Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

IMPLEMENTASI TUTORIAL TATAP MUKA RANCANGAN KHUSUS BAGI MAHASISWA PROGRAM S1 PGSD FKIP UNIVERSITAS TERBUKA

Asnah Said
Prayekti Prayekti
Submitted
Sep 29, 2016
Published
May 15, 2007
PDF
Citation
Said, A., & Prayekti, P. (2007). IMPLEMENTASI TUTORIAL TATAP MUKA RANCANGAN KHUSUS BAGI MAHASISWA PROGRAM S1 PGSD FKIP UNIVERSITAS TERBUKA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66), 418–436. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.359
Abstract

Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui manfaat bantuan belajar Tutorial Tatap Muka Rancangan Khusus (TTMRK) terhadap prestasi belajar mahasiswa program S1 PGSD FKJP-UT Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tugas-tugas tutorial memberikan kontribusi kelulusan mata kuliah sebanyak 30 % termasuk di dalamnya partisipasi kehadiran mahasiswa dalam tutorial. Hal ini mencerminkan bahwa pelaksanaan TTMRK telah berjalan dengan baik meskipun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki atau disempurnakan. 0leh karena itu, disarankan agar rekrutmen tutor harus lebih selektif lagi, selain memiliki kemampuan akademik sesuai dengan mata kuliah yang ditutorialkan juga harus memiliki kemauan dan komitmen yang tinggi untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi mata kuliah. Di samping itu tutor harus dapat berperan sebagai pembimbing dan penasihat mahasiswa, tutor harus siap mendengarkan keluhan mahasiswa dan memberikan alternatif solusi untuk mengatasinya sehingga mahasiswa merasa memiliki teman yang dapat memberikan kekuatan pada saat mengalami kesulitan. Dengan memberikan bantuan belajar melalui TTMRK maka prestasi belajar mahasiswa semakin meningkat sehingga kegiatan TTMRK bermanfaat bagi mahasiswa khususnya dan bagi pengelola Program 
S1 PGSD. 

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 335
Downloads : 353
References
Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Pedoman Tutorial bagi Tutor Program DII PGTK FKIP-Universitas Terbuka. Edisi kedua.
____ , 2005. Laporan Rapat Kordinasi Nasional Ditjen Dikdasmen-Uni­versitas Terbuka.
____ , 2005. Pedoman Penyiapan dan Pembinaan Tutor Program S1 PGSD FKIP-Universitas Terbuka.
____ , 2005. Pedoman Pengelolaan SJ PGSD FKJP- Universitas Terbuka.
Kellog, W.K. (2001) Logic Model Development Guide. One East Michigan Avenue East Battle Creek.
Moore. M.G. 1973. Toward a Theory of Independent Learning and Teaching Journal of Higher Education, 44, 66- 79. Ohio State University Press.
Suparman, Adan Aminudin Zuhairi, 2004. Pusat Penerbitan UT Pendidikan Jarak Jauh Teori dan Praktik.