Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

PERANAN FOTO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU FISIKA DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SEKOLAH MENENGAH YANG KONTEKSTUAL

Indrawati Indrawati
Submitted
Sep 23, 2016
Published
Nov 14, 2007
PDF
Citation
Indrawati, I. (2007). PERANAN FOTO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU FISIKA DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SEKOLAH MENENGAH YANG KONTEKSTUAL. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(69), 968–984. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i69.344
Abstract

Penelitian ini membahas tentang peranan foto dalam menlngkatkan kemampuan mahasiswa calon guru fisika sekolah menengah dalam membuat media pembelajaran fisika yang kontekstual. Masalah penelitian adalah apakah foto yang memuat gambar kejadian riil tentang hasil aplikasi fisika, peristiwa alam, dan sejenisnya dapat difungsikan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa calon guru fisika dalam membuat media pembelajaran Fisika sekolah menengah yang kontekstual? Penelitlan ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian adalah pada perkuliahan Media Pembelajaran Fisika di Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan PM/PA FKJP Universitas Jember semester genap tahun 2004/2005. Subyek penelitian adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah Media Pembelajaran saat ltu di program studi yang sama. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan alat pengumpulan data berupa catatan lapangan dan daftar cek. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif dan dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Joto dapat digunakan untuk meningkat kan kemampuan mahasiswa dalam membuat media pembelajaran fislka yang kontekstual. Peningkatan kemampuan tersebut berturut-turut untuk aspek kualitas isi dan tujuan, kualitas pembelajaran, dan kualitas teknik ketiga-tiganya termasuk pada kategori tinggi (baik).

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 390
Downloads : 238
References
Amien, M. 1987. Mengajar llmu Pengatahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan Metode "Discovery" dan Inquiry". Jakarta: Depdikbud.
Anonim. 2004. Buku Pedoman Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Jember: FKIP Universitas Jember,
Arsyad, A. 2003. Media Pengajaran. Jakarta: Raja grafindo Persada.
Bichler, R. F. & Snowman. 1982. Psichology Applied to Teaching, Fourth Edition. Boston: Houghten Mifflen Company.
Dahar, R. W. I 989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Djamarah, S. B. & Zain, A. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Heuvelen, A. V. 200 I. Milikan Lecture 1999: The Workplace, Student Minds, and Physics Learning Systems.Am. J. Phys. 69 (I I). November 2001.
Juariah, A. 1995. Peningkatan Kemampuan Berpikir Melaui Pendidikan Sains, Mimbar Pendidikan No. 2 XIV /995, IKIP Bandung. Bandung: University Press IKIP Bandung.
McNiff, J. 1992. Action Research: Principle and Practice. London: Macmillan Education Ltd.
Meltzer, D. E. 2002. The relationship between Mathematics preparation and conceptual learning gain in Physics: A possible hidden variable in diagnostic pretest scores. American Journal Physics. 70 (2), 1259-1267.
Reif, F. 1995. Millikan Lecture 1994: understanding and teaching important scientific thought processes. Am. J. Phys. 63 (1 ). January 1995.
Savinainen, A. & Scott, P. 2002. The force concept inventory: a tool for moni­toring student learning. Physics Education. 3 7(1 ), 45-42.
Siregar. 1994. Hubungan Antara Pola Pikir Siswa dan Kemampuan Pemahaman Fisika dengan Prestasi Belajar Fisika, Thesis. Bandung: PPS-IKIP Bandung.
Suleiman, A. H. 1981. Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan. Jakarta: PT. Gramedia.
Sund, R. B. & Trowbridge, L. W. 1973. ·Teaching Science by Inquiry in The Scondary School, Second Edition. Ohio: Charles E. Merrill Publishing Company A Bell & Howell Company.
Sutarto, lndrawati, Mulyono. 2000. Paket sumber belajar (PSB) dengan analisis foto kejadian Fisika (AFKF) sebagai alat bantu menanarnkan konsep Fisika. Laporan Penelitian Hibah Bersaing VI. Dikti: tidak diterbitkan.
Van den Berg, E. 199 l. Miskonsepsi Fisika dan Remediasinya. Salatiga: Universitas Kristen Satyawacana.
Yudiawan, D. 2003. KBK, Solusi Pendidikan Menjawab Tantangan Zaman. Bandung: Pikiran Rakyat.