Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Impelementasi Pendekatan Pembelajaran Problem Posingdan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika

Kadir Kadir
Submitted
Oct 28, 2013
Published
Mar 1, 2011
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Kadir, K. (2011). Impelementasi Pendekatan Pembelajaran Problem Posingdan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(2), 203–214. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i2.18
Abstract

The objective of the present study is to find out the effect of implementation of problem posing approach on the students’learning outcome in mathematics. The study was conducted in MTsN 22 Kampus B Munjul Jakarta Timur at academic year 2005/2006. There were 7th grade students as the sample of the study, selected through cluster random sampling. The data were gathered by using a test. Data analysis was done by using t -test. The results of the study have revealed that problem posing approach effected the students’ learning outcome in mathematics. Learning in mathematics by problem posing approach can make the students be active and creative, it was shown at competences of the students to develop math’s problem themselves, manage, and to explore the information for posing the mathematics’ problem that is solvable. Through instructional by problem posing approach can also improve the students’ activity in teaching and learning, especially interacting and sharing ideas on both the students each other and the teacher, so learning activity is becoming meaningful the students’ mastery of the concept.

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mempelajari pengaruh pembelajaran dengan pendekatan problem posingterhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 22 Kampus B Munjul Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2005/2006 dengan menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 90 siswa kelas VII yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian mengungkapkan pendekatan problem posingberpengaruh nyata terhadap hasil belajar matematika. Pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing mampu membuat siswa aktif dan kreatif, terlihat dari kemampuan siswa mengembangkan masalah matematika sendiri, mengolah dan mengeksplorasi informasi yang ada dan mengajukan masalah matematika yang dapat diselesaikan. Melalui pembelajaran dengan pendekatan problem posing juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam berinteraksi dan sharing ideadiantara siswa dan guru sehingga kegiatan pembelajaran lebih bermakna dan pemahaman siswa terhadap konsep menjadi lebih baik.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 486
Downloads : 5266
References
Brown, S.I. & Walter, M.I. 1990. The Art of Problem Posing: Second Edition. New Jersey: Lawrence Erbaum Assosiates.
Gita, Nyoman. 1999. Pengembangan Strategi Pengajuan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Di SMU, Aneka Widya STKIP Singaraja Vol. No. 1 Th. XXXII.
Hudojo, Herman. 1989. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta: Depdikbud.
National Council of Teacher of Mathematics. 1989. Curruculum and Evalution Standarts for School Mathematics. Reston Virginia: NCTM.
Nurdin, Mochamad; Mumu; Rustandi, Tantau; Hidayat, Syarief; Jalaludin, Syafrudin. 1998. Pedoman Guru Matematika SLTP Kelas I, Jakarta : Depdikbud.
Ruseffendi, E.T. 1980. Pengajaran Matematika Modern Untuk Orang Tua Murid, Guru dan SPG, Bandung : Tarsito, Cet. ke-1.
Silver and Cai. 1996a. An Analysis of Arithmetic Problem Posing By Middle School Students. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 27.
Silver and Cai., 1996b. Problem Posing Mathematical Problem: An Explorary Study. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 27.
Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Rosda Karya.
Suharta, I Gusti Putu. 2001. Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pengintegrasian Pengajuan Masalah (Problem Posing), Aneka Widya IKIP Singaraja No. 4 th XXXIV.
Suherman, Erman dan Udin S Winataputra. 1992. Strategi Belajar Mengajar Matematika, Jakarta: Depdikbud.
Suherman, Eman,. 2002. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remadja Rosdakarya Offset Cet. I.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004, Cet.III.