Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

PENGARUH UMPAN BALIK EVALUASI FORMATIF DAN KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Herman Paneo
Submitted
Oct 19, 2016
Published
Jul 10, 2007
PDF
Citation
Paneo, H. (2007). PENGARUH UMPAN BALIK EVALUASI FORMATIF DAN KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(67), 719–754. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i67.394
Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan: (1) hasil belajar matematika yang diberi umpan balik secara kelompok dengan siswa yang diberi umpan balik individual; (2) hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki tipe kepribadian extrovert dengan siswa yang berkepribadian introvert; (3) hasil belajar matematika pada kelompok siswa yang berkepribadian extrovert yang diberi umpan balik secara kelompok dengan siswa yang diberi umpan balik individual; (4) hasil belajar matematika kelompok siswa berkepribadian introvert yang diberi umpan balik secara kelompok dengan siswa yang diberi umpan balik individual; (5) pengaruh interaksi antara pemberian umpan balik evaluasi formatif dan tipe kepribadian siswa terhadap hasil belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan "Facto­rial Group Design" 2x2. Hasil studi: (1) terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika untuk kelompok siswa yang diberi umpan balik kelompok dengan kelompok siswa yang diberi umpan balik in­dividual, (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang memiliki kepribadian extrovert dengan kelompok siswa yang memiliki kepribadian introvert, (3) untuk kelompok siswa yang memiliki kepribadian extrovert dan diberi umpan balik kelompok hasil belajar matematikanya lebih tinggi dari kelompok siswa yang diberi umpan balik individual, (4) untuk kelompok siswa yang memiliki kepribadian introvert dan diberi umpan balik individual hasil belajar matematikanya lebih tinggi dari kelompok siswa yang diberi umpan balik kelompok.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 763
Downloads : 566
References
Bell, F.H. 1978, Teaching and Learning Mathematics in Seccndary School. Iowa: Brown Company.
Black, Paul and Dylan William's. 1999, The Value of Formative Assesment.(http://fairtest.org/sxrnarts/winter99/ k-forma3 .html).
Bloom, Benyamin S. 1979. Taxonomy ofEducational Objectives, Handbook 1, Cognitive Domain London: Longman Inc.
Bryne, Donn. 1966, An Introduction to Personality. Englewood: Prentice Hall, 1966
Cole, Peter G. and Loma Chan. 1994, Teaching Principles and Practice. New York: Prentice-Hall of Australia Pry Ltd.
Depdiknas. 1994. Kurikulum 1994 Mata Pelajaran Matematika SMUIMA. vJakarta: Depdiknas.
Delvin, Keith. The Math Gene, 2000, How Mathematical Thinking Evolved and Why Numbers are Like Gossip. California: Basic Books Publisher.
Dick, Walter and Robert Reiser. 1988, Planning Ejective Instruction. Boston: Allyn and Bacon.
Dick, Walter and Lou Carey. 1990, A Systematic Design of Instruction. New York: Harper Collins Publishers.
Ernest Paul. 1991, The Philosophy of Mathe-matics Education. New York: Falrner Press.
Eysenck, H. J., 1994, Trait Theories of Personality. "Companion Encyclope­dia of Psychology, ed. Andrew M Colman. London: Routledge.
Gagne, Robert M. 1977, The Conditions of Learning. New York: Holt, Rinehart and Winston.
------, 1975, Essential of Learning/or Instruction. Illionis: Rinehart and Winston, Inc.
------, 1979, Principles of lnstructionan Design. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Good, Thomas L. and Jere E. Brophy. 1990, Educational Psychology. New York: Longman.
Gronlund, Norman. 1993. Constructing Achievement Test. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Hall, Calvin S. & Gardner Linzey. 1998, Theories of Personality. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Higgins, John L. 1973, Mathematics Teaching and Learning. Worthington: Ohio.
Hjelle, Larry A. dan Daniel J. Ziegler. 1992, Personality Theories, Basic As­sumptions, Research, and Aplication. New York: McGraw-Hill.
Hopkins, Charles D and Richard I Antes. 1990. Classroom Measurement and Evaluation. Illions: Peacoek Publishers, Inc.
Killen Roy. 1998, Effective Teaching Strategies, Lessons from research and Practice. Socials Sciences Press.
Kulhavy and Stock, 2002, Abstract, (http://www.cciunl.edu/Edit/MB/Mason Bruning.html).
Lanyon, Richard. 1997, I and leonard Goodstain. Personality Assesment. New York: John Wiley & Sons.
Lie, Anita. 2002, Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Pervin, Lawrence A. and Oliver P. John. 1997, Personality: Theory and Re­search. New York: J. Wiley.
Piaget Jean. 2003, Genentic Epistemology. (http://tip.psychology.org./piaget.html).
Reigeluth, Charles M. 1999. Instructional Design Theories and Models. Lon­don: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Romiszowski, A.J. 1986, Developing Auto Instructional Materials.New York: Nichols Publishing Com.
Sales. 1993, Interactive Instruction and Feedback. New Jersey: Englewood Cliffs.
Schmuck A. Richard and Schmuck Patricia, 1983, Group Processes in Class­room. Dubeque, Iowa: Brown Company Publishers
Slavin, Robert. E. 1988. Educational Psychology Theory into Practice-Hall.
Tessmer, Martin. 1995, Planning and Conducting Formative Evaluation. London: Kogan Page Limited