Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

"SEHATI" SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA

Zulkarnaen Syri Lokesywara
Submitted
Nov 11, 2016
Published
Sep 10, 2007
PDF
Citation
Lokesywara, Z. S. (2007). "SEHATI" SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(68), 867–885. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i68.423
Abstract

Pengajaran Sosiologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) ternyata menemui beberapa kendala. Sejumlah persoalan yang dihadapi guru dan siswa antara lain terlalu menekankan kemampuan kognitif, lebih menekankan proses deduktif, substansinya terlalu teoritis dan abstrak, kurang memberi ruang bagi guru dalam mengembangkan materi untuk pendalaman terhadap komponen­ komponen yang dianggap perlu, kurang memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan materi lokal, dan metode pembelajarannya sangat monoton yang didominasi oleh ceramah satu arah. Agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara optimal, dicoba sebuah model dalam proses pembelajaran Sosiologi yang disebut "SEHATI". Penelitian ini dilakukan terhadap 83 siswa kelas III IPS SMAN I Jatinom pada tahun pembelajaran 2005/2006. Dengan model SEHATI, ternyata 91,6 % siswa menyatakan bahwa proses pembelajaran Sosiologi menjadi lebih menyenangkan. Tingkat intensitas keterlibatan semua siswa (100 %) dalam pembelajaran dengan model SEHATI pun termasuk kategori tinggi. Kenyataan tersebut patut disyukuri, karena berdasarkan analisis statistik diketahui terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara intensitas keterlibatan tersebut dengan prestasi belajar siswa. 

Statistics

Downloads

Read Counter : 1952
Downloads : 538
References
Bobbi DePorter, Mark Reardon, Sarah Singer-Nourie. 2002. Quantum Teach­ing Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sosiologi SMA dan MA. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
H.D. Sudjana S. 2005. Metoda & TeknikPembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
lchsan S. Putra danAriyanti Pratiwi. 2005. Sukses dengan Soft Skills. Bandung: Direktorat Pendidikan Institut Teknologi Bandung.
Melvin L. Silberman. 2004. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Penerbit Nusarnedia-Penerbit Nuansa.
Mustaqim. 2004. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Kerjasama Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang-Pustaka Pelajar.
Oemar Hamalik. 2001. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CESA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2004. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.