Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD KOTA BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN

Darmiyati Darmiyati
Submitted
Oct 12, 2016
Published
Jul 10, 2007
PDF
Citation
Darmiyati, D. (2007). IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD KOTA BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(67), 509–531. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i67.376
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memverifikasi apakah pelaksanaan asesmen diagnostik melalui penilaian tes, non tes, dan remedial dapat meningkatkan hasil belajar matematika di Sekolah Dasra (SD). Penelitian ini dilaksanakan di kelas 3 SDN 04 Banjarbaru Utara 4, dengan jumlah sampel 34 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dibantu oleh tiga orang kolaborator yang mengikuti langkah-Iangkah pra observasi, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan rejleksi. Penelitian ini dilaksanakan empat siklus, subjek penelitian ini guru dan siswa, data dikumpulkan melalui tes, kuesioner sikap, observasi perilaku siswa, dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah setiap topik pembelajaran diberikan asesmen diagnostik, berupa pemberian tes, remedial, dan non tes berupa kuesioner sikap siswa, observasi perilaku siswa mengikuti pembelajaran matematika.

Keywords
asesmen diagnostik remedial sikap siswa perilaku siswa hasil belajar matematika.
Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 6503
Downloads : 1979
References
Aiken, Lewis R.1997. Psychological Testing and Assesment. London: A. Viacom Company.
Anghileri, Julia. 1995. Childrens Mathematical Thinking in the Primary Years. London: Cassell, Wellinn Mouse.
Anonim. 1996/1997. Materi Pokok Pembelajaran Terpadu, Jakarta:Depdikbud.
Bell Gradler Margaret E. 1994. Be/ajar dan Membelajarkan, Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Bredekamp Sue. 1987. Developmentaly Appre Priate Approoach In Early Children Program Serving Children Prom Birth Through Age 8. Naeyc : Publishing Inc.
Bell. Frederick H. 1981. Teaching and Learning Mathematics in Scondery School. New York: Printed in the United States of Amerika.
Carnoy, Martin. 1995. International Economies of Education, USA: ELS Eversains LTD.
Collin, Gillian and Dixson, Hazel. 1991. Integrated Learning Planned Cur­riculum. New Yersy: Unit Gosford Book Sheif Publishing.
Crutchfield D. Krech, R. S., and Ballachey, E. L. 1988. Individual in Sociaty. Tokyo: McCraw-Hill Book Company.
Davies Ivor K. 1971. The Management Of Leaming London: Mc Graw Hill Book Company Lemited
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam lnteraksi Edukatif. Jakarta: Renika Cipta.
Ebel, Rabbet L. 1979. Essentials of Educational Measurement. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Edward Anne, Kninght Peter. 1994. Ejfektif Early Yeary Education. Hongkong: Grathicraff.
Ecclestone, Kethryn. 1996. How To Assess The Vocational Curriculum. Lon­don: Kogan Page.
Feldman, Robbert S. 1989. Essentials of Understanding Psychology. New York: McCraw-Hill Book Company.
Fisbein Marten and Ajzen, leer. 1997. Belief Attitude Intention & Behavior, London: Addison Wesley Publishing.
Fogarty, Robbin. 1991. The Mindful School How to Integrated the Curricula. Amerika: Publishing Palatine, Lilinois.
Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Gronlund, 1990, Measurment And Evaluation in teaching: New York : Mac Milian Publishing Co.
Higgens, John L. I 983. Mathematics Teaching and Learning. Worthington, Ohio: Charles A Jones Pub., Co.
Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
Hudoyo, Herman. 1998. Pengembangan Kurikulum Matematika, Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.. Malang: IKIP Malang.
Kurikulum Pendidikan Dasar, Landasan Program dan Pengembangan. 1994. Jakarta : Depdikbud.
Laporan Pelaksanaan Ebtanas Sd/Mi. 2000, Nilai Rata-rata Ebtanas Rayon Benjarbaru, Banjarbaru: Kanwil Depdiknas.
L Linn, Robbert, Gronlund Norman, E. I 99 5. Measurement And Assesment in Teaching. New Jersy: Prentice Hall. Inc.
McKeachie. 1994. Teaching Tips America. D.C.: Health and Company.
Mullis, L Marten, M Gonzales, E Gregory, K Garden, R. O. Connor, K. 2000. TIMSS-R 1999 Internasional Mathematics Report, Beston : Lynch School Of Education.
Nitko Antony J. I 996. Educational Assesment a Student. New Yersy: Prentice Hall Inc.
Pusat Penilaian Pendidikan. 2003. Kemampuan Dasar Hidup, Jakarta: Puspen Diknas.
Romiszowski, A .. J. I 98 I. Designing lntructional System. New York: Kogan Page.
Ruseffendi, E.T. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CESA. Bandung: Tarsito.
Syamsudin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosda Karya Undang-undang RI No 20, 2003 Sistem Pendidikan Nasional Bandung : Citra Umbara
Tessmer, Martin. I 995. Planing and Contructing Formatif Evaluation, Lon­don: Biddes LTD, Guildford and Kings Lys.
Usman. Moh Uzer., Setiawati Lilis. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar .Bandung: Remaja Rosda Karya .