Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Pengembangan Kurikulum Bahasa Inggris Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SD Tulangampiang, Denpasar, Bali dan Implemntasinya

Ambari Sutardi
Submitted
Oct 28, 2013
Published
Jan 1, 2011
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Sutardi, A. (2011). Pengembangan Kurikulum Bahasa Inggris Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SD Tulangampiang, Denpasar, Bali dan Implemntasinya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(1), 70–83. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i1.8
Abstract

The objective of this study is to get some information concerning English curriculum development based on ICT in Tulangampiang Primary School, Denpasar-Bali and its implementation in the classroom. The data was collected by analyzing documents, distributing questionnaire, interview students and teacher, and observing the grade V. The result shows that the teachers had already developed English curriculum in line with a manual provided by BSNP, the learning-teaching materials were taken from the learners surroundings, and be arranged with a variety of learning activities.

 

ABSTRAK

Tujuan  penelitian  ini  yaitu  untuk  memperoleh  informasi  tentang pengembangan  kurikulum  bahasa Inggris berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) sekolah dasar (SD) Tulangampiang, Denpasar-Bali dan pelaksanaannya di kelas. Data dikumpulkan dengan cara studi dokumen, kuesioner, wawancara, dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris mengembangkan kurikulum  sesuai  dengan  panduan  dari Badan  Standar  Nasional  Pendidikan  (BSNP),  bahan  ajar dikembangkan dari lingkungan peserta didik yang disusun dengan berbagai kegiatan pembelajaran.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 1106
Downloads : 18910
References
Anonim, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, FIP-UPI. 2007. Media Pembelajaran, dalam http://kurtek. upi.edu/ media diunduh 23 Januari 2010.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah, Jakarta.
Breen, M.P. & C.N. Candlin. 1980. “The Essentials of the Communicative Curriculum in Language Teaching”. Applied Linguistics, Vol. 1, Nomor 2, hal. 89-112.
California http://pubs. cde.ca.gov/tcsii/ap/glossary.aspx, diunduh 23 Januari 2010.
Cameron, L. 2001. Teaching Languages to Young Learners. Cambridge Language Teaching Library. Cambridge, Cambridge University Press.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994, Struktur Program Kurikulum 1994, Balitbang Dikbud, Jakarta.
Finocchiaro, M. & C. Brumfit.1983. The functional-Notional Approach. From Theory to Practice, Oxford University Press.
Harmer, J. 1991. The Practice of English Language Teaching, New Edition. Longman Group UK Limited.
Holliday, A. 1994. Appropriate Methodology and Social Context. Cambridge, Cambridge University Press.
http://www. Learning gamesforkids.com/., diunduh 23 Januari 2010.
Hyde, M. 1993. “Pair Work- A Blessing or a Course?: An Analysis of Pair Work from Pedagogical, Cultural, Social and Psychological Perspectives”. System, Vol. 21, No. 3, hal. 343-348.
Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010, khususnya mengenai Prioritas 2, tentang Program Penguatan metodologi dan kurikulum
Nunan, D.1989. Designing Tasks for the Communicative Classroom. Cambridge, Cambridge University Press.
Penny Ur. 1996. A Course in Language Teaching. Practice and theory. Cambridge Teacher Training and Development. Cambridge, Cambridge University Press.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, tentang SI untuk satuan pendidikan dasar dan menengah,Lampiran, bagian SK dan KD bahasa Inggris kelas V SD semester 2, ,Nomor 36, Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tentang Pelaksanaan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41, Tahun 2007 Tentang Standar Proses, Lampiran bagian II Perencaan Proses Pembelajaran
Richards, J.C. & T.S. Rodgers. 1994. Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge, Cambridge University Press.
Rivers. W.M. 1987. Interaction is the key to teaching language for communication, In Rivers, W.M. (ed) Interactive language Teaching. Cambridge, Cambridge University Press pp.3 – 16.
Sekolah Dasar Tulangampiang. 2009. Silabus Bahasa Inggris Kelas V, Semester 2, SD Tulangampiang Denpasar, Bali.
Sekolah Dasar Tulangampiang. 2009. RPP Bahasa Inggris Kelas V, Semester 2, Denpasar, Bali.
Sutardi Ambari, Media Jaringan Penelitan, Nomor 5, Maret, 2005
SHVOONG, 2007. Education Games, http://id.shvoong. com/books/1633499-education-games, 19 Juli 2007 (21 April 2010).
Wikipedia. 2010a. Educational game. Children’s educational computer games. Whttp://en.wikipedia.org/ wiki/Educational_game, 22 April 2010 diunduh 28 April 2010).
Wikipedia. 2010b. Information and Communication Technology (ICT). http://en.wikipedia.org/wiki/Information _and_Communication_Technology diunduh 18 April 2010)
Wikipedia. 2010c. Educational technology. http://en.wikipedia.org/wiki/Educational_technology 1 April 2010 diunduh 23 April 2010)
Willis J.1999. A Framework for Task-Based Learning. Longman Handbooks for Language Teachers. Edinburgh, England,Addison Wesley Longman Limited.
Woods.1995. Grammar. London, Penguin Group.