Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

PROSPEK PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH OPEN-ENDED DI SEKOLAH DASAR DI PROPINSI BALI

I Gusti Putu Sudiarta
Submitted
Nov 11, 2016
Published
Sep 10, 2007
PDF
Citation
Sudiarta, I. G. P. (2007). PROSPEK PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH OPEN-ENDED DI SEKOLAH DASAR DI PROPINSI BALI. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(68), 886–907. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i68.424
Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali pengalaman dan pendapat calon pengguna model pembelajaran yang dikembangkan, dalam hal ini guru SD, tentang prospek pengembangan dan penerapan model pembelajaran berorientasi pemecahan masalah open-ended dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar di Propinsi Bali. Penelitian ini berupa studi lapangan dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan format isian terbuka, di tiga kabupaten sampel di Propinsi Bali, yang dipilih secara purposif dengan kriteria perkembangan daerah, dan melibatkan 72 guru responden dari 36 sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sebagaian besar guru-guru responden (69%-92%) menghadapi kenyataan tentang berbagai masalah yang dihadapi peserta didik mereka dalam pembelajaran matematika, terutama yang terkait dengan rendahnya kemampuan pemecahan masalah, (b) sekitar 89% guru-guru responden menyatakan hanya menggunakan closed­ problem dalam pembelajaran matematika, yang disebabkan karena kekurangan perangkat dan bahan ajar. Temuan lain yang cukup menggembirakan adalah (c) sekitar 67% responden berpendapat bahwa peserta didik mereka memiliki minat dan menyenangi pelajaran matematika. Dari ketiga temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran matematika berorientasi pemecahan masalah open-ended perlu dan mendesak untuk dikembangkan dan diterapkan, dalam rangka mengembangkan kompetensi matematis tingkat tinggi berupa kemampuan berpikir divergen, kritis, dan kreatif.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 610
Downloads : 357
References
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Foong, P. Y. 2000. Using Short Open Ended Mathematics Question to Pro­mote Thinking and Understanding, Singapore: NIE.
Freudenthal, H. 1991. Revisiting mathematics education. Dordrecht: Kluwer A.P.
Hiebert, J. & Carpenter, T.P. 1998. Problem Solving as a Basis for Reform of Curriculum and Instruction: The Case of Mathematics. Educational Research 25(4), 12-21.
Land, S.M. 2000. Cognitive requirements for learning with open-ended learn­ing environments. Etr &D-Educational Technology Research and De­velopment 48:61-78.
Lynch, C. L., Wolcott, S. K., & Huber, G. E. 2001. Tutorial for optimizing and documenting open-ended problem solving skills [On-line]. Available: http://home. apex. net/~leehaven.
Maturana, H.M & Varela,F.J 1984. Der Baum der Erkenntnis: Die bilogischen Wurzeln menschlichen Erkennens. Muenchen: Scherz Verlag.
Parnes, S. J. 1992. Source book for creative problem solving. Buffalo, NY· Creative Education Foundation Press.
Patton, earl V. & David S. Sawichi. 1986. Basic Methods of Policy Analysis and Planning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.
Schoenfeld, A. 1994. What do we know about curriculum?. In: the Journal of Mathematical Behaviour 13, p. 55-80.
Schoenfeld, A. 1997. Learning to think mathematically: Problem solving, metacogniton, and sense making in Mathematics. In: D.A. Grouws(Ed.), Handbook of research on mathematics teaching and learning (pp 334-367), New York: Macmillan.
Shimada, S. & Becker, P., 1997. The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. NY: NCTM.
Soedjadi, R. & Sutarto Hadi, 2004. PMRJ dan KBK dalam Era Otonomi Pendidikan. Buletin PMRJ, Edisi III Januari 2004, hal. 1.
Schroeder, T.L., & Lester, F.K. 1989. Developing understanding in mathemat­ics via problem solving. In PR. Trafton (Ed.), New directions for el­ementary school mathematics (pp. 31-56). Reston:NCTM.
Sternberg, R. J. & Lubart, T. I. 1991. An investment theory of creativity and its development. Human Development, 34, 1-31.
Sudiarta, P 2003a. Impulse der Schule des Konstruktivismus Fuer Neuere Konzepte des Lehrers und Lernens, Aachen: Shaker Verlag Muenchen.
Sudiarta, P. 2003b. Impulse der Schule des Konstruktivismus Fuer Neuere Konzepte des Lehrens und Lernens: Am Beispiel Mathematikunterricht. Dissertation: Uni Osnabrueck, Jerman.
Sudiarta, P. 2003c. Pembangunan Konsep Matematika Melalui "Open-Ended Problem": Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Elisabeth Osnabrueck Jerman, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, IKIP Negeri Singaraja: Edisi Oktober 2003
Sudiarta, P. 2005a. Pengembangan Kompetensi Berpikir Divergen dan Kritis Melalui Pemecahan Masalah Matematika Open-Ended, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, Edisi Mei 2005.
Sudiarta, P. 2005b. Paradigma Baru Pembelajaran Matematika: Refleksi Terhadap Tuntutan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, Edisi Juli 2005.
Sudiarta, P. 2005c. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Pemecahan Masalah Kontekstual Open-Ended, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, Edisi Oktober 2005.