Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Pengembangan Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional

Herry Widyastono
Submitted
Dec 14, 2016
Published
May 10, 2010
PDF
Citation
Widyastono, H. (2010). Pengembangan Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 265–274. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.460
Abstract

Since the government of Indonesia has launched the Decree of Republic Indonesia Number 20 year 2003 regarding The National Education System and The Government Regulation year 2005 in relation to National Education Standard, the government was implemented the school’s piloting on international standard. However, in its’ curriculum development was not expected with the intended regulation. The expectation of the school curriculum is supposed to be the curriculum used by the country under the OECD (Organization for Economic Co-operation and Development). The intended curriculum in this matter particularly is the curriculum used by the educational concern which is reference to the Graduate Competence Standard (SKL) and the Content Standard (SI) that all enrich to with reference to the OECD member country or the curriculum used by developed countries. To enrich the curriculum can be done by two ways. First is adaptation. It means to adapt certain part of the National Education Standard with reference to the OECD member countries. Second is adoption. It means to add some certain parts of curriculum of the OECD member countries or others which is not included in the national content standard. Therefore, the graduates have qualification from both the national education system as well as from the OECD member countries.

 

ABSTRAK

Sejak berlakunya UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pemerintah telah menyelenggarakan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI). Namun, dalam pengembangan kurikulumnya belum seperti yang diharapkan. Kurikulum yang digunakan seharusnya kurikulum yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusa (SKL) dan Standar Isi (SI) yang “diperkaya†dengan mangacu pada kurikulum salah satu negara anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) dan/atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu di bidang pendidikan. “Diperkaya†dapat dilaksanakan melalui dua cara: 1) Adaptasi, yaitu penyesuaian unsur unsur tertentu yang
sudah ada dalam SI/SKL dengan mengacu pada kurikulum salah satu negara anggota OECD dan/atau negara maju lainnya, dan 2) Adopsi, yaitu penambahan unsur-unsur tertentu yang belum ada dalam SI/SKL dengan mengacu pada kurikulum salah satu negara anggota OECD dan/atau negara maju lainnya. Dengan demikian, lulusannya dapat memiliki sertifikat (ijazah) dari Indonesia dan dari alah satu negara anggota OECD dan/atau negara maju lainnya.

 

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 4748
Downloads : 2434
References
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Penjaminan Mutu Sekolah/Madrasah Bertaraf Internasional pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Depdi knas
Lapp, Dianne. 1975. Teaching and Learning: Philosophical, Psychological, Curricular Application. New York: MacMillan Pub. Co. Inc.
Miller, J.P. and Seller, W. 1985. Curriculum: Perspective and Practice. New York and London: Longman.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sukmadinataa, Nana Syaodih. 2007. Landasan Teori dan Inovasi dalam KTSP: Teori, Inovasi, dan Operasionalisasi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widyastono, Herry. 2007. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Mei 2007 Tahun Ke-13 No. 066 “Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kajian Yuridis dan Konseptual”. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional.