Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA SEPANJANG SEJARAH (SUATU TINJAUAN KRITIS FILOSOFIS)

Anzar Abdullah
Submitted
Sep 29, 2016
Published
May 15, 2007
PDF
Citation
Abdullah, A. (2007). KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA SEPANJANG SEJARAH (SUATU TINJAUAN KRITIS FILOSOFIS). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66), 340–361. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.354
Abstract

Perjalanan praktek dan refleksi pendidikan selama 60 tahun Indonesia merdeka; dalam rekaman sejarah tidak mengalami kemajuan yang berarti, bahkan boleh dikatakan lemah dalam visi dan misi global. Selama Indonesia merdeka, yang terjadi dalam dunia pendidikan di Republik ini, hanyalah pergantian kurikulum dan uji­ coba kurikulum, sesuai dengan kepentingan politik penguasa. Padahal yang seharusnya menjadi perhatian pemerintah dalam proses pendidikan, bukan terletak pada bongkar pasang kurikulum, tetapi adalah: menjadikan sektor pendidikan menjadi pilar utama pembangunan nasional untuk mengejar ketertinggalan bangsa In­donesia dalam mengikuti kompetisi global. Tulisan ini membahas tentang bagaimana sejarah perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia dalam prakteknya; bagaimana kurikulum pendidikan menjadi bagian dari kepentingan politik birokrasi; serta bagaimana guru dan sekolah menyikapi setiap perubahan dan pergantian kurikulum.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 24586
Downloads : 10576
References
Abduhzenn, Muhammad. Kurikulum Hanya Acuan Awal, Kompas, 28 Februari 2006.
Arifin. Guru Jangan Jkut Terombang Ambing, Kompas, 21 Februari 2006.
Boediono dan Ella Yulaelawati. Penyusunan Kurikulum Berbasis Kemampuan Dasar: Dasar Pemikiran, Jumal Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi Oktober 1999, Tahun ke-5, No. 019, Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Depdikbud.
Driana, Elin. Ujian Nasional dan Perubahan Kurikulum, Kompas, 24 Juli 2006.
Drost, J. Potret Pendidikan di Indonesia dan Peran Guru Swasta, Kompas 2 Juli 2002.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1989. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdikbud, Jakarta
___ , 1990, Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah, Depdikbud, Jakarta.
___ , 1988, Rapat Koordinasi Nasional Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
___ , 1989, Rapat Koordinasi Nasional Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Edisi Juni 2002, Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdikbud.
___ , 1993. Kurikulum 1994 Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Seri Kebijaksanaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, K.93. Jakarta: Depdikbud.
___ ,, 2003, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas, Jakarta.
Ibrahim, M. Djamil. Perspektif Transparansi Global dalam Kurikulum, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi Oktober 1999, Tahun ke-5, No. 019, Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Imam Santoso, Slamet. 1995. Kualitas dan Efisiensi dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan, Edisi Khusus Nomor 2 Tahun XV.
Keputusan MPRS No II/MPRS/1960 tentang Manusia Sosialis Indonesia.
Keputusan Presiden Nomor 14 Tahun 1965 Tentang Rumusan Induk Sistem Pendidikan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 1965 Tentang Pokok-Pokok Sistem Pendidikan Nasional Pancasila.
Ketetapan MPRS No XXVII/MPRS/1966, Tentang Tujuan Pendidikan Nasional Malna, Afrizal. Kenapa Manusia Tidak Berjalan Mundur, Kompas, 5 Agustus 2005.
Nasrullah, Nara. Ubah Paradigma Mengajar Guru, Kompas, 24 Februari 2006.
Nyoman, S. Degeng, Indikator Guru Profesional dan Kompeten, Makalah Seminar Pendidikan Nasional pada tanggal 16 Juli 2006 diselenggarakan oleh Program UPP PGSD dengan Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi.