Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

KESIAPAN BELAJAR MANDIRI GURU SEKOLAH DASAR: STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI PGSD PADA FKIP UNIVERSITAS TERBUKA

Udan Kusmawan
Submitted
Oct 25, 2016
Published
Mar 15, 2017
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Kusmawan, U. (2017). KESIAPAN BELAJAR MANDIRI GURU SEKOLAH DASAR: STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI PGSD PADA FKIP UNIVERSITAS TERBUKA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 279–293. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.406
Abstract

This article aims to analyse elementary school teacher readines to become a self- regulated students and their learning style in open university. The research was conducted in 2015 through descriptive qualitative research method. Respondents were determined through purposive sampling techniques determination, that is, the first semester students at the Study Program of Elementary School Teacher (PGSD). Data were obtained through a questionnaire survey on self-directed learning readiness and learning style which was administered to 279 respondents in Bandung Regional Office (UPBJJ) of Indonesia Open University. As a follow up to the questionnaire survey, Focus Group Discussion (FGD) was conducted to make in-depth analyses on the results of the research gained through the questionnaire survey. FGD focused on the extent of student self-directed learning readiness. The results show that the students in their first semester had a moderate selfdirected learning readiness category. Trough FGD results, it was apparent that the they generally expected direct learning guidances from a tutor in a face to face learning environment throughout their study at the university. The result notified that auditory was the tendency of the student teachers’ learning styles.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan melakukan analisis tentang kesiapan belajar mandiri dan gaya belajar guru yang menjadi mahasiswa di Universitas Terbuka. Penelitian dilakukan tahun 2015 dengan metode deskriptif kualitatif. Responden penelitian ditetapkan melalui teknik penetapan sampel secara purposif, yaitu guru yang menjadi mahasiswa pada semester pertama pada program studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Terbuka (PGSD, FKIP-UT). Data diperoleh melalui survei (kuesioner) yang diberikan kepada 279 mahasiswa guru yang teregistrasi di Unit Program Belajar Jarak Jauh - Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Bandung. Hasil survei kemudian ditindaklanjuti dengan diskusi kelompok terpimpin (Focus Group Discussion - FGD untuk mendalami hasil penelitian yang diperoleh melalui survei. FGD memfokuskan pendalaman pada fasilitasi layanan kesiapan belajar mahasiswa guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian mahasiswa guru berada pada kategori ‘sedang’. Sementara itu, dari aspek gaya belajar, mahasiswa guru memiliki kecenderungan belajar auditori. Hal ini ditegaskan melalui FGD bahwa mereka umumnya masih mengharapkan adanya fasilitasi layanan belajar berupa pembimbingan langsung oleh tutor secara tatap muka selama studi di UT. Temuan tersebut diperkuat adanya kecenderungan gaya belajar mahasiswa guru yang didominasi secara auditori.

 

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 1357
Downloads : 838
References
Boettcher, J. V., & Conrad, R. M. 2011. The Online Teaching Survival Guide: Simple and Practical Pedagogical Tips (2ed.). San Francisco: Jossey Bass.
Budiyasa, I.M. 2013. Pengembangan Bahan Ajar dan Assessment Alternatif Online Mata Pelajaran IPA Tingkat SMP Kelas 8 dengan model Dick and Carey. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (1-12).
Cercone, K. 2008. Characteristics of Adult Learners with Implications for Online Learning Design, Advancement of Computing in Education (AACE) Journal, 16(2), 137-159.
Darmayanti, T. 2008. Efektivitas Intervensi Keterampilan Self-Regulated Learning dan Keteladanan dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 9(2), 68-82.
Darmayanti, T. 2011. Studi Jangka Panjang Tentang Efektivitas Intervensi Psikologis Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 12(1), 1-18.
Fatchurrochman, R. 2011. Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakerin, dan Perencanaan Kompetensi Mata Pelajaran Produktif. INVOTEC, 7(2) 175 –188.
Hannay, M. & Newvine, T. 2006. Perceptions of Distance Learning: A Comparison of Online and Traditional Learning. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 2(1), 1-11.
Huang, Y.F. 2006. E-portfolios Impact Preservice Teachers’ Self-Directed Learning Readiness (SDLR) and Computer Technology Skills (CTS). Tesis. USA: The University of Missouri - St. Louis.
Inayah, R. 2013. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 2(1), 1-12.
Jarvis, P. 2012. Adult Learning in the Social Context. Canada: Roultledge Library Edition in Education.
Jarvis, P. 2005. International Dictionary of Adult and Continuing Education. London: Kogan Page Limited.
Julaeha. Angket Strategi dan Gaya Belajar. http://mahasiswa.ut.ac.id/Kuis-Belajar, diakses 27 Juli 2016.
Kanwar, S. 2013. Book Review: The Online Teaching Survival Guide: Simple and Practical Pedagogical Tips. Journal of Teaching and Learning with Technology, 2(1), 77–80.
Kiswanto, H. 2015. Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Konsep Belajar Mandiri Dengan Tugas Terstruktur pada Mata Pelajaran Teknik Dasar Otomotif (TDO) (PTK Pada Peserta Didik Kelas X TKR 1 SMK KOSGORO 1 SRAGEN Tahun Pelajaran 2014/2015). Thesis, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Knowles, M.S, Holton, E.F., & Swanson, R.A. 2015. The Adult Learners: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development (8rd ed). London: Routladge Taylor & Francis Group.
Kusmawan, U. 2015. Pengembangan Prototype Matakuliah Kesiapan Belajar Mandiri pada Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh. Laporan Penelitian. Universitas Terbuka: Arsip LPPM-UT.
Mbwesa, J.K. 2014. Transactional Distance as a Predictor of Perceived Learner Satisfaction in Distance Learning Courses: A Case Study of Bachelor of Education Arts Program, University of Nairobi, Kenya. Journal of Education and Training Studies, 2(2), 176-188.
Meiriyati, E. 2011. Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Tesis. Lampung: FKIP Universitas Lampung
Monroe, K.S. 2016. The Relationship Between Assessment Methods and Self-Directed Learning Readiness in Medical Education. International Journal of Medical Education, 7,75-80.
Moore, M. G., & Kearsley, G. 2011. Distance Education: A Systems View of Online Learning (3rd ed). Belmont, Calilfornia: Wadsworth Publishing Company.
Nugraheni, E. & Pangaribuan N. 2006. Gaya Belajar dan Strategi Belajar Mandiri Mahasiswa Jarak Jauh: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(1), 68-82.
Putra, A.D., dkk,. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1), 1-10.
Saptawulan, A. 2012. Belajar Biologi yang Menyenangkan dengan Permainan Kuartet dan Pemantapan Konsep Secara Mandiri melalui Blog. Jurnal Pendidikan Penabur, 18(1), 28-35.
Saryono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Simonson, M. & Smaldino, S. 2013. Teaching and Learning at a Distance. Boston: Allyn & Bacon Smith, K.Y. 2006. Early Attrition among First Time eLearners: A Review of Factors that Contribute to Drop-out, Withdrawal and Non-completion Rates of Adult Learners undertaking eLearning Programmes. MERLOT Journal of Online Learning and Teachin,. 2(2), 73-85.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparman, A., & Zuhairi, A. 2004. Pendidikan jarak jauh: Teori dan praktek. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Swan, K. 2016. The Community of Inquiry Framework, Blended Learning, and the i2Flex Classroom Model (Chapter 2). Dalam Avgerinou, M.D. & Gialamas, S.P. Revolutionizing K-12 Blended Learning through the i²Flex Classroom Model. Hershey, USA: IGI Global.
Universitas Terbuka. 2016. UT dalam Angka. http://www.ut.ac.id/ut-dalam-angka, diakses 26 Juli 2016.
Wardhani, D.R. 2016. Pengembangan Mobile Pocketbook Berbasis Android Sebagai Alternatif Media Belajar Mandiri Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Thesis, Surakarta:Universitas Sebelas Maret.