Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

PEMAHAMAN GURU BIMBINGAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TENTANG PROGRAM PEMINATAN PENDIDIKAN MENENGAH

Herry Widyastono
Submitted
Jan 17, 2017
Published
Aug 10, 2017
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Widyastono, H. (2017). PEMAHAMAN GURU BIMBINGAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TENTANG PROGRAM PEMINATAN PENDIDIKAN MENENGAH. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 23–38. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.531
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengkaji 1) pemahaman Guru Bimbingan Konseling (BK) Sekolah Menengah Pertama (SMP) tentang program peminatan pendidikan menengah; 2) perbedaan tingkat pemahaman antara guru BK Sekolah SMP yang berpendidikan sarjana dan magister; dan 3) perbedaan tingkat pemahaman antara guru BK SMP negeri dan swasta tentang program peminatan pendidikan menengah. Penelitian dilakukan dengan metode survei di SMP Kota Pekanbaru pada September 2016. Populasi terjangkau ialah para guru BK SMP Kota Pekanbaru. Jumlah sampel seluruhnya 40 guru yang diambil dengan teknik multistage random sampling. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemahaman guru BK SMP tentang program peminatan pendidikan menengah cukup tinggi, 2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman guru BK SMP yang berpendidikan sarjana dan magister, tentang program peminatan pendidikan menengah; dan 3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman guru BK SMP negeri dan swasta tentang program peminatan pendidikan menengah. Penelitian menyimpulkan bahwa guru BK SMP cukup mampu memberikan bekal tentang program peminatan pendidikan menengah kepada siswa SMP sesuai dengan minat, bakat, dan/atau kemampuannya.
Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 2361
Downloads : 847
References
Ary, D., Lucy, C. J., Asghar, R., Christine, K. S. 2009. Introduction to Research in Education. Canada: Cengage Learning.

Chunghati, F. D., & Perveen, U. 2013. A Study of Teachers Workload and Job Satisfaction In Public and Private Schools At Secondary Level In Lahore City Pakistan. Asian Journal of Social Sciences & Humanities, 2(1), 202-214.

Dewi, F., Yusmila, & Nuryono, W. 2014. Hambatan-hambatan selama Proses Peminatan Berdasarkan Kurikulum 2013 bagi Siswa di SMA Negeri se Kota Surabaya. Jurnal Bimbingan Konseling UNESA, 4(3), 1-10.

Destria, D. 2010. Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Tingkat Pemahaman Ibu Hamil Terhadap Pesan Antenatal Care yang Terdapat di Dalam Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Tesis. Semarang: Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Ismanto. 2007. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Masa Kerja Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Aliyah (MA) di Kudus. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesaia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013b. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/MA.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2014a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 tentang Peminatan.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2014b. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Marsetyana, F & Nusantoro, E. 2015. Pemahaman Guru BK tentang Pelaksanaan Layanan Peminatan pada Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, IJGC, 4(1), 46-52.

Nikmah, R. 2014. Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal, Masa Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi di SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung. Skripsi.Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Nuruni, T. 2014. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru PAI SD Negeri di Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Raharjen, R.S. & Christiana, E. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Bimbingan dan Konseling dalam Pelaksanaan Layanan Peminatan Peserta Didik SMA Negeri 2 Lamongan Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(03), 1-9.

Republik Indonesia. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Septiana, V.A. 2015. Pengaruh Faktor Masa Kerja, Kompensasi, dan Pendidikan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah dengan Produktivitas Kerja Sebagai Variabel Intervening. Journal of Management, 1(1), 1-17.

Sinaga, I.R. 2010. Perbedaan Kompetensi Guru Berdasarkan Status Kepegawaian dan Sekolah dalam Lingkungan Pendidikan SMA di Wilayah Sukoharjo. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sudijono, A. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Suseno, Y.E. & Khory, F.D. 2013. Perbedaan Persepsi antara Siswa Sekolah Negeri dan Swasta terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Studi Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngawi dan SMP Ma’arif Ngawi. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1), 1-12.

Tukiyo. 2015. Motivasi dan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten. Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan Kerjasama Program Pascasarjana Uiversitas Sebelas Maret dan Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia Jawa Tengah.

Ukis, M., Wahyudi, & Zakso, A. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 1-16.

Widyastono, H. 2015. Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengembangan Pembelajaran dan Manajemen Sekolah Rintisan Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Teknologi Pendidikan Kwangsan, 3(2), 77-90.