anik D., 2007, Penerapan Latihan Sensori Motor dalam meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Berkesulitan Belajar (Skripsi, Tidak diterbitkan).
Lerner. J. W.1985. Learning Disabilities: Theories, diagnosis. Adn Teaching Strategies, New Jerse: Houghton Mifflin Company.
Loree. 1970. Psychology of Education, New York: The Ronald Press
Masra, Ferizal. 2008. Autisme : Gangguan Perkembangan Anak. Jakarta: Tempo.
Manjiviona dan Prior,1995, Comparation of Asperger Syndrome and High Functioning Autism on Test of Motor Development. Jurnal of Autism and Developmental Disorders 25(1)- 23-29.
Markam. Soemarmo (1989). Pengenalan Kesulitan Belajar dan DMO, Jakarta: FKUI
Puspita, D. 2002, Membimbing Anak Autis dirumah (Makalah), Disampaikan dalam diskusi forum pemerhati autis.
Rimland. 1990. Teaching Children with Autism: Strategies for Enhance Communication, Autism Research Review 4, Dimethylglycine (DMG), NY:
Russell dan Wanda. 1986. Autism an Executive Disorders, Oxford: Oxford University Press.
Sanders, 1982. The Key to Understanding Meaningful, Perception and Autistic Perseption, University of Nort Carolin.
Saputra Y, 2005. Penerapan Gerak Tari Kijang pada anak autis (skripsi, tidak diterbitkan)
Sufia K, 2009. Memperkenalkan Anak Autis (Makalah), diskusi pemerhati autis
Sherill, 1984. Teaching Children with Autism Through Taks Variationin Physical, New York.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunanto, J., Takeuchi, Koji, dan Nakata, Hideo, 2006. Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal, CRICED, University of Tsukuba.
Sunardi dan Sunaryo. 2006. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus, Dikti, Jakarta
Veskarisyanti, A. 2008. 12 Terapi Autis. Yogyakarta: Pustaka Anggrek. www.idai.com
William, Chris. dan Wright, Barry. 2007. How to Live With Autism and Asperger Syndrom. Jakarta: Dian Rakyat.