Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Pemberdayaan Tim Pengembang Kurikulum (TPK) Pendidikan Dasar dan Menengah

Ambari Sutardi
Submitted
Oct 28, 2013
Published
Mar 1, 2011
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Sutardi, A. (2011). Pemberdayaan Tim Pengembang Kurikulum (TPK) Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(2), 189–202. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i2.17
Abstract

The objective of the study is to get information from some sample areas about: the establishment of curriculum developers team (CDT) for basic and secondary education; the structure of its caretaker, who and how many of its members; the availability of a budget needed; the members‘ understanding of the government policies related to curriculum; the empowerment of its members to do their main tasks among other things: socializing the policies and helping schools within basic and secondary educations writing up their respective curriculum; and school-based curriculum (S-BC) implementation. The data shows that all sample districts/municipalities have already established CDT; there is its caretaker structure with a various number of members; there is no sufficient budget in some districts/municipalities; there are some degrees of the members’understanding about the government policies related to curriculum; Districts/Municipalities Ministry of National Education empowered only some of the members socializing the government policies and helping schools writing up their curriculum as their main tasks; the implementation of S-BC was still uneven.

 

ABSTRAK

 

Tujuan studi dimaksudkan untuk memperoleh informasi dari daerah sampel tentang: Pembentukan Tim Pengembang Kurikulum (TPK) pendidikan dasar dan menengah; struktur kepengurusan, siapa dan berapa jumlah anggotanya; keberadaan dana bagi TPK; pemahaman anggota terhadap kebijakan Pemerintah yang berkaitan dengan kurikulum; pemberdayaan mereka melaksanakan tugas pokok antara lain mensosialisasikan kebijakan dan mendampingi sekolah menyusun kurikulum; dan pelaksanaan kurikulum di sekolah. Hasil studi menunjukkan bahwa semua daerah sampel telah membentuk TPK; ada struktur kepengurusannya dengan jumlah anggota bervariasi; dana belum tersedia secara memadai di beberapa daerah; tingkat pemahaman responden terhadap kebijakan bervariasi; hanya sebagian anggota TPK yang diberdayakan sesuai TUPOKSInya; pelaksanaan KTSP di sekolah belum merata.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 2243
Downloads : 992
References
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Komponen Kurikulum, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.
Cameron, L. 2001. Teaching Languages to Young Learners. Cambridge Language Teaching Library. Cambridge, Cambridge University Press.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Nomor 20 tentang Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.
Peraturan Pemerintah Nomor 19, 2005. tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.
______. Nomor 38, 2007. tentang Pembagian Urusan Pemerintahan AntaraPemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota, Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Lampiran Nomor 22, 2006. tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
______. Nomor 23, 2006. tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
______. Nomor 24, 2006. tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pusat Kurikulum. 2006. Panduan Pengembangan Jaringan Kurikulum Tingkat Kabupaten/Kota, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
______. 2007. Model Pengembangan Mata Pelajaran Muatan Lokal, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Rachel Bolstad, 2004. School-Based Curriculum Development: Principles, Processes, and Practices. http://www.nzcer.org.nz/default.php?products_id=829, November 2004 (27 Desember 2009)
Surat Edaran Menteri Pendidikan Nasional Nomor 33/MPN/SE/2007 tentang Sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta
WIKIPEDIA, 2009. The Free Encyclopedia. Competence (human resources). W http:/en.wikipedia.org/wiki/Competence_(human_resources). This was last modified on 27 November 2009. (28 Desember 2009)
WIKISOURCE. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 Perubahan I s.d IV). http:/id. wikisource.org/wiki/Undang-Undang _Dasar_Republik_Indonesia_1945_(Perubahan _I_s.d. _IV)