Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Aplikasi Analisis (Path Analysis) Berdasarkan Urutan Penempatan Variabel Dalam Penelitian

Sudaryono --
Submitted
Oct 30, 2013
Published
Jul 1, 2011
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
--, S. (2011). Aplikasi Analisis (Path Analysis) Berdasarkan Urutan Penempatan Variabel Dalam Penelitian. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 391–403. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.36
Abstract

In quantitative research there is a method called path analysis that examines chronological cause and effect among variables. Since cause and effect play an important role guideline in which the analysis is applied, showing the path analysis components with applied corelation analysis among variables based on their chronological effect would give description how important the path analysis is to be acknowledged by reserachers. It’s objective is to examine direct and indirect effect a set of variables, as the cause variables towards other variables as the effect variables. The purpose this article is to enrich research methods that may be used to analysis the relation patern among the variables. Problem formulation of this article focuses on the question is path analysis effective for educational research and can it answer issues in educational research. Literature reviews and researchs using path analysis reveal that it is very effective and needs to be developed in educational research.

 

ABSTRAK

Dalam suatu penelitian kuantitatif, suatu metode yang mengkaji urutan sebab akibat antara sejumlah variabel dalam suatu model penelitian disebut metode path analysis(analisis jalur).
Dikarenakan pemikiran sebab akibat memainkan peranan atau aturan yang sangat penting di mana path analysistersebut diaplikasikan, maka dengan menampilkan unsur-unsur path analysisdengan menerapkan analisis korelasi di antara sesama variabel berdasarkan urutan pengaruhnya, akan memberikan gambaran betapa pentingnya analisis jalur ini untuk diketahui oleh peneliti. Tujuan analisis jalur adalah menerangkan akibat langsung dan tidak langsung seperangkat variabel, sebagai variabel penyebab, terhadap variabel lainnya yang merupakan variabel akibat. Selain itu tujuan penulisan ini adalah untuk menambah khasanah modelmodel penelitian yang dapat digunakan untuk menganalisis pola hubungan antar variabel.
Rumusan masalah dalam tulisan memusatkan perhatian apakah analisis jalur sangat efektif digunakan dalam penelitian pendidikan dan menjawab pertanyaan permasalahan penelitian dengan baik. Hasil penelusuran literatur dan contoh-contoh penelitian yang menggunakan analisis jalur menunjukkan bahwa analisis jalur sangat efektif dan perlu dikembangkan dalam penelitian pendidikan.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 3709
Downloads : 19657
References
Agung, Iskandar, dan Gatot Subroto. 2010. “Peran Faktor Non-Ekonomis dalam Penyelenggaraan Pendidikan”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 16. Nomor. 2. Maret 2010.
Asmin, 2002. “Penerapan Path Analysis Menurut Penempatan Urutan Variabel dalam Penelitian, Presisi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan,Vol.1. no. 2. Maret 2002, Jakarta: Program Studi PEP UNJ.
Abdurahman, Maman, Sambas Ali Muhidin, dan Ating Somantri. 2011. Dasar-Dasar Metode Statistika untuk Penelitian, Bandung: Pustaka Setia.
Goldstein, D. F. 1985. Multivariat Statistics Methods, Tokyo: McGraw Hill Kogakusha Ltd.
Hasan, Zaini, 2002. Pengantar Analisis Hubungan Kausal (Analisis Jalur), Malang: Pusat Penelitian IKIP Malang.
Jacques Tacg, 1997. Multivariate Analysis Techniques in Social Science Research From Problem to Analysis, London: Sage Publication.
Kerlinger, Fred. N. 2003. Asas-asas Penelitian Behavioral. Terj. Landung R Simatupang, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Kusnendi, 2005. Analisis Jalur: Konsep dan Aplikasi Dengan Program SPSS & LISREL 8, Bandung: Badan Penerbit Pendidikan Ekonomi UPI.
Kustoro, Bambang D. 2010. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Kerja Terhadap Efektivitas Organisasi”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 16. No. 3, Mei 2010.
Maruyama, Geofrey M. 1998. Basic of Structural Equation Modeling, New Jersey: Sage Publication, Inc.
Muhidin, Sambas A, dan Maman Abdurahman. 2009. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian, Bandung: Pustaka Setia.
Pedhazur. J. Elazar, 1982. Multiple Regression in Behavioral Research. New York: Hott. Rinehart and Winston.
Riduwan, Kuncoro. E.A, 2007. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis), Bandung: Alfabeta.
Sri Sularso, 2003. Buku Pelengkap Metode Penelitian Akuntansi: Suatu Pendekatan Replikasi, Yogyakarta: BPFE.
Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Pengembangan, Bandung: Alfabeta.
Supranto, J. 2004. Analisis Multivariat: Arti dan Interpretasi, Jakarta: Rineka Cipta.
Winarsunu, T, 2003. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.