Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi

Oos M Anwas
Submitted
Oct 30, 2013
Published
Sep 1, 2011
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Anwas, O. M. (2011). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(5), 565–575. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.49
Abstract

The Tridharma of higher education and colleges have directed university to care about problems in society, including through devotion to the community activities. Posdaya Thematic KKN is a community service model that focuses on empowering families and communities, especially in aspects of education, health, entrepreneurship, and environment. Through KKN students are put into life within the community in shaping the institute or expand existing social institution to become a Posdaya. Through this Posdaya students with the community identify problems and mobilize all the potential that exists for the advancement of society. Students can synergize and implement what they have learnt into community live, practice their carefulness, leadership, cooperation dan learn local wisdom and the values and norms of society. Posdaya thematic KKN is a system that needs preparation, execution, coaching, mentoring, monitoring and evaluation and as well as continually follow-up activities. The implementation of KKN also encourages coordination, advocacy, and collaboration with relevant parties including the private sectors through their Corporate Social Responsibility (CSR) programs.

 

ABSTRAK

Tridharma Perguruan Tinggi mengatur perguruan tinggi untuk peduli memecahkan masalah di masyarakat, di antaranya melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Posdaya merupakan model pengabdian masyarakat yang memfokuskan pada pemberdayaan keluarga dalam aspek pendidikan, kesehatan, kewirausahaan, dan lingkungan.
KKN menempatkan mahasiswa tinggal bersama masyarakat dalam membentuk lembaga atau mengembangkan masyarakat terutama lembaga kemasyarakatan yang telah ada menjadi Posdaya. Melalui wahana Posdaya ini mahasiswa bersama masyarakat mengindentifikasi permasalahan dan menggerakkan semua potensi yang ada demi kemajuan
masyarakat.
Mahasiswa dapat mensinergikan dan mengimplemen-tasikan keilmuan yang ditekuninya dengan kehidupan masyarakat, melatih kepedulian, kepemimpinan, kerjasama, mempelajari kearifan lokal, tatanan nilai, serta norma masyarakat.
KKN Tematik Posdaya merupakan sistem yang perlu persiapan, pelaksanaan, bimbingan, pendampingan, monitoring dan evaluasi, dan kegiatan tindak lanjut secara berkesinambungan. Pelaksanaan KKN juga mendorong koordinasi, advokasi, dan kerjasama dengan pihak terkait termasuk melibatkan perusahaan swasta melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 4614
Downloads : 8983
References
Anwas, Oos M. 2010a. Model Posdaya dalam Penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun. Jakarta: Artikel Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 16 No. 2 Maret 2010.
_____. 2010b. CSR Model Damandiri. Artikel Majalah Gemari. Jakarta: Edisi 100/V April 2010.
Asngari, Pang S. 2007. Bahan Kuliah: Prinsip-prinsip Penyuluhan Pembangunan. Ilmu Penyuluhan Pembangunan Pascasarjana IPB Bogor.
Damandiri. 2010. Evaluasi Program Yayasan Damandiri dan Perkembangannya sampai dengan September 2010. Jakarta: Yayasan Damandiri
Harian Umum Duta Masyarakat, 25 Agustus 2010
Kementerian Pendidikan Nasional. 2004. Kegiatan Penelitian Fundamental, Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas.
_____, 2008. Buku Panduan Pengelolaan Program Hibah DP2M. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemdiknas. edisi VIII.
Noor, Idris HM. 2010. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Jakarta: Artikel Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 16 No. 3 Mei 2010.
Saillah, Illah. 2010. KKN Tematik Posdaya Tumbuhkan Sikap Kepemimpinan Mahasiswa. Jakarta: Majalah Gemari. Edisi 109/tahun IX/Februari 2010.
Slamet, Margono. 2007. Bahan Kuliah Manajemen Kelompok dan Organisasi, Ilmu Penyuluhan Pembangunan Pascasarjana IPB Bogor.
Sumardjo, 2008. Penyuluhan Pembangunan Pilar Pendukung Kemajuan dan Kemandirian Masyarakat. Artikel dalam buku: Memberdayakan Manusia Pembangunan yang Bermartabat. Bogor: Pustaka Bangsa Press.
Suyono, Haryono dan Rohadi Haryanto. 2009a. Pedoman Pembentukan dan Pengembangan Pos Pemberdayaan Keluarga; Posdaya. Jakarta: Balai Pustaka.
Suyono, Haryono dan Rohadi Haryanto. 2009b. Pedoman Pelaksanaan KKN Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya). Jakarta: Citra Kharisma Bunda
Suyono, Haryono. 2006. Memotong Rantai Kemiskinan. Jakarta: Yayasan Dana Sejahtera Mandiri.
____, 2010a. KKN Tematik Posdaya Semakin Semarak. Harian Umum Pelita 24 April 2010.
____, 2010b. KKN Tematik Posdaya Menjadi Gerakan Nasional. Gemari Online, 7 Oktober 2010.