Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Model Pembelajaran Berbasis Komik Untuk Mencapai Ranah Afektif Pada Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Anak Berkesulitan Belajar

Ari Wahyudi
Submitted
Dec 19, 2016
Published
Jun 10, 2010
PDF
Citation
Wahyudi, A. (2010). Model Pembelajaran Berbasis Komik Untuk Mencapai Ranah Afektif Pada Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(7), 43–52. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i7.507
Abstract

The research target was to create a learning innovation through comic package in the form of civilization education which was packed by simply story and interesting picture from the daily life of children. By using developing research and collecting data technique such as observation, interview, and test it was resulted as the following: a) the first year resulted prototype learning base-comic to civilization education, and b) the second year resulted effectiveness test of attaining affective domain in learning civilization education by applying learning model base-comic for difficulty learning children who was very significant in Sidoarjo District, Mojokerto District and Surabaya city. The end of this result is comic book for third, the fourth, and fifth classes which had got ISBN.

 

ABSTRAK

Target peneliti ini adalah menciptakan terobosan belajar melalui paket komik berupa materi Pendidikan Kewarganegaraan yang dikemas dengan cerita sederhana dan gambar yang menarik dari kondisi kehidupan nyata sehari-hari anak. Dengan desain penelitian pengembangan dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan tes dihasilkan penelitian sebagai berikut: a) tahun pertama menghasilkan prototipe pembelajaran berbasis komik pada pendidikan kewarganegaraan, dan b) tahun kedua menghasilkan uji efektivitas pencapaian ranah afektif dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan penerapan model pembelajaran berbasis komik pada anak berkesulitan belajar yang sangat signifikan di kabupaten Sidoarjo, kabupaten Mojokerto dan kota Surabaya. Hasil akhir penelitian ini adalah buku komik belajar untuk kelas 3, kelas 4 dan kelas 5 yang telah mendapatkan pengesahan berupa ISBN.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 680
Downloads : 1420
References
Ahmadi, Abu & Ahmad Rohani. 1991. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Borg, W.R. and Gll, M. D. 2003. Educational Research: An Introduction. London: Longman,Inc.
Drijarkara, N. 1969. Gambaran Manusia Pancasila. Yogyakarta: Paramita.
Geddes, 1985. Learning Disabilities and Brain Fuction. New York: Springer Verlag.
Hidayah, Noer. 2003. “Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran Anak Gangguan Gizi yang Mengalami Kesulitan Belajar di Sekolah Dasar”, Jurnal Rehabilitasi & Remediasi, No. 1 Tahun 13 Juni 2003 ISSN 0854-0020.
Hurlock, EB. 1993. Perkembangan Anak. (Alih Bahasa Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.
Learner. 1981. Learning Disabilities. Boston: Houghton Miflin Company.
Lovitt. 1989. Instruction to Learning Disabilities. Boston: Allyn anda Bacon.
Mulyono & Nafsiah Ibrahim. 1994. Survey tentang Jumlah Siswa SD di DKI Jakarta yang Membutuhkan layanan PLB. Jakarta: LP-IKIP.
Murtadlo.2005. “Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Berkesulitan Belajar Membaca Menulis melalui Pendekatan Kooperatif Tipe TAI di SD”. Jurnal Pendidikan Dasar No.1 Volume 5 Tahun 2005.
Setyowati, Nanik. 1996. Optimalisasi Penggunaan alat Peraga IPA dan IPS di Sekolah Dasar.
Surabaya: Jurnal Riset No. 05/Th.III.
Somantri, Sutjihati. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Jakarta: Depdikbud.
Sujarwanto. 1999. Pencapaian Ranah Afektif dalam Pembelajaran PPKn di SLB Tunagrahita melalui Fragmen Panggung Boneka. Laporan Penelitian Tidak diterbitkan. Jurnal Pendidikan Dasar No.1 Vol 1 Tahun 2000 ISSN: 1411-285X. Surabaya : Unipress.
Sudjana, Nana. 1991. Media Pengajaran. Jakarta : Rajawali.
Surya Post 1 Oktober 1990. Pooling Memperingati Hari Kesaktian Pancasila tentang Materi PMP dan PSPB perlu Ditinjau Lagi. Surabaya: Media Surya Post.
Ulfah, Meuthia. 2004. Effektivitas pembelajaran dengan media panggung boneka dan komik
transparansi dalam membentuk sikap moral siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.
Volume 4 Nomor 2 September.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Wahyudi, Ari. 1997. Menggugah Kepedulian Masyarakat untuk Mengembangkan Potensi Penyandang Cacat Melalui seni Wayang Kulit. Surabaya: Lembaga Penelitian IKIP Surabaya.
Wahyudi, Ari. 1999. “Urgensi Panggung Boneka dalam Pembelajaran PPKn di SLB Tunagrahita Dharma Wanita Sidoarjo”. Jurnal Media Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 4 Th. XXII tahun
1999,ISSN 0216-9975.
Wahyudi, Ari. 2003. Penerapan Permainan Ular Tangga sebagai Media Simulasi untuk Mencapai
Ranah Afektif dalam Pembelajaran PPKn di SLB Tunagrahita. Surabaya: Lembaga Pengabdian
Kepada Masyarakat (Laporan tidak diterbitkan).
Wahyudi, Ari. 2004. Penerapan Teknologi Media Cerita Bergambar untuk Mencapai Ranah Afektif dalam Pembelajaran PPKn di SLB Tunagrahita. Surabaya: Lembaga Pengabdian Kepada
Masyarakat (Laporan tidak diterbitkan).
Widyastono, H. 1996. Profil Siswa SD yang Memerlukan Perhatian/Layanan Khusus dan Berkesulitan Belajar. Jakarta: Balitbang Dikbud.