Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Suasana Kerja dan Pengaruh Kepemimpinan dalam Konteks Pendidikan Dasar

Mieske Theresia Tulung
Laurens Kaluge
Submitted
Oct 31, 2013
Published
Dec 31, 2012
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Tulung, M. T., & Kaluge, L. (2012). Suasana Kerja dan Pengaruh Kepemimpinan dalam Konteks Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4), 353–367. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.94
Abstract

This study aimed at discovering the leadership perception in conditioning the working climate at schools. Three objectives of the aim were describing working climate, teachers’ perception on leadership, and the causal relationship between them. The cluster proportionate random sampling obtained 386 teachers from 24 state and private junior-secondary-schools in the city of Manado. Data were collected through questionnaire administration and analyzed using descriptive and inferential methods. Eight leadership constructs and two working climate were proven to be valid and reliable. Using range criteria of 0-4, the averages of working climate were 2.9 and 2.8 for working spirit and creative climate. On the other hand, using the same criteria, the average of the eight leadership sub-scales ranged between 2.55 and 3.19. The regression analyses found that not all of the leadership components were significant factors for developing the school working climate. Disciplining, listening, and supporting were significant factors for teachers’ working spirit. Whereas, the creative climate of teachers was affected significantly by disciplining, listening, supporting, and empowering factors. The results would be of benefit for educational policies and school improvement.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mengungkap suasana kerja di sekolah yang dikondisikan oleh persepsi kepemimpinan. Fokus dari tujuan tersebut, yaitu: gambaran suasana kerja, persepsi para guru, dan hubungan kausal antara keduanya. Metode yang ditempuh bersifat kuantitatif. Sampel sebanyak 386 guru diambil dari 24 SMP Negeri dan Swasta di kota Manado secara acak dengan memperhatikan cluster proportionate. Data dianalisis secara deskriptif serta inferensial. Delapan konstrak kepemimpinan dan dua konstrak suasana kerja terbukti valid dan reliabel. Dengan rentangan 0-4, rerata suasana kerja di sekolah sebesar 2,9 untuk semangat kerja, dan 2,8 untuk suasana kreatif. Juga dengan rentangan yang sama, rerata kedelapan subskala kepemimpinan berkisar 2,55 dan 3,19. Analisis regresi mengungkapkan tidak semua komponen kepemimpinan merupakan faktor signifikan untuk pengembangan suasana kerja di sekolah.
Kepemimpinan yang mendisiplinkan, mendengarkan, dan mendukung berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja para guru, dan pengembangan suasana kreatif dipengaruhi secara signifikan oleh kepemimpinan yang mendisiplinkan, mendengarkan, mendukung, dan memberdayakan. Temuan ini bermanfaat bagi kebijakan pendidikan dan pengembangan sekolah.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 448
Downloads : 610
References
Adams, B. 2006. Memahami Segalanya tentang Kepemimpinan (Terjemahan oleh A. Sindoro). Batam: Penerbit Karisma Publishing Group.
Agung, I. 2009. Sekolah sebagai Organisasi Pembelajar (Learning Organization): Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(2), 281-312.
Clarke, P. 2009. Sustainability and Improvement: A Problem of Education and for Education. Improving Schools. 12(1), 11-17.
Creemers, B.P.M., & Kyriakides, L. 2010. Improving Quality in Education: Dynamic Approaches to SchoolIimprovement. London: Routledge as an imprint of Taylor & Francis Group.
Darmadi, H. 1994. Studi Hubungan antara Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru pada Sekolah Menengah Atas Negeri Kotamadya Pontianak. Tesis tidak dipublikasi. Program Pascasarjana IKIP Malang.
Diana, N. 2009. Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(4), 684-705.
Durrant, J., Ekins, A., Grimes, P., & Precey, R. 2009. Leadership, Learning and Inclusion: Exploring Innovative Approaches to School Improvement. Paper Presented at the ICSE Conference, 4-7 January 2009, Vancouver-Canada.
Ekosiswoyo, R. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76-82.
Emy. 2012. Pendidikan – Kualitas Guru Masih Rendah. http://www.sstv.co.id/pendidikan-kualitas-gurumasih-rendah)., diakses 17 Juni 2012)
Elmeski. M. 2012. The Art of the Possible in the Leadership of Place in Morocco: Case Studies from Three Urban Schools. ICSEI conference paper, Malmo – Swedia, 5-8 January 2012.
Fink, D., & Brayman, C. 2006. School leadership succession and the challenges of change. Educational Administration Quarterly, 42 (1), 62-89.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N.E. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education. New York:McGraw-Hill.
Goleman, D. 2003. Kepemimpinan yang Mendatangkan Hasil (Terjemahan oleh P. D. Nugraheny). Yogyakarta: Penerbit Amara Books.
Hersey, P., Blanchard, K.H., & Johnson, D.E. 2012. Management of Organizational Behavior: Leading Human Resources. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice Hall.
Holtappels, H. G. 2009. School Improvement through Leadership and Professional Collaboration in Self-Managing Schools. Paper presented at the ICSEI Conference, 4-7 January 2009, Vancouver-Canada.
Hoy, W. K., & Miskel, C.G. 2008. Educational Administration: Theory, Research, and Practice. New York:McGraw-Hill.
Hulpia, H., & Devos, G. 2009. Does Distributed Leadership Affect Teachers’ Organizational Commitment? A Multilevel Analysis. Paper presented at the ICSEI Conference, 4-7 January 2009, Vancouver-Canada.
Ismail, H. 2006. Hubungan antara Persepsi terhadap Dunia Usaha, Kecerdasan Emosional, Sikap terhadap Profesi Akuntan dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(61), 448-472.
Ivancevich, J.M., Konopaske, R., Matteson, M.T. 2005. Organizational Behavior and Management. New York: McGraw-Hill.Koster, W. 2006. Membangun Kemandirian dan Peradaban Bangsa melalui Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(61), 500-511.
McBeath, J. 2005. Leadership as Distributed: A Matter of Practice. School Leadership and Management, 25(4), 349-366.
Mehrens, W. A., & Lehmann, I.J. 1984. Measurement and Evaluation in Education and Psychology. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Nawawi, H. H. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Owens, R. G. 2004. Organizational Behavior in Education - Adaptive Leadership and School Reform.Boston, MA: Pearson Education, Inc.
Precey, R., & Entrena, M.J.R. 2011. Developing the Leaders We Want to Follow: Lessons from an International Leadership Development Programme. ICSEI Conference Paper, Limassol-Cyprus 4-7 January 2011.
Purwanto, N. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Raharjo, S. B. 2008. Pengaruh Motivasi Berprestasi, Pengetahuan Pengelolaan Informasi, Gaya Kepemimpinan dan Etos Kerja terhadap Daya Saing Kepala Sekolah Dasar di Kota Malang,Jawa Timur (2004). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(74), 868-887.
Safari. 2008. Leadership Kepala Sekolah dan Tingkat Penguasaan Guru terhadap Materi Ujian Nasional. Jurnal Universitas Paramadina, 5(3), 232-242.
Sidi, I. D. 2001. Menuju Masyarakat Belajar, Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Jakarta:Paramadina.
Sion, H. 2007. Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru dengan Performansi Mengajar Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 83-90.
Sulaiman. 1992. Hubungan antara Perilaku dan Semangat Kerja Guru-guru Sekolah Dasar Negeri di Kotamadya Banjarmasin. Tesis tidak dipublikasi. Program Pascasarjana IKIP Malang.
Sulton, H. M. 2006. Kontribusi Perilaku Kepemimpinan dan Perilaku Supervisi Kepala Sekolah terhadap Semangat Kerja Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 19(63), 438-
447.
Suradji, A. 2010. Pemimpin, Keberanian dan Perubahan. Kompas, 6 September, hlm. 6.
Suryosubroto, B. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Tirtamihardja. 2005. Seni Kepemimpinan Mendengarkan adalah Emas. Tangerang: YASKI.
Wedhaswary, I.D. 2012. Kualitas Guru Masih Rendah. (http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/07/08304834/Kualitas.Guru.Masih.Rendah, diakses 20 Mei 2012)
Watson, S. T., & Scribner, J. P. 2007. Beyond Distributed Leadership: Collaboration, Interaction, and Emergent Reciprocal Influence. Journal of School Leadership, 17(4), 443-468.
Winardi. 2000. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Wiyono, B. B. 2000. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Semangat Kerja Guru dalam Melaksanakan Tugas Jabatan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(1), 71-83.