Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

KORELASI ANTARA IDENTIFIKASI MISKONSEPSI TEORI EVOLUSI DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM MADURA

Linda Tri Antika
Lukluk Ibana
Submitted
Aug 31, 2018
Published
Dec 6, 2018
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Antika, L. T., & Ibana, L. (2018). KORELASI ANTARA IDENTIFIKASI MISKONSEPSI TEORI EVOLUSI DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM MADURA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 117–128. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.934
Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara miskonsepsi teori evolusi dengan hasil belajar. Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Biologi Universitas Islam Madura. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional untuk menjelaskan hubungan antara prediktor dan kriterium. Pengukuran miskonsepsi dilakukan dengan cara memberi skor pada hasil angket. Pada penelitian ini, angket beserta rubrik yang digunakan adalah Measure of Acceptance of the Theory of Evolution (MATE). Sedangkan hasil belajar diukur dengan cara tes tulis berupa essay pada pre test dan post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara miskonsepsi teori evolusi dengan hasil belajar.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 1234
Downloads : 3523
References
Amin, M. 2016. Perkembangan Biologi dan Tantangan Pembelajarannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek. ISSN: 2557-533X.

Brum, G.; Mc.Kane, L; & Karp, G. 1994. Biology: Exploring Life, 2nd ed. New York: John Wiley and Sons.

Enger E. D., & Ross F.C. 2000. Concepts in Biology 2nd ed. Massachusetts: Sinauer Associates.

Grossman, W. E., & Fleet, C. M. 2016. Changes in Acceptance of Evolution in a College-level General Education Course. Journal of Biological Education, 1-8.

Hammer, D. 1996. More Than Misconceptions: Multiple Perspectives on Student Knowledge and Reasoning, and an Appropriate Role for Education Research. Am. J. Phys., (64) 10.

Heddy, B. C., & Sinatra, G. M. 2013. Transforming Misconceptions: Using Transformative Experience to Promote Positive Affect and Conceptual Change in Students Learning About Biological Evolution. Science Education, 97 (5) 723-744.

Infanti, L. M., & Wiles, J. R. 2014. “Evo in the News:” Understanding Evolution and Students’ Attitudes Toward the Relevance of Evolutionary Biology. Bioscene, 40 (2) 9-14.

Nusantari, E. 2011. Analisis dan Penyebab Miskonsepsi pada Materi Genetika Buku SMA Kelas XII. Bioedukasi, 4 (2) 72-85.

Pazza, R., Penteado, P. R., Kavalco, K. F. 2010. Misconception about Evolution in Brazilian Freshmen Student. Evo Education Outreach, 3 (1) 107-113.

Rice, J. W., Warner, D. A., & Kelly, C. D. 2010. The Theory of Evolution is Not an Explanation for the Origin of Life. Evo Edu Outreach, 3 141–142.

Rutledge, M. L., & Sadler, K. C. 2007. Reliability of the Measure of Acceptance of the Theory of Evolution (MATE) Instrument with University Students. The American Biology Teacher, 69 (6) 332-335.

Saehana, S. & Kasim, S. 2011, Mei. Studi Awal Miskonsepsi Mekanika pada Guru Fisika SMA di Kota Palu. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Suniati, N. M. S., Sadia, W., & Suhandana, A. 2013. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Penurunan Miskonsepsi (Studi Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Cahaya dan Alat Optik di SMP Negeri 2 Amlapura). E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, (4) 1-13.

Wiles, J. R., & Alters, B. 2011. Effects of an Educational Experience Incorporating an Inventory of Factors Potentially Influencing Student Acceptance of Biological Evolution. International Journal of Science Education, 33 (18) 2559–2585.