Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar Mahasiswa

Nelvia Adi
Submitted
Dec 23, 2016
Published
Oct 10, 2010
PDF
Citation
Adi, N. (2010). Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 321–327. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.523
Abstract

The purpose of this study is to determine the process of the evaluation conducted by the lecturers of UNP, including lattice-making testing, manufacturing problems, the implementation of measurement, assessment and administration of the assessment results. Results revealed that as man as 42 % of lecturers stated always pay attention to making the test grating. There were about 37% of lecturers stated always an often pay attention to the criteria in writing about. In the normal measurement of 75% of lecturers used to pay attention to implementation. In the normal scoring 47% of lecturers stated always and often pay attention to implementation. In conducting the assessment and administration of student learning outcomes, 53% of lecturers claimed always and often pay attention to implementation. Based on these reseaech results may imply that the implementation of the evaluation of learing outcomes by the lectures of UNP normally located in the category well enough, its implementation still needs to be improved again by the lecturers.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi hasil belajar yang dilakukan oleh dosen Universitas Negeri Padang (UNP) yang meliputi: Pembuatan kisi-kisi tes, pembuatan soal, pelaksanaan pengukuran, pelaksanaan penskoran, pelaksanaan dan pengadministrasian hasil penilaian, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 42% dosen selalu membuat kisi-kisi tes. Dalam pembuatan soal 37% dosen selalu mempedomani criteria dalam pembuatan soal. Selanjutnya, dalam melakukan kegiatan pengukuran sebanyak 75% selalu melaksanakan pengukuran, sementara itu 47% dosen juga selalu melakukan penilaian dan melakukan pengadministrasian hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat diartikan bahwa; pelaksanaan evaluasi hasil belajar oleh dosen UNP dapat dikategorikan baik. Karena belum semua dosen melaksanakan evaluasi hasil belajar dengan sempurna, maka hasil belajar mahasiswa perlu ditingkatkan lagi pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan yang ada.

Keywords
test measurement learning evaluation assessment administration tes pengukuran evaluasi hasil belajar keputusan administrasi.
Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 2284
Downloads : 1473
References
Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Buku Pedoman Akademik. 2001. Universitas Negeri Padang.
Buchari, Muhctar. 1972. Technik-technik Evaluasi dalam Pendidikan. Bandung: Keluarga Mahasiswa Bapensi.
Hadjar, Ibnu, 1996. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nurkancana, Wayan. 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Silverius. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: PT Grasindo.
Soekartawi. 1995. Monitoring dan Evaluasi Proyek Pendidikan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Stufflebeam. 1972. D.L. Educational Evaluation and Decision Making, Peacock Publishers, Inc, Itasca.
Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosda Karya.