Penelitian ini membahas tentang peranan foto dalam menlngkatkan kemampuan mahasiswa calon guru fisika sekolah menengah dalam membuat media pembelajaran fisika yang kontekstual. Masalah penelitian adalah apakah foto yang memuat gambar kejadian riil tentang hasil aplikasi fisika, peristiwa alam, dan sejenisnya dapat difungsikan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa calon guru fisika dalam membuat media pembelajaran Fisika sekolah menengah yang kontekstual? Penelitlan ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian adalah pada perkuliahan Media Pembelajaran Fisika di Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan PM/PA FKJP Universitas Jember semester genap tahun 2004/2005. Subyek penelitian adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah Media Pembelajaran saat ltu di program studi yang sama. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan alat pengumpulan data berupa catatan lapangan dan daftar cek. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif dan dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Joto dapat digunakan untuk meningkat kan kemampuan mahasiswa dalam membuat media pembelajaran fislka yang kontekstual. Peningkatan kemampuan tersebut berturut-turut untuk aspek kualitas isi dan tujuan, kualitas pembelajaran, dan kualitas teknik ketiga-tiganya termasuk pada kategori tinggi (baik).