Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Literasi Baca Siswa Indonesia Menurut Jenis Kelamin, Growth Mindset, dan Jenjang Pendidikan: Survei PISA

Dyah Ayu Kartika Sari
Ezra Putranda Setiawan
Submitted
Mar 24, 2023
Published
Jun 26, 2023
PDF
Citation
Sari, D. A. K., & Setiawan, E. P. (2023). Literasi Baca Siswa Indonesia Menurut Jenis Kelamin, Growth Mindset, dan Jenjang Pendidikan: Survei PISA . Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3873
Abstract

Membaca merupakan salah satu kemampuan esensial dan dipelajari dalam pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam hasil tes Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 pada siswa di Indonesia, khususnya terkait aspek kognitif literasi baca yang terdiri dari kemampuan menemukan informasi dalam bacaan, kemampuan memahami bacaan, serta kemampuan melakukan evaluasi dan refleksi atas bacaan. Terdapat tiga prediktor yang digunakan, yakni jenjang pendidikan siswa, jenis kelamin siswa, serta growth mindset. Subjek penelitian kuantitatif ini adalah 12.098 siswa Indonesia yang menjadi peserta tes dan survei PISA 2018. Diperoleh informasi bahwa terjadi interaksi yang kuat antara jenis kelamin dan growth mindset serta antara jenjang pendidikan dan jenis kelamin terhadap literasi baca siswa. Secara umum dapat disimpulkan bahwa siswa laki-laki pada jenjang yang lebih tinggi dengan growth mindset memiliki literasi baca yang lebih baik. Oleh karena itu, upaya intervensi untuk meningkatkan literasi baca pada siswa perlu mempertimbangkan peningkatan growth mindset sebagai pengganti fixed mindset.

Keywords
literasi baca kognitif PISA growth mindset
Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 5807
Downloads : 7026
References
Ambarita, R.S., Wulan, N.S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahamanpada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336-2344.
Andersen, S. C., & Nielsen, H. S. (2016). Reading intervention with a growth mindset approach improves children’s skills. Proceedings of the National Academy of Sciences, 113(43), 12111-12113.
Andriani, N., Saparini, S., & Akhsan, H. (2018). Kemampuan literasi sains fisika siswa SMP kelas VII di Sumatera Selatan menggunakan kerangka PISA (Program for International Student Assesment). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 278-291
Atmazaki, A., Ali, N. B. V., Muldian, W., Miftahussururi, M., Hanifah, N., Nento, M. N., & Akbari, Q.S. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Basuki, I.A.B. (2011). Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD berdasarkan tes internasional dan tes lokal. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 39(2), 202-212.
Bailey, P., Emad, A., Huo, H., Lee, M., Liao, Y., Lishinski, A., ... & Bailey, M. P. (2021). Package ‘EdSurvey’. (https://cran.r-project.org/web/packages/EdSurvey/index.html, diakses pada Maret 2022).
Bernardo, A.B. (2022). Growth mindset and reading proficiency of ESL learners: examining the role of students’ socioeconomic status using PISA 2018 Philippine data. European Journal of Psychology of Education, 1-19. doi.org/10.1007/s10212-022-00629-6
Bettinger, E., Ludvigsen, S., Rege, M., Solli, I. F., & Yeager, D. (2018). Increasing perseverance in math: Evidence from a field experiment in Norway. Journal of Economic Behavior & Organization, 146, 1-15. doi.org/10.1016/j.jebo.2017.11.032
Burnette, J.L., Billingsley, J., Banks, G.C., Knouse, L.E., Hoyt, C.L., Pollack, J.M., & Simon, S. (2022). A systematic review and meta-analysis of growth mindset interventions: For whom, how, and why might such interventions work?. Psychological Bulletin. doi:10.1037/bul0000368.
Cho, E., Kim, E.H., Ju, U., Lee, G.A. (2021). Motivational predictors of reading comprehension in middle school: Role of self-efficacy and growth mindsets. Reading and Writing 34, 2337–2355. doi.org/10.1007/s11145-021-10146-5
Donohoe, C., Topping, K., & Hannah, E. (2012). The impact of an online intervention (Brainology) on the mindset and resiliency of secondary school pupils: a preliminary mixed methods study. Educational Psychology, 32(5), 641-655.
Dweck, C. S. (2006). Mindset: The new psychology of success. Random House.
Fatonah, K. & Wiradharma, G. (2018). Pemetaan genre teks Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 (revisi) jenjang SMA. Working Paper. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Harsiati, T. (2018). Karakteristik soal literasi membaca pada program PISA. Jurnal Litera, 17(1), 90-106. doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048
Hartono, Y. (2016). Pendidikan Dan Kebijakan Politik (Kajian Reformasi Pendidikan Di Indonesia Masa Orde Lama Hingga Reformasi). Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 6(01), 35-45.
Hidayah, R. (2011). Profil kemampuan membaca siswa kelas 5 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) ditinjau dari jenis sekolah dan jenis kelamin. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 4(1), 1-8.
Kartianom, K. & Ndayizeye, O. (2017) What’s wrong with the Asian and African students’ mathematics learning achievement? The multilevel PISA 2015 data analysis for Indonesia, Japan, and Algeria Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 200-210. doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.16931
Kismiantini., Setiawan, E.P., Pierewan, A.C., & Montesinos-López, O.A. (2021). Growth Mindset, School Context, and Mathematics Achievement in Indonesia: A Multilevel Model. Journal on Mathematics Education, 12(2), 279-294. doi.org/10.22342/jme.12.2.13690.279-294
Liestari, S.P., & Muhardis, N.F.N. (2020). Kemampuan literasi membaca siswa Indonesia (Berdasarkan hasil UN dan PISA). Indonesian Journal of Educational Assessment, 3(1),24-31.
Muliawanti, S.F., Amalian, A.R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860-869.
Nasriadi, A., & Sari, I.K. (2017). Kemampuan siswa memecahkan soal setara PISA konteks pekerjaan: Studi pengembangan soal PISA konten change and relationship. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 223-238.
O’Keefe, P.A., Lee, H.Y., & Chen, P. (2021). Changing Students’ Beliefs About Learning Can Unveil Their Potential. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 8(1), 84-91.
OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 Results Country note: Indonesia (Paris: OECD Publishing).
Pusat Penilaian Pendidikan. (2019) Laporan hasil Ujian Nasional. Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Perbukuan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jakarta: Badan Penelitian, Pengembangan, dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusat Penelitian Kebijakan (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Risalah Kebijakan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Rintaningrum, R. (2019). Explaining the important contribution of reading literacy to the country’s generations: Indonesian’s perspectives. Journal of Turkish Science Education, 11(1), 3-23.
Sari, P.A.P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141-152.
Sarika, R. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SD Negeri 1 Sukagalih. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 49-56.
Suryaman, M. (2015). Analisis hasil belajar peserta didik dalam literasi membaca melalui studi internasional (PIRLS) 2011. Litera, 14(1), 170-186.
Tantri, A. A. S. (2017). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acarya Pustaka: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 1-29.
Tiarina, Y., Wahyuni, S., Fitri, D., Sakinah, N., & Afif, A.F. (2022). PISA Reading Literacy: Encountering Female and Male’ Reading Literacy Ability. English Review: Journal of English Education, 10(2), 593-602.
Thien, L.M., Darmawan, I.G.N., & Ong, M.Y. (2015). Affective characteristics and mathematics performance in Indonesia, Malaysia, and Thailand: what can PISA 2012 data tell us?. Large-scale Assessments in Education, 3(1), 1-16. doi.org/10.1186/s40536-015-0013-z
Walpole, R.E. (2013). Probability and Statistics for Scientist and Engineers. 7th ed. New York: Wiley.
Yasinta, I.N., Hamsa, A., Usman. (2022). The Ninth Graders’ PISA-based Reading Literacy Competence. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 7(1), 12-29. doi.org/10.22216/curricula.v7i1.919
Zaim, M., Refnaldi, R., Zainil, Y., & Ramadhani, F. (2021). PISA reading literacy assessment and senior high school reading literacy assessments: How do they differ? International Journal of Research in Counseling and Education, 5(1), 72-78