The objective of the study is to analyze causal of Pilot Instructor’s work achievement including the quality of the measurement of their indicators, such as indicator of commitment, cognitive ability in management, pilot’s perception toward higher rank leadership, and Pilot Instructor’s work achievement.The study was conducted at the Air Force Flying School Yogyakarta, sample was taken by using simple random sampling technique. The research concludes that any reducing quality of errorvariance cause to increase the value of the loading factor and the validity of the loading factor becomes a higher level quality. Moreover there are structural equations among pilot’s perception toward higher rank leadership with commitment, cognitive ability in management, and Pilot Instructor’s work achievement with pilot’s perception toward higher rank leadership, commitment, and cognitive ability in management.
ÂÂ
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kausal prestasi kerja Instruktur Penerbang beserta kualitas pengukuran indikator-indikatornya, seperti indikator komitmen, kemampuan kognitif manajemen, persepsi kepemimpinan atasan, dan prestasi kerja Instruktur Penerbang itu sendiri. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Penerbang TNI-AU Yogyakarta, dengan mengambil sampel yang terjangkau sebanyak 60 orang Instruktur Penerbang dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antar indikator yang terjadi setiap kekeliruan ukur yang semakin kecil, akan berdampak pada muatan faktor (loading factor) menjadi lebih besar. Artinya bahwa validitas dari kualitas muatan besaran faktor akan menjadi lebih tinggi. Lebih lanjut, dapat diterangkan pada kesetaraan struktural variabel yang diteliti, bahwa prestasi kerja didukung oleh komitmen, kemampuan kognitif manajemen dan kepemimpinan. Sedangkan untuk kepemimpinan sendiri mendapat dukungan dari komitmen dan kemampuan kognitif manajemen.