Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KAJIAN YURIDIS DAN KONSEPTUAL

Herry Widyastono
Submitted
Sep 29, 2016
Published
May 15, 2016
PDF
Citation
Widyastono, H. (2016). KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KAJIAN YURIDIS DAN KONSEPTUAL. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66), 325–339. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.353
Abstract

Terdapat sejumlah kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yang dianggap kontroversial oleh sebagian masyarakat; ada yang pro, ada pula yang kontra. Kebijakan tersebut antara lain mengenai pergantian kurikulum. Yang kontra beranggapan bahwa setiap ganti menteri ganti pula kurikulum; misalnya, Kurikulum 2004 belum dipahami sepenuhnya, sudah diganti dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pemberlakuan KTSP merupakan pelaksanaan dari amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan; serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar lsi (SJ), Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI & SKL untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Selain itu, pemberlakuan KTSP juga merupakan penerapan dari berbagai teori pengembangan kurikulum. KTSP, ditinjau dari model kurikulum, merupakan penerapan model kurikulum berbasis kompetensi; ditinjau dari model pengelolaan pengembangan kurikulum, merupakan penerapan model pengelolaan pengembangan kurikulum oleh satuan pendidikan; ditinjau dari model implementasi kurikulum, merupakan penerapan gabungan model implementasi kurikulum mutual adap­tive dan enachment.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 4088
Downloads : 3319
References
Arismunandar, Wiranto. 1996. Sistem Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Dalam Era Globalisasi: Pengalaman dan Pemikiran di Institut Teknologi Bandung. Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan, Balitbang Depdikbud.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Hasan, Hamid. 2000. Kurikulum Masa Depan. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Lapp, Dianne, John Bende, & Ellen wood. 1975. Teaching and Learning:Philosophical, Psychological, Curricular Application. New York: MacMillan Pub. Co. Inc.
Majelis Permusyarawatan Rakyat Republik Indonesia. 1999. Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor IV/MPR/1999 tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara Tahun 1999 - 2004.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Savitri. 2007. Kurikulum Highschope: Paper Seminar Kajian Mata Pelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Seller, W. and Miller, J.P. 1985. Curriculum: Perspective and Practice. New York and London: Longman.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Landasan Teori dan Inovasi dalam KTSP: Teori, Inovasi, dan Operasionalisasi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Widyastono, Herry. 1998. Kurikulum Pendidikan Tinggi: Kajian Yuridis, Konseptual, dan Empiris. Jakarta: Program Pascasarjana IKIP Jakarta.
Widyastono, Herry. 1991. Professional Leadership Course. London: University of London.