Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Evaluasi Proses Belajar Mengajar Senam melalui Masukan dan Proses Model Context, Input, Process and Product (CIPP) di SLTP Kota Manado 2001

J.J Terry
Submitted
Nov 3, 2017
Published
Jan 6, 2005
PDF
Citation
Terry, J. (2005). Evaluasi Proses Belajar Mengajar Senam melalui Masukan dan Proses Model Context, Input, Process and Product (CIPP) di SLTP Kota Manado 2001. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(52), 20–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v11i52.677
Abstract
Kenyataan lapangan membuktikan bahwa terjadinya kesenjangan antara tujuan khusus pengajaran dengan apa yang dikerjakan guru Pendidikan jasmani di lapangan menyebabkan prestasi akademik tidak dinyatakan secara jelas. Penekanan evaluasi proses belajar mengajar di sekolah adalah pada evaluasi formatif dan sumatif, tanpa disadari bahwa berbagai penyimpangan dan kekurangan sering dialami guru pendidikan jasmani dalam merencanakan program pengajaran senam dan mentransformasikan ke dalam proses belakar mengajar. Pembuatan satuan pengajaran hanya menitikberatkan pada input, proses, dan produk untuk memperbaiki hasil belajar mengajar melalui pengajaran remedial dan belajar tuntas, tai kenyataannya prestasi akademik tidak dapat dinyatakan secara jelas (intangibel). Di samping itu, satuan pengajaran di sekolah seolah-olah dianggap baku, walaupun tiap sekolah berbeda dan dilaksanakan hanya sebagai pertanggungjawaban administrasi tanpa dievaluasi.
Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 447
Downloads : 354
References
Alkin. M.C. 1969. Evaluation Theory Development, Evaluation, Comment.
Amung, Ma'mun at. 1999/2000. Pengembangan Gerak dan Belajar Gerak, Dep. DIKNAS, Dirjen PDM, Bagian Proyek Penataran Guru SLTP setara DIII.
Binathy, Bela H. 1968. Instructional Systems, Fearor Publishers Palo Alt.
Echols, Shadily al. 1982. Kamus Inggris-Indonesia, Cornell University Press itacha an London. Jakarta: Gramedia.
Farida. Y.T., 1989. Evaluasi Program Depdikbud, Dikti. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Kependidikan.
Glass. C.V. 1969. The Growth of Evaluation Metodology Baulder Co: University of Colorado, Laboratory of Educational Research.
Graham, G. 1992. "Teaching Children, Physical Educationl, Becoming a Master Teacher". Human Kineties Books, Champaign Illinois.
Joint Committee on Standart for Evaluation of Educational Program Projects and Materials. New York: McGRaw-Hill.
Kaufman, R.L., 1972. Educational System Planning.
Nana Sudjana, 1989.a. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru, Algesindo, Bandung.
_______. 1989.b. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru.
_______. 2001.c. Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Sinar BAru Algesindo cetakan kedua.
Nurhasan.1986. Buku Materi Pokok Tes dan Pengukuran, Universitas Terbuka. Jakarta: Penerbit Karunika.
Rusli Lutan.1999/2000. Perencanaan Pembelajaran Penjaskes, Dep.Dik.Bud, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah Bagian Proyek Penataan Guru SlTP setara D-III.
Scuvem. M. 1974. Standart for Evaluation of Educational Programs and Products in G.D. Borich (Edo) Evaluation of Educational Programs and Products. Engelwood. Cliffs, M.J. Education Technology Publication.
Singer, Robert, N. 1980. Motor Learning and Human Performance an Aplication to Motor Skill and Movement, Behaviour, MacMillan Publishing Co. New York.
Stufflebeam, D.L. Faley, W.J.. Giphoat, W.J. Guba, E.G. Hummand R.L. Harimen, H.O. and Provus, M.M. 1971. Educational Evaluation and Decision Making, Tasca Jl. Peacock.
Supandi. 1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan KEsehatan, Depdikbud, Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.