Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Teknik Pola Bilangan dan Hasil Belajar Operasi Pembagian Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV

Kadir Kadir
Hastri Rosiyanti
Submitted
Oct 30, 2013
Published
Sep 1, 2011
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Kadir, K., & Rosiyanti, H. (2011). Teknik Pola Bilangan dan Hasil Belajar Operasi Pembagian Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(5), 525–538. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.46
Abstract

The objective of the present study is to study the effect use of numbers pattern techniques and students’ ability in division operation at primary school. The study was conducted in Madrasah Ibtidaiyah in Ciputat with quasi experiment method. There were 60 fourth grade students as the sample of the study, selected by cluster random sampling. The data were gathered by using a test. The result of the study are: 1) learning outcome in operation devision of the student who use numbers pattern techniques is higher of those who use conventional technique and 2) ability of the students who use numbers pattern techniques is more good of those who use usual technique, such as student can put a number which are divided, divisor, quotient is more easily in materials division operation.

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari penggunaan teknik pola bilangan dan kemampuan siswa dalam operasi pembagian di sekolah dasar. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah di Ciputat dengan metode quasi eksperimen dengan melibatkan 60 sebagai sampel. Pemilhan sampel menggunakan cluster random sampling. Studi ini menemukan bahwa: 1) hasil belajar operasi pembagian siswa yang menggunakan teknik pola bilangan ini lebih tinggi dari mereka yang menggunakan teknik biasa dan 2) kemampuan siswa yang menggunakan teknik pola bilangan ini lebih baik daripada siswa yang menggunakan teknik biasa. Terbukti dalam penerapannya, siswa dapat mencantumkan bilangan yang dibagi, pembagi, hasil bagi lebih mudah dalam materi operasi pembagian.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 720
Downloads : 6109
References
Gojali, Puji. 2009. Pengaruh Penerapan Teknik Berhitung Perkalian Polamatika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, Skripsi UIN Jakarta: Tidak Dipublikasikan.
Gunawan, Adi W. 2007. Cara Genius menguasai Tabel Perkalian, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Premadi, Dradjad. 2007. Polamatika, Jakarta: PT Wahyu Media
Supatmono, Catur. 2009. Matematika Asyik, Jakarta: PT Grafindo.
Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Jakarta: Kencana.