Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Membuka Peluang Berwirausaha Untuk Pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus

Ibnu Syamsi
Submitted
Dec 21, 2016
Published
Jun 10, 2010
PDF
Citation
Syamsi, I. (2010). Membuka Peluang Berwirausaha Untuk Pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(7), 90–103. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i7.512
Abstract

The purpose of study is to make a device of the development of entrepreneurship training, the develop a model of the entrepreneurship training, and to creat the material of entrepreneurship training for the special need child in community. The study employs research and development as the method and uses qualitative and quantitative as the approaches. After a series of trial is conducted, the real field operational test is performed by using pre-test and post-test design. The data is collected through interviews, participative observations, intensive discussion, documentation study, and questioners. Further, it is analyzed using descriptive analysis and inferential statistics using mark-test. The result of this study embrace the development of proper design of entrepreneurship training device for the children with special need, the development of the model of entrepreneurship training for the special need child, and the development of effective entrepreneurship training material for the applicant of the fresh entrepreneur in the special need child, that can increase one’s skill in running a business.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan unutuk mengembangkan pelatihan kewirausahaan dan materi kewirausahaan dalam rangka pemberdayaan anak berkebutuhan khusus di masyarakat. Metode yang digunakan research and development atau penelitian dan pengembangan, dengan cara pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Setelah melakukan serangkain uji coba, kemudian dilakukan uji operasional lapangan yang sebenarnya dengan model pretest and post design. Pengumpulan data menggunaka cara wawancara, observasi partisipatif, diskusi intensif, studi dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan dengan deskriptif dan uji statistik inferensial dalam hal ini menggunakan uji–tanda. Hasil penelitian yang diperoleh rancangbangun peluang berwirausaha dan bentuk pelatihan yang tepat diterapkan untuk pemberdayaan anak berkebutuhan khusus, materi kerwirausahaan yang cocok diterapkan untuk anak berkebutuhan khusus, efektivitas bentuk pelatihan dan materi kerwirausahaan untuk anak berkebutuhan khusus untuk meningkatkan kemampuannya dalam berwirausaha.


Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 1097
Downloads : 721
References
Bank Dunia, Jumlah orang Miskin di Indonesia, Metro TV: 02/01/2007.
Bungin. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, PT Tarsito, Bandung.
Davies. 2005. The Art of Training and Development, The Training Manager’s, a handbook, PT Gramedia, Jakarta.
Direktorat PLB, 2004. Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi, E mail
Versi@2005/2006.
Direktorat PLB. 2004. Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi, E mail
Versi@2005/2006.
Dorodjatun. 2004. Berkurangnya Persentase Angka Pengangguran di Indonesia, Kompas 24 Juni 2004.
Istijanto. 2005. Metode Penelitian di Bidang Sosial, Bayu Media dan UMM Press, Malang.
Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Divisi Buku Perguruan Tinggi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Kuncoro Jakti, Dorodjatun. 2004. Berkurangnya Persentase Angka Pengangguran di Indonesia, Kompas 24 Juni 2004.
Kuswara. 2005. Buku Pendidikan Luar Sekolah, Kewirausahaan, untuk Paket C, PT Indahjaya
Adipratama, Bandung.
McMillan and Schumacher. 2001. Research in Education, A Conceptual Introduction, Longman, New York.
Mulyani, S. 2007. Pengangguran di Indonesia, Metro TV: 02/01/2007.
Rogers, EM. 1983. Diffusion of Innovation, The Free Press A Division od Macmillan Publ. Co. Inc. New York.
Suparno. 2008. Bahan Ajar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Direktorat Dikti, Depdiknas, Jakarta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Alfabeta Bandung.
Sugiyono. 2002. Manajemen Diklat, Penerbit Afabeta, Gerlong Hilir Bandung.
Suharto, E. 2006. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Rafika Aditama, Bandung.
Suryana. 2006. Kewirausahaan, Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Sukmadinata, NS. 2006. Metode Penelitian Pendidikan, Pascasarjan UPI dengan Remaja Rosdakarya, Bandung.
Zuriah. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Teori – Aplikasi, Bumi Aksara, Malang.