Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Model Penilaian Bahasa Indonesia Dalam Pelaksanaan Kurikulum Sekolah Dasar

Ambari Sutardi
Submitted
Dec 14, 2016
Published
Mar 10, 2010
PDF
Citation
Sutardi, A. (2010). Model Penilaian Bahasa Indonesia Dalam Pelaksanaan Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(2), 215–227. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i2.455
Abstract

The evaluation model for Indonesian language sustaining the implementation of the in-effect primary school curriculum is different from the previous one. Accordingly, this results in different perceptions and different use of the model by the implementers at some primary schools in different districts/municipalities. The difference of using the model are ranging from the simple to the more complext. The simple one merely covers one score for the subject concerned while the complext one encompasses four scores, for: listening, speaking, reading and writing respectively. The use of various evaluation models for Indonesian language would certainly results in a problem because the evaluation system has strong impact againsts the learning process in the classroom. So it is worried that the four predetermined competence catagories of Indonesian language would not totally be achieved by students in the primary schools which use the simple model one. Because of such reason, the ideal evaluation model to sustain the implementation of the an in-effect primary school curriculum is the complex one so that it would tell the information about learners’ achievement in more detailed and transparent.

 

ABSTRAK

Model penilaian Bahasa Indonesia dalam pelaksanaan kurikulum SD berbeda dari sebelumnya, di mana perbedaan tersebut dimaksudkan agar para pelaksana memahami dalam menerapkan mode penilaian di beberapa SD di kabupaten/kota yang berbeda. Perbedaan menggunakan model mulai dari yang sederhana hingga ke yang kompleks. Sederhana artinya hanya mencantumkan satu nilai untuk mata pelajaran tersebut dan kompleks karena mencantumkan empat nilai, untuk empat kategori kompetensi dalam berbahasa Indonesia, yaitu: mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Penggunaan aneka ragam model penilaian Bahasa Indonesia akan menimbulkan permasalahan karena sistem penilaian memiliki pengaruh kuat terhadap pelaksanaan pembelajaran di kelas. Dikhawatirkan keempat kategori kompetensi Bahasa Indonesia yang telah ditetapkan tidak akan tercapai secara optimal oleh peserta didik, terutama sekolah yang menggunakan model penilaian yang sederhana. Oleh karena itu, model penilaian Bahasa Indonesia yang ideal merupakan model yang kompleks, dengan harapan agar penyampaian informasi tentang prestasi dapat dicapai peserta didik secara rinci dan objektif.

 

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 1587
Downloads : 1492
References
Ambari Sutardi, 1992. Laporan Penelitian Pelaksanaan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan bekerjasama dengan International Development Research Centre (IDRC) di Otawa, Canada.
Damajanti Kusuma Dewi, 2009. Instructional Theory Course. Definisi Pembelajaran. http://instructionaltheorycourse.blogspot.com/2009/02/1_introduction_18.html 4 September 2009 (22 Desember 2009).
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.
_______, 2006. Standar Isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Jakarta
Google, 2003. Define: Lesson Plan. http://www.dynamicflight.com/avcfibook/glossary/ Last Updated on: 15 November 2003 (27 Desember 2009)
Peraturan Pemerintah Nomor 19, Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional-Permendiknas. 2006. Nomor 22, Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, Jakarta
_______,2006. Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.
_______,2006. Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.
_______, 2007. Nomor 20 tentang Standar Penilaian Pendidikan, Jakarta
_______, 2007. Nomor 41 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta
Rachel Bolstad. 2004. School-Based Curriculum Development: Principles, Process, and Practices. http://www.nzcer.org.nz/default.php?products_id=829 (27 Desember 2009)
WIKIPEDIA,2009a. The Free Encyclopedia. Competence (human resources). W http:/en. wikipedia. org/wiki/Competence_(human_resources). This was last modified on 27 November 2009. (28Desember 2009)
_______, 2009b. The Free Encyclopedia. Lesson Plan. W http://en.wikipedia.org/ wiki/Lesson plan. This was last modified on 20 December 2009. (28 Desember 2009).
Yahya Nursidik. 2009. Deskripsi Rancangan Silabus atau Deskripsi Silabus. http://apadefinisinya.blogspot.com 7 Januari 2009 (16 Desember 2009).