Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

PENGARUH PEMBERIAN EVALUASI ULANGAN HARIAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA TINGKAT SMP KABUPATEN MAROS

Muhammad Asdam
Submitted
Sep 29, 2016
Published
May 15, 2007
PDF
Citation
Asdam, M. (2007). PENGARUH PEMBERIAN EVALUASI ULANGAN HARIAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA TINGKAT SMP KABUPATEN MAROS. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66), 452–468. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.360
Abstract

Pengaruh pemberian evaluasi ulangan harian terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia pada tingkat SMP merupakan hal yang penting dikaji. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian ulangan harian terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia pada siswa tingkat SMP di Kabupaten Maros. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian evaluasi ulangan harian berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa tingkat SMP di Kabupaten Maros. Hal ini dapat tercermin pada prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa yang selalu diberikan ulangan harian. Peningkatan prestasi yang dicapai ditopang motivasi belajar yang memadai. 0leh karena itu, guru diharapkan membiasakan memberikan evaluasi ulangan harian, mengoreksi secara tepat, dan mengembalikan kepada peserta didik tepat pada waktunya.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 1360
Downloads : 970
References
Abdullah, Ambo Enre. 1980. Pokok-pokok Layanan Bimbingan Belajar. Ujung Pandang: FIP IKIP Ujung Pandang.
Ahad, Daund. 1985. Pengantar Evaluasi. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Ahmadi,Abu dan Supriono, Widodo. 1989. Psikologi Belajar. Jakarta: Rine Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan PraktekJakarta: Rineka Cipta.
Manrihu, M. Tayeb. 1978. Azas-azas Evaluasi Hasil Belajar. Ujungpandang Lembaga Tes dan Pengukuran IKIP Ujungpandang.
Mappa, Syamsu. 1977. Psikologi Pendidikan. Ujungpandang: FIP IKL Ujungpandang.
Nurkancana, Wayan dan Sumartana, P.P.N. 1986. Evaluasi Pendidikan er.· fl .
.'.').1:ll'ab~ya: Usaha Nasional.
Rusli, Ratna Sajekti. 1989. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan. Jakarta,
Proyek Pengembangan dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikaz,
Sardiman, A.M. 1986. lnteraksi dan Motivasi Be/ajar Mengajar (Pedo
bagi Guru dan Ca/on Guru). Jakarta: Rajawali.
Suryabrata, Sumadi. 1990. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan (Makal.
Penataran Penu/isan Soal Tes Prestasi Be/ajar. Jakarta: Depdikbud.
Winkel, W.S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Be/ajar. Jakarta
Gramedia Pustaka Utama.