Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Kondisi Lima Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Tangerang dan Bandung dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

Nur Listiawati
Submitted
Nov 14, 2016
Published
Jan 10, 2010
PDF
Citation
Listiawati, N. (2010). Kondisi Lima Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Tangerang dan Bandung dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(1), 13–24. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i1.427
Abstract

The paper presents the condition of five Community Reading Places (TBM) in the effort to improve community reading interest. It aims to get data on the history of the establishment, facilities, the management, and networks of those TBM. This study is qualitative in nature with the object of social situation which has three elements; place, actors, and activities. The data collected by observation and interview to the manager or designer of TBM. TBM which was founded purely on community efforts established to improve public reading interest and culture , while the TBM founded on the idea of government, established because of instructions from the government. Organization of activities has already done well by the TBM which was founded purely from the community, whereas activities of the TBM initiated by the government depend on the dedication and motivation of the managers. TBM which was established purely by the community are working hard to build a network with various parties, while the TBM under PKBM network depends on the creativity of the managers. Based on the data, the writer tries to make a conclusion about TBM condition, and give suggestion to improve the quality of TBM including management of organization and programs.

 

ABSTRAK

 

Makalah ini menggambarkan kondisi lima Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Makalah ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang sejarah berdirinya, fasilitas, manajemen dan jaringan TBM tersebut. Studi ini bersifat kualitatif dengan tujuan situasi sosial yang memiliki tiga unsur; tempat, pelaku dan kegiatan. Data yang dikumpulkan melalui pengamatan dan wawancara kepada manajer atau desainer dari TBM. TBM yang didirikan sematamata pada upaya masyarakat yang didirikan untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan budaya, sementara TBM didirikan atas gagasan pemerintah, yang didirikan karena instruksi dari pemerintah. Organisasi kegiatan telah dilakukan baik oleh TBM yang didirikan murni dari masyarakat; sedangkan kegiatan TBM yang diprakarsai oleh pemerintah tergantung pada dedikasi dan motivasi dari manajer. TBM yang didirikan oleh masyarakat murni bekerja keras untuk membangun jaringan dengan berbagai pihak, sementara TBM di bawah jaringan PKBM tergantung pada kreativitas para manajer. Berdasarkan data, penulis mencoba untuk membuat kesimpulan tentang kondisi TBM, dan memberikan saran untuk meningkatkan kualitas manajemen TBM termasuk organisasi dan program.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 1082
Downloads : 1292
References
Alder, Mortimer J & Charles Van Doven. 2007. How to Read a Book, Edisi bahasa Indonesia. PT Indonesia Publishing.
Alquran surat Al-’Alaq [96]: 1-5.
Bell, Judith.1999. Doing Your Research Project: A Guide for First-time Researchers in Education and Social Science. Buckingham: Open University Press.
Departemen Pendidikan Nasional. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Direktorat Pendidikan Masyarakat. 2006a. Profil TBM (Taman Bacaan Masyarakat). Jakarta: Dirjen Pendidikan Luar Sekolah, Depdiknas.
Direktorat Pendidikan Masyarakat. 2006b. Panduan Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat, Dirjen Pendidikan Luar Sekolah, Depdiknas.
Direktorat Pendidikan Masyarakat. 2006c. Profil TBM (Taman Bacaan Masyarakat). Jakarta: Dirjen Pendidikan Luar Sekolah, Depdiknas.
Direktorat PTK-PNF, 2007, http://jugaguru.com/profile/49/Foertsch, M. 1998. A study of reading practices, instruction, and achievement in District 31 schools. Oak Brook, IL: North Central Regional Education Laboratory. Available online: http://www.ncrel.org/sdrs/areas/31abs.htm.
http://hdr.undp.org/hdr2008 /statistics/. Diakses tahun 2007.
(http: //www.puskur.net/inc/mdl/070_Model_PKH.pdf ). Diakses tahun 007.
http://www.comm-org.wisc.edu/../background.htm.
Listiawati, Nur, Karmidah, Daisy I Yasmin, Hertati, Susi K, Sebayang. 2007. Pengembangan Model Life Skills pada PNF: Pengembangan Model 4 Spektrum TBM. Laporan Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Balitbang Depdiknas.
Lidus Yardi, Membangkitkan minat baca, Artikel: Harry Potter, Tony Blair, dan Revolusi Bacaan, http://search. Freefind.com/find. html?id= 98953642&pid=r&t=s&mode=ALL&Query=minat +baca.
Mediratta & Smith. http://www.comm-org.wisc.edu/../background.htm. diakses tanggal 1 Mei 2009.
Quraish Shihab. 2000 (http://media.isnet.org/index.html ) diakses tahun 2007. sbinfocanada. about.com/UU RI No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.
Vision Statement-Vision Statement Definition.http://www. sbinfocanada.about.com/od/bussinessp..., diakses tanggal 29 April 2009.