Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

TIPE PENILAIAN DAN PROSES PEMBAKUAN PEDOMAN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN MUSIK

Sri Hermawati Dwi Arini
Submitted
Sep 29, 2016
Published
May 15, 2007
PDF
Citation
Arini, S. H. D. (2007). TIPE PENILAIAN DAN PROSES PEMBAKUAN PEDOMAN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN MUSIK. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66), 437–451. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.361
Abstract

Tulisan ini ditujukan kepada para pendidik seni mulai menggunakan pedoman penilaian yang mengacu pada kaidah ilmu pengetahuan untuk mengeliminir faktor subyektivitas dan karakter seni, khususnya musik membutuhkan tipe-tipe penilaian yang sesuai. Oleh karena itu, penskoran, penilaian dan pelaporan hasil tes harus dilakukan dengan prosedur yang benar. Berdasarkan need assess­ment perlu dibenahi implementasi oleh para pendidik.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 431
Downloads : 641
References
Brown Frederick G. 1983. Principles of education and psychological testing. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Dick, Walter & Lou Carey. 1990. The systematic design of instruction. Third edition, Florida: Harper Collins Publishers.
Djaali dan Pudji Muljono. 2004. Edisi Revisi Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Gene, Hall & Jones. 1976. Competence based. education. a process for the improvement of education. New Jersey: Englewood Cliffs Inc.
Gronlund, Norman E. 1993. How to make achievement test and assessment. Fifth edition. Boston, London, Toronto, Sydney, Tokyo, Singapore: Allyn and Bacon.
Guilord, J.P. 1959. Psychometric Methods. New York, Toronto, London: McGraw Hill.
Harrow, Anita J. 1972. A Taxonomy of the Psychomotor Domain. A. Guide for Developing Behavioral Objectives. New York and London: Longman.
Karim, Suud. Makalah Konsep kurikulum berbasis kompetensi dalam semi­nar kurikulum berbasis kompetensi. Jurusan Seni Rupa FBS Universi­tas Negeri Jakarta, Jum'at 18 Juli 2003.
Linn, Robert L & Norman E. Gronlund. 1995. Measurement and assessment in teaching. USA: Prentice Hall Inc.
Muchlis, Joseph: 1963. The enjoyment of music an introduction to perceptive listening. New York: W.W. Norton & Company Inc.
Marzoeki, Latifah Kodijat, 2002. Penuntun mengajar piano. Edisi revisi. Jakarta: Djambatan.
Nitko, Anthony J. 1996. Educational assessment of students. Second edition. New Jersey, Colombus, Ohio: Englewood Cliffs.
Nunnaly Jum C. 1978. Psychometric theory. New York: Mc Graw Hill Book Company.
Prewitt, Bobby Ward dan Kathleer A. Buler. 1993. Learning styles and perfor­mance assessment. Australia: Hawker Brownlow.
Soewono, Johanna. 1992. Pendidikan berbasis kompetensi (PBK). Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.
Thorndike, R.L. and Elizabeth Hagen, 1955. Measurement and Evaluation in Psychology, and Education. New York: John Willey & Sons. Inc.