Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Pengembangan Media Chemo-Edutainmentmelalui Software Macromedia Flash MX pada Pembelajaran IPA Kimia SMP

Munir Tanrere
Sumiati Side
Submitted
Oct 31, 2013
Published
Jun 1, 2012
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Tanrere, M., & Side, S. (2012). Pengembangan Media Chemo-Edutainmentmelalui Software Macromedia Flash MX pada Pembelajaran IPA Kimia SMP. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(2), 156–162. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i2.77
Abstract

The aims of this research are: 1) to produce an interactive instructional CD- Chemoedutainment that utilizes macromedia flash software for Chemistry instruction at Junior Secondary School; 2) to examine the reliability and effectiveness of learning by using interactive instructional CD-Chemoedutainment through instruction at school. The products in the first year of research are an interactive instructional CD for main material of acid, base and salt. The conclusions of the study are:1) the instructional CD media can be used well by students; and 2) the instructional CD media is effective for improving student learning outcomes.


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran berupa CD interaktif chemo-edutainmentyang memanfaatkan software macromedia flash dalam pembelajaran Kimia SMP; 2) menguji keterandalan dan efektivitas pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif chemoedutainment melalui pembelajaran di sekolah. Hasil penelitian tahun pertama adalah CD pembelajaran interaktif untuk materi pokok asam, basa, dan garam. Kesimpulan hasil penelitian, yaitu: 1) media CD pembelajaran dapat digunakan dengan baik oleh siswa; 2) media CD pembelajaran adalah efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 712
Downloads : 616
References
Army Auliah. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Hiperteks pada Pembelajaran Kimia SMA;Pokok Bahasan Struktur Atom dan Sistem Periodik: Makassar: Jurusan Kimia FMIPA UNM
Bambang, Ibnu Mahardika, Zaharudin G. Djalle. 2004. Flash MX 3 in 1. Bandung: Informatika.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rafika Aditama
Firman, Harry. 2000. Pengajaran IPA Kimia pada Pendidikan Dasar di Jepang. Disampaikan pada Seminar Nasional Expo Kimia Milenium III HMK UPI, 3 Juli 2000. Bandung: HMK UPI
Green, T.D., Brown, A. 2000. Multimedia Projects in the Classroom. California: Corwis Press.
Hayati, Maizatul, Amily Shafila, Azniah Ismail. 2006. Persepsi Calon Guru terhadap Permainan Komputer dan Masa Depan Penggunaannya dalam Kelas. http://ppp.upsi-edu.my/eWacana (diakses tanggal 5 Pebruari 2010).
Jasri Jangi. 2010. Pengembangan Software Multimedia Pembelajaran Kimia SMA Pokok Bahasan Laju Reaksi
Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi, Bandung: CV Alfabeta
Plomp. 1997. Educational and Training System Design. Enschede, The Netherland: University of Twente.
Rafiq. A. 2004. Pengetahuan Siswa SMP tentang Aspek Kimia pada Mata Pelajaran Fisika dan Biologi.Makassar: FMIPA UNM
Setiadi, R. dan Agus, A. 2001. Dasar-dasar Pemrograman Software Pembelajaran. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia
Tanrere, Munir. 2004. Identifikasi Materi Kimia pada Buku Paket Fisika dan Biologi SMP. Makassar: FMIPA UNM.