Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik melalui Pendekatan Open Ended

Eka Kasah Gordah
Submitted
Oct 31, 2013
Published
Sep 5, 2012
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Gordah, E. K. (2012). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(3), 264–279. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i3.87
Abstract

The purpose of this study is to study increased connections abilities and mathematical problem solving of the student in the learning of mathematics through open-ended approach. This research was conducted at SMA Negeri 9 Bandung in the academic year of 2008/2009. The sample of this research was two classes of the eight available classes of grade X of even semester which were selected by using purposive sampling technique. The method used experimental method by using “pretest-postest group control designâ€Â. The results of this research was learning through open-ended approach could increase the ability of connections and solving mathematical problems of the students which was better than conventional learning. Learning through open ended approach could increase the ability of connections and solving mathematical problems of the students in the average level.

 

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat peningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan open ended. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 9 Bandung pada tahun pelajaran 2008/2009. Sampel penelitian dipilih dua kelas dari delapan kelas yang ada pada kelas X semester genap dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian “disain kelompok kontrol pretes-postesâ€Â. Adapun hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui pendekatan open ended dapat meningkatkan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis peserta didik yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Pembelajaran melalui pendekatan open ended dapat meningkatkan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan kualitas peningkatan tergolong sedang.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 1474
Downloads : 1019
References
Billstein, R. Libeskind,S. dan Lott, Johnny W. 1993. A Problem Solving Approach to Mathematics for Elementary School Teacher. Amerika: Addison- Wesley Publising Company.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta. BSNP
Dahlan, J. A. 2008. Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Bandung.Makalah.
MacMillan, J.H, dan Schumacher, S. 2005. Research in Education (Fifth Edition). Boston : Little, Brown and Company.
McIntosh, R. 2000. Teaching Mathematical Problem Solving: Implementing The Vision. Kit Peixotto; Director Mathematics and Science Education Center National Council of Teachers of Mathematics 2000. Principles and Standards for Schools Mathematics.Reston, VA: NCTM.
Noer, S. H. 2007. Pembelajaran Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemampuan Berfikir Kreatif. Bandung: PPS UPI (Tesis tidak diterbitkan)
Quest, HS. dan Humble, TX. 2009. Standards and Scoring Criteria for Mathematics Tasks. [Online]. Tersedia: http://www.smallschoolsproject.org/PDFS/meetings/ma-task_rubric.pdf. [21 Maret 2009]
Ruspiani. 2000. Kemampuan Siswa dalam Melakukan Koneksi Matematik. Bandung: PPS UPI (Tesis tidak diterbitkan)
Shimada, S. dan Becker, J.P. 1997. (Editor) The Open-Ended Approach. A New Proposal for Teaching
Mathematics. Virginia: National Council of Teachers of Mathematics.
Sugiatno. 2008. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahapeserta didik Calon Guru melalui Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Transactional Reading Strategy (TRS).
Bandung. PPS UPI (Disertasi tidak diterbitkan).
Suherman, E. Turmudi. Suryadi, D. Herman, T. Suhendra. Prabawanto, S. Nurjanah. Rohayati, A. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Komtemporer. Technical Cooperation Projek for Development of Science and Mathematics Teaching for Primary and Secondary Education in Indonesia. Bandung:Jurusan FPMIPA UPI Bandung.
Sumarmo, U. 1993. Peranan kemampuan Logik dan Kegiatan Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Peserta didik SMA di Kodya Bandung. Laporan Penelitian FPMIPA IKIP Bandung.
Sumarmo, U. 1994. Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Peserta didik SMP. Laporan Penelitian FPMIPA IKIP Bandung.
Sumarmo, U. 2008. Berfikir Matematik: Apa, Mengapa dan Bagaimana Cara Memvisualisasinya. Makalah disampaikan pada seminar matematik di Universitas Islam Bandung.
Syaban, M. 2008. Menumbuhkembangkan Daya Matematis Peserta didik. [Online]. Tersedia: http://educare.e-fkipunla.net/. [17 Maret 2009]
Yaniawati, Y. P. 2001. Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi matematika peserta didik. Bandung. PPS UPI (Tesis tidak diterbitkan)
Yee, F. P. 2000. Using Short Open Ended Mathematics Question to Promote Thingking and Understanding.[Online].