Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Pengembangan Model Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif

La Ode Mane Mbeu
Anawar Anwar
Submitted
Oct 28, 2013
Published
Mar 1, 2011
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Mane Mbeu, L. O., & Anwar, A. (2011). Pengembangan Model Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(2), 215–224. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i2.19
Abstract

The aim of this study are: 1). To find an appropriate model of principal leadership conducting a pilot in public junior high schools in Konda sub-District; 2). To find out the description of the NEM paradigm of principal leadership concept; which include entrepreneurship skill, good role model, capable and democratic in implementing the leadership skill as a principal. The result of this study describes; 1). The model of principal leadership skill besed on the public junior high school in Konda, which include entrepreneur skill, good role model, capable and democratic, and 2) the description of the result of the head master leadership skill including; a) entrepreneur skill is moderate; b) good role model is moderate; c) capability is effective; d) democracy is very effective.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mendapatkan sebuah model kepemimpinan kepala sekolah yang efektif sesuai dengan kondisi SMP Negeri di Kecamatan Konda dan 2) untuk mendapatkan gambaran keefektifan pilar entrepreneur, teladan, cerdas dan demokratis dalam implementasi kepemimpinan kepala sekolah efektif di SMP Negeri Kecamatan Konda. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: 1) model kepemimpinan kepala sekolah yang efektif sesuai dengan kondisi di SMP Negeri se-Kecamatan Konda adalah kepemimpinan entrepreneur, teladan, cerdas dan demokratis (ENTELCERDS) dan
2) efektivitas implementasi kepemimpinan kepala sekolah efektif di SMP Negeri se-Kecamatan Konda terkait dengan: (a) Entrepreneur secara rerata berkualifikasi cukup efektif, (b) Keteladanan secara rerata berkualifikasi cukup efektif; (c) kecerdasan secara rerata berkualifikasi efektif, dan (d) demokratis secara rerata berkualifikasi sangat efektif.

Statistics

Downloads

Read Counter : 1295
Downloads : 7211
References
Akil. 2006. Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Tenaga Kependidikan dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Siswa SLTP Negeri Kabupaten Indramayu. (Http://www.malang.ac.id/jurnal. Akses, 27 Juni 2008).
Aksi. 2007. Peran Starategis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqaprint Jatinangor.
Anonim. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Anwar. 2007. Manajemen Pemberdayaan Perempuan. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Borg, R. Walter & Gall, Meredith D. 1989. Educational Research An Introduction. New York: Meredit Damien Gall.
Djalal, Dino Patti. 2007. Harus Bisa, Seni Mempin Ala SBY. Jakarta: R&W.
Fattah, Nanang. 2008. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.162/U/2003. Tentang Pedoman Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Mantja, Willem. 2008. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Elang Mas.
Manurung, M. R. 1995. Manajemen Keluarga. Bandung: Indonesia Publishing House.
Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mutohir, Cholik Toho dan Alimaksum. 2007. Sport Development Index (Konsep, Metodologi dan Aplikasi). Jakarta: Indeks.
Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Grasindo: Jakarta.
O’Neil, J. William. 2006. Successful Business Leaders. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Rivai, Veithzal. 2008. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Rothwell, J.William. 1995. Practicing Organization Development. San Diego California: Pfeiffer & Company.
Sagala, Syaiful. 2008. Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Subagioatmodiwirio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Ardadizya Jaya: Jakarta.
Suderadjat, Hari. 2005. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Bandung: Cipta Cekas Grafika.
Sugiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Syaodih. Nana. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Supriadi, Dedi. 1998. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa.
Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.
Tanaka, Ahmad. 2008. “Pengembangan Model Madrasah Efektif (Studi pada MIN Kolaka)”. Tesis Magister pada PPs Unhalu, tidak diterbitkan.
Tilaar, H.A.R. 2001. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Prespektif Abad 21. Jakarta: Indonesia Tera.
Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar. Alfabetha: Bandung.
Yukl, Gary. 2002. Leadership in Organizations. State University of New York at Albany: Prentice Hall.