Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

EFEKTIVITAS METODE DEBAT AKTIF DAN STRATEGI PENERAPANNYA DALAM MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Pradika Adi Wijayanto
Sugeng Utaya
Ach. Amirudin
Submitted
Apr 17, 2017
Published
Aug 10, 2017
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Wijayanto, P. A., Utaya, S., & Amirudin, A. (2017). EFEKTIVITAS METODE DEBAT AKTIF DAN STRATEGI PENERAPANNYA DALAM MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 99–116. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.586
Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penerapan metode debat aktif dalam mendukung tingkat keaktifan siswa pada pembelajaran geografi sekaligus menguraikan strategi tepat untuk mengoptimalkannya. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan subjek penelitian kelas XI IS 1 SMA Negeri 1 Mayong tahun ajaran 2016/2017 dilakukan selama tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi partisipan, dokumentasi, dan lembar keaktifan siswa. Teknik analisis data menggunakan deskripsi persentase kemudian dikonsultasikan dengan kriteria yang ditentukan untuk menyimpulkan hasil penelitian sedangkan uraian strategi dalam mengefektifkan berdasarkan data hasil observasi partisipan kemudian dilakukan member check dan diimplementasikan. Analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan siswa pada pertemuan pertama masuk dalam kategori baik, persentase keaktifan siswa pada pertemuan berkategori sangat baik, persentase keaktifan siswa pada pertemuan ketiga juga berkategori sangat baik. Dengan demikian, efektivitas penerapan metode debat aktif dalam pembelajaran geografi adalah sangat baik. Strategi yang diterapkan juga mempunyai andil dalam mendukung persentase keaktifan siswa sehingga lebih optimal dari sebelumnya.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 4837
Downloads : 2510
References
Adodo. S.O & Agbayewa, J.O. 2011. Effect of homogenous and heterogeneous ability grouping class teaching on student’s interest, attitude and achievement in integrated science. International Journal of Psychology and Counselling, 3(3), 48-54.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Ayunthara, A. 2016. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi, Lingkungan Sekolah dan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(3), 251-257.

Azis. 2016. Reward-Punishment Sebagai Motivasi Pendidikan (Perspektif Barat dan Islam). Cendekia, 14(2), 33-34. Badan Standar Nasional Pendidikan. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Djunadi, D.I. 2010. Efektivitas Penerapan Metode Active Debate dalam Pembelajaran Sosiologi. Jurnal Dimensia, 4(1), 61-76.

Halidi H.M, Husain, S.N & Saehana, S. 2015. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. Jurnal e-Mitra Sains, 3(1), 53-60.

Hanim.F, Sumarmi & Amirudin, A. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 752-757.

Imron. A. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Ismail S. M. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.

Juliasari,N. & Kusmanto, B. 2016. Hubungan Antara Manajemen Waktu Belajar, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII SeKecamatan Danurejan Yogyakarta. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 405-412.

Marsidjo, N. 1990. Kapita Selekta Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Mashudi, M & Kholis, N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif dengan Metode Active Debate Terhadap Hasil Belajar pada Standar Kompetensi Memperbaiki CD Player di SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 04(03), 747-751.

Montello, D.R. 1988. Classroom Seating Location and Its Effect on Course Achievement, Participation, and Attitudes. Journal of Environmental Psychology, 8(0), 149-157.

Mufidah, L. 2012. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Program Moodle pada Materi Reaksi Redoks serta Larutan Elektrolit dan Non elektrolit untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Tesis. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Nurdin, M. 2016. Penerapan Metode Debat Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berdiskusi Mahasiswa dalam Pembelajaran Konsep Dasar PKn dI PGSD UPP Bone FIP UNM. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(1), 1-7.

Partin, R.L. 2012. Kiat Nyaman Mengajar di Dalam Kelas. Jakarta: PT. Indeks. Perkins, K.K. & Wieman, C.E. 2005. The Surprising Impact of Seat Location on Student Performance. The Physic Teacher, 43(1), 30-33.

Pramesswari, A.S, Widodo, W. & Qosyim, A. 2016. Penerapan Strategi Debat Aktif untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan Sains, 4(3), 1-6.

Prasetiyo, H.E. 2015. Hubungan Persepsi Penerapan Metode TGT, Teknik Reward and Punishment dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN I Ngrejo Tulungagung. Konstruktivisme, 7(2), 119-129.

Purwanto. N. 2006. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya. Ridwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Sandra, K.I & Djalali, M.A. 2013. Manajemen Waktu, Efikasi-Diri dan Prokrastinasi. Persona Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 217-222.

Seroja, M. & Gultom, I. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMP Negeri Kecamatan Singkil. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, 2(1), 1-14.

Setiyadi, B.R & Ramdani, S.D. 2016. Perbedaan Pengaturan Tempat Duduk Siswa pada Pembelajaran Saintifik di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 28-41.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Silberman, M.L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: PT Nusamedia.

Sudarmawanto & Buditjahjanto, I.G.P.A. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif denganPendekatan Active Knowledge Sharing dan Active Debate Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 121-128.

Sujiantari N.K. 2016. Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi Pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/ 2016). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 7(2), 1-10.

Suparman. 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher. Suprapti, E. 2015. Peningkatan Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini dengan Microsoft Powerpoint ISpring pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan. Jurnal Pedagogi, 2(2), 1-21.

Suprapti, E. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD dengan Media Powerpoint ISpring pada Materi Jajargenjang, Layang-Layang, dan Trapesium di Kelas VII SMP. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 57- 68.

Suryabrata, S. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali.

Rahayu, R. Ansofino & Sumarni. 2014. Pengaruh Minat Dan Waktu Belajar Serta Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Bayang Utara. Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Ekonomi, 4(2), 2-11.

Trilling, B & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Fransisco: Josey-Bass.

Ulfah K.R, Santoso, A & Utaya, S. 2016. Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1607-1611.

Utami M.S. 2014. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Komputer Pada Materi Peninggalan sejarah Hindu Budha di Indonesia Kelas V SDN Kepatihan 04 Kaliwates Jember Tahun 2012/2013. Jurnal Pancaran, 3(4), 175-182.

Winkle, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Rasindo.

Wulandari, I.S & Hidayat, T. 2014. Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Yosowilangun Lumajang). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(3), 599-604.

Yana, D. Hajidin & Safiah, I. 2016. Pemberian Reward dan Punishment Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas V di SDN 15 Lhokseumawe. Jurnal Ilmiah Pendidikan FKIP Unsyiah Guru Sekolah Dasar, 1(2), 11-18.

Yulia, D. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Interaktif dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 1 Gunung Talang. Jurnal Dimensi, 1 (2), 1-9.

Zulyetti. 2014. Penerapan Metode Active Debate dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 14-21.