Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Pengumpulan Data Pendidikan Nonformal Tidak Tepat Waktu dan Tidak Berkualitas

Ida Kintamani DH
Submitted
Oct 31, 2013
Published
Sep 5, 2012
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Kintamani DH, I. (2012). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Pengumpulan Data Pendidikan Nonformal Tidak Tepat Waktu dan Tidak Berkualitas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(3), 294–309. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i3.89
Abstract

The purpose of this research is to find out the cause of the factors in the Non-formal education collection of data not timely and not quality. The method used is the population of the survey in office of education at district level throughout the country. The taking of a sample of the method used is a purposive sampling techniques and of analysis with a descriptive . The result showed that seven of the factors, these are the understanding , human resources , the support of the office of education at district level, the fund, monitoring and evaluation, infrastructure; and geography affect the collection of data of Non-formal education not timely and not quality and there are four factors that are strongly influence. The four factors are the support of the office of education at district level (26,00%), monitoring and evaluation (31,57%), funding (32,25%), and infrastructure (39,40%). When these variables are combined then the average by 36,75% means also greatly affects the data collection of the Non-formal education did not timely and not quality. Thus, it is recommended that the support of the Non-formal Education service by Office of education at district level, monitoring and evaluation at the unit level in the case of the Non-formal Education can be implemented. In addition, the necessary support funding for the logging manager and and the improvement of the infrastructure both in quantity as well as quality.


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor penyebab pengumpulan data pendidikan nonformal (PNF) tidak tepat waktu dan tidak berkualitas. Metode yang digunakan yakni survei dengan populasi dinas pendidikan kabupaten/kota di seluruh Indonesia, sedangkan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive samplingdengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tujuh faktor, yaitu pemahaman pendataan, sumber daya manusia, dukungan dinas pendidikan kabupaten/kota, dana, infrastruktur pendataan, monitoring dan evaluasi, dan kondisi geografis yang mempengaruhi pengumpulan data PNF tidak tepat waktu dan tidak berkualitas, terdapat empat faktor yang sangat mempengaruhi. Keempat faktor tersebut ialah dukungan dari dinas pendidikan kabupaten/kota
(26,00%), monitoring dan evaluasi (31,57%), dana (32,25%), dan infrastruktur (39,40%). Bila ketujuh variabel tersebut digabungkan, maka rata-rata sebesar 36,75% berarti juga sangat mempengaruhi pengumpulan data PNF tidak tepat waktu dan tidak berkualitas. Dengan demikian, disarankan agar ada dukungan dari dinas pendidikan kabupaten/kota terhadap pendataan PNF, monitoring dan evaluasi pendataan PNF di tingkat satuan pendidikan sampai kabupaten/kota dapat dilaksanakan, dukungan dana bagi pengelola pendataan PNF dan peningkatan infrastruktur, baik dalam kuantitas maupun kualitas.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 2678
Downloads : 411
References
Badan Pusat Statistik. 2010. Statistik Indonesia, 2010. Jakarta.
Creswell, John W. 2003. Research Design. Edisi Kedua. California: Sage Publication.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010a. Pendataan Pendidikan. Bahan Pelatihan pada Tingkat Nasional. Jakarta: Sekretariat Ditjen Manajemen.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010b. Penyusunan Indikator. Bahan Pelatihan pada Tingkat Nasional. Jakarta: Sekretariat Ditjen Manajemen Dikdasmen.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010c. Profil Pendidikan Nonformal Kabupaten/Kota Tahun 2009 2010. Jakarta: Pusat Statistik Pendidikan.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010d. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Nomor 36, Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata kerja Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta.