Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Bentuk Tes Formatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Mengontrol Intelegensi Siswa

Lizza Novrida
Submitted
Dec 23, 2016
Published
Oct 10, 2010
PDF
Citation
Novrida, L. (2010). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Bentuk Tes Formatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Mengontrol Intelegensi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 300–310. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.521
Abstract

The objectives of this study is to find out the effects of the learning strategy and the formative test on the learning outcome in mathematics. The quasi-experiment with 2x2 factorial design was used in this research. A cluster random sampling was used for 80 students of grade-2 at the State Junior High Schools number 11 and 19 in Jakarta in 2009-2010. The independent variables were the learning strategy and formative test, and for the dependent variables were learning outcome. The student intelligent was used as a co-variable. The strategy used were the information mapping, and conventional strategy, and the test were multiple choice and essay. The results showed the fallowings: 1) the information mapping strategy is more effective than the conventional way; 2) the multipl choice is better than essay test; 3) there was found an interaction between the learning strategy with the formative test.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menemukan pengaruh strategi pembelajaran dan bentuk tes formatif terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol inteligensi siswa. Penelitian ini menggunakan design eksperimen faktorial 2x2. Cluster random sampling dengan 80 siswa kelas delapan di SMPN 11 dan SMPN 19 Jakarta pada tahun ajaran 2009/2010. Variabel bebasnya yaitu strategi pembelajaran dan bentuk tes formatif, serta variabel terikatnya hasil belajar matematika. Inteligensi sebagai co-variabel. Strategi yang digunakan yaitu pemetaan informasi dan konvensional, dan bentuk tes formatif yang digunakan adalah pilihan ganda dan uraian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) strategi pemetaan informasi lebih efektif dibanding strategi konvensional; 2) bentuk tes formatif pilihan ganda kurang efektif dibanding bentuk tes formatif uraian, dan 3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan bentuk tes formatif.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 654
Downloads : 1373
References
Agung, Gusti Ngurah, 2006. Statistika Penerapan Model Rerata-Sel Multivariat dan Model Ekomoni denga SPSS, Jakarta: Sad Satria Bhakti.
Aiken, Lewis R., 1997. Psychological Testing and Assessment, Boston: Allyn and Bacon.
Arikunto, S., 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidik, Jakarta: Bumi Aksara.
Bloom, Benyamin S., J. Thomas Hastings and George F. Madaus, 1971. Handbook on Formative an Summative Evaluation of Student Learning, New York:Mc-Graw-Hill. Inc.
Dahar, Ratna Wilis, 1989.Teori-teori Belajar, Jakarta: Erlangga.
Daryanto, 2001. Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Pertama (SMP), Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
_____, 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
_____, 2006.Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Horn, Robert E., 1996. Structured Writing as a Paradigm, Englewood Cliffs: Educational Technology Publications.
Java, Tri, 2007. Analisa Laporan Hasil Pemeriksaan Psikologi, Jakarta: Lembaga Psikologi Tri Java.
Murwani, Santosa, 2003. Statistika Terapan, Jakarta: Program Pascasarjana UHAMKA.
Neter, John, and William Wasserman, 1985. Applied Linear Statistical Models Regression, Analysis of Variance, and Experimental Designs, Illinois: Richard D. Irwin, Inc.
Sadiman, Arief S., 2002. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Pustekom Depdikbud dan Raja Grafindo Persada.
Soedjadi, R., 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sternberg, Robert J., 2004. “Teori Kognitif”, Psikologi Pendidikan, Djaali (ed) Jakarta: Program
Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Wiersma, William and Stephen G. Jurs, 1990. Educational Measurement and Testing, Toronto: Allyn and Bacon.
Woolfolk, A. E., 1993. Educational Psychology, Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.