Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Analisis Kinerja Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah

Subijanto --
Siswo Wiratno
Submitted
Oct 31, 2013
Published
Sep 5, 2012
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
--, S., & Wiratno, S. (2012). Analisis Kinerja Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(3), 310–318. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i3.90
Abstract

The aim of this analysis is to find data and an information about the performance National Board Accreditation for School/Madrasah. The analysis shows that: 1) the management of the National Board Accreditation for School/Madrasah is an effective enough with the 212.137 educational unit and study program has been accrediting; 2) the achievenment of this accreditationshows that: (a) the only small education unit and study program shown the quality of national educational standar: (b) Most of the educational unit shown that does not achieve for national education standard therefore the local goverment should be allocated budget for supporting in order to that educational unit can achieve national education standar; (c) a number of national educational standar componens which can not be able to achieve yet are: graduation standar; teacher and education administration; and educational facilities.


ABSTRAK

 

Tujuan dari analisis ini dimakudkan untuk memperoleh data dan informasi tentang kinerja BAN S/M. Permasalahan yang dirumuskan antara lain: 1) berapa banyak satuan pendidikan yang telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah bekerja sama dengan Badan Akreditasi Propinsi (BAP); 2) Bagaimana ketersediaan tenaga asesor untuk melakukan akreditasi pada setiap jenis dan jenjang satuan pendidikan; 3) sejauh mana hasil akreditasi pada satuan dan jenis pendidikan disosialisasikan secara internal dan dipergunakan sebagai acuan dalam mencapai layanan pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Hasil analisis menunjukkan bahwa sekalipun jumlah asesor terbatas: 1) Tata kelola BAN S/M cukup efektif dengan telah diakreditasinya 212.137 satuan pendidikan dan program keahlian selama kurun waktu 5 tahun; 2) Capaian BAN S/M menunjukkan: (a) sebagian kecil dari satuan pendidikan dan program keahlian terakreditasi dapat memenuhi tingkat mutu sesuai SNP; (b) terdapat jumlah satuan pendidikan yang cukup besar tidak memenuhi SNP sehingga memerlukan dukungan dana dari pemerintah agar dapat memenuhi SNP; dan (c) komponen SNP yang belum sepenuhnya dapat dipenuhi terkait dengan: standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan kependidikan, serta sarana prasarana.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 959
Downloads : 1143
References
Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. 2010. Laporan Capaian Kinerja BAN S/M Tahun 2007-2011, Balitbang, Kemdiknas, Jakarta
Colquitt, Jason A., Jeffery A. LePine & Michael J. Wesson. 2009. Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace, New York : McGraw Hill.,
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas, Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor: 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Depdiknas, Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 29/2005 Tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Matdrasah, Depdiknas Jakarta
Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Rembuk Nasional Bidang Pendidikan, Kemdiknas. Jakarta
Ivancevich, John M., Robert Konopaske and Michael T. Mtteson. 2008. Organizationals Behavior and Management, Eighth Edition, Mc.Graw-Hill, International Edition,
McShane, Steven L., and Mary Ann Von Glinov. 2010. Organizational Behavior “5th Edition, McGraw-Hill, International Edition.
Nelson, Debra l., and James Campbell Quick. 2006.Organizational Behavior, Fundations, Relaties & Challenges, 5th Edition, Ohio: South-Western.
Robbins, Stephen P., and Thimoty A. Judge. 2011.Organization Behavior, Fourtheenth Edition, Upper Saddle River, New Jersey:Pearson Education, Inc.,
Slocum, Jr., John W., and Don Hellriegel. 2009. Principles of Organizational Behavior. Twelfth Edition