Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Kompetensi Profesional Guru SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan di Medan

Zulkifli Matondang
Submitted
Dec 16, 2016
Published
Nov 10, 2010
PDF
Citation
Matondang, Z. (2010). Kompetensi Profesional Guru SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan di Medan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(6), 638–647. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i6.492
Abstract

This study aimed to know of teacher’s profesional competence at SMK (vocational scholl) in the field of building construction. Before to measure of teacher’s profesional competence, developing a standard instrument. The study was conducted in two phases: a rational try-out through experts’ assessment, followed by an empirical try-out. The first phase incorporated 20 experts; i.e. university lecturers of building construction. In the second phase, a competence test was administered to 276 teachers in Medan. Construct validity was examined by a factor analysis technique. The results indicated that the indicators fitted the construct; each indicator had a factor loading higher than 0.30. Varimax rotation resulted in a decrease in the factors of competence test, compared to the previously theorized, as profesional dimension had 10 factors. The reliability of the instrument was evaluated by KR-20 formula, and the coefficient 0.858 Therefore, it can be concluded that the instrument can be used to measure the competence of building construction teachers of SMK. The result study was teacher’s profesional competence at SMK in Medan repair to improved, therefore requar to add of teacher’s knowladge in their field.

 

ABSTRAK

 

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru SMK bidang keahliah teknik bangunan. Sebelum pengukuran kompetensi profesional guru, dikembangkan tes yang standar. Proses pengembangan tes dilakukan dengan dua fase yaitu melalui expert jugment oleh ahli dan ujicoba empiris. Pertama, dilibatkan 20 orang ahli yang terdiri dari: doktor evalusi, dosen teknik bangunan, dan guru. Kedua, ujicoba dilakukan pada 276 orang guru bidang keahliah teknik bangunan di Medan. Validitas konstruk tes dihitung dengan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang dibentuk oleh kompetensi profesional cukup baik. Setiap indikator memiliki loading faktor diatas 0.30. Dengan metode rotasi varimax diperoleh 10 faktor yang membentuk kompetensi profesinal guru SMK. Reliabiulitas tes dihitung dengan rumus KR-20, dan diperoleh koefisien reabilitas sebesar 0,858. Hasil perhitungan menyimpulkan bahwa tes yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kompetensi profesional guru SMK. Hasil pengukuran diperoleh kompetensi profesional guru SMK bidang keahliah teknik bangunan di Medan masuk pada kategori perlu perbaikan, sehingga perlu meningkatkan pengetahuan guru di bidangnya.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 418
Downloads : 1278
References
Aiken, Lewis R. 1994. Psychological Testing and Assesment. Boston: Allyn and Bacon.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2003. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cronbach, Lee J. 1984. Essentials of Psychological Testing. NY: Happer and Row Publ.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Pengembangan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan Abad ke 21 (SPTK-21). Jakarta: Depdiknas.
Djaali dan Pudji Muljono. 2004. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPs Universitas Negeri Jakarta.
Djamarah, Syaiful B. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Ebel, Robert E. and David A. Frisbie. 1991. Essentials of Educational Measurement. New Jersey:
Prentice Hall.
Elliot, Andrew J. and Carlos S. Dweck. 2005. “Competences and Motivation”, Handbook of Competence and Motivation, ed. Andrew J. Elliot, and Carlos S. Dweck. New York: The Guilford Press.
Gable, Robert K. 1986. Instrumen Depelopment in The Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Publ.
Gronlund, Norman E. and Robert L. Linn. 1990. Measurement and Evaluation in Teaching. New York: McMillan Inc.,
Hadiyanto, 2004. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Interstate New Teacher Assessment and Support Consorcium (INTASC) Standards, http://
education.bye. edu/INTASC_Standards.html
Echols, John M. dan Hassan Shadily. 1997. Kamus Indonesia Inggiris. Jakarta: PT. Gramedia.
Kanfel, Ruth and Phillip L. Ackerman, 2005. “Work Competence: A Person-Oriented Perspective”,
Handbook of Competence and Motivation, ed. Andrew J. Elliot and Carlos S. Dweck. New York:
The Guilford Press, Litwin, Mark S. 1995. How to Measure Survey Reliability and Validity. London: Sage Publications.
Prayitno. 2005, “Pendekatan Basic Need Dalam Pendidikan: Aplikasi Ilmu Pendidikan” makalah disampaikan pada Pertemuan FIP/JIP seluruh Indonesia di Bukittinggi 12-14 September 2005.
Scriven, Michael. 1981. Evaluations Thesaurus. California: Edgeppress.
Sternberg, Robert J. 2005. “Intelligence, Competence and Expertice”, Handbook of Competence and Motivation, ed. Andrew J. Elliot, and Carlos S. Dweck. New York: The Guilford Press,
Sukamto, 2004. Pengembangan Sistem Penilaian Untuk Sertifikasi Guru, makalah disampaikan pada seminar nasional “Rekayasa Sistem Penilaian Dalam Rangka Penilaian Kualitas Pendidikan”, Yogyakarta: 26-27 Maret 2004.
Tabachnick, B. G. and L. S. Fidell. 1989. Using Multivariate Statistics. Second Ed. New York: Harper Collins Publ.