Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Efektivitas Komunikasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Pendidikan Jarak Jauh (Kasus di Unit Program Belajar Jarak Jauh Jakarta)

Arifah Bintarti
Tri Darmayanti
Hascaryo Pramudibyanto
Submitted
Sep 26, 2022
Published
Sep 26, 2022
PDF
Citation
Bintarti, A. ., Darmayanti, T. ., & Pramudibyanto, H. . (2022). Efektivitas Komunikasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Pendidikan Jarak Jauh (Kasus di Unit Program Belajar Jarak Jauh Jakarta). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(70), 199–122. https://doi.org/10.24832/jpnk.v14i70.3230
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik demografi mahasiswa dalam kaitannya dengan indeks prestasi kumulatif (IPK), (2) mengkaji aktivitas komunikasi mahasiswa jika dikaitkan dengan IPK, dan (3) menganalisis efek komunikasi terhahap IPK. Metode analisis data yang dipergunakan adalah Chi Square dan CHAID.Penelitian ini dilaksanakan di Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Jakarta menggunakan metode survai, dengan populasi sebesar 252 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposif sejumlah 78 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aspek demografi tidak berkaitan secara signifikan dengan perubahan pada perolehan IPK. (2) ada hubungan antara penggunaan informasi atau pesan dan IPK, (3) ada hubungan antara pemilihan media komunikasi dan IPK, serta ada hubungan antara perilaku komunikasi dan IPK. Responden yang mempunyai IPK sedang atau di atas 2.00 mempunyai ciri, selalu
mengerjakan tugas mandiri, selalu aktif dalam kelompok belajar, dan memilih media personal dengan datang langsung atau melalui telpon dalam melakukan komunikasi dengan sumber belajarnya. Adapun responden yang mempunyai IPK rendah atau di bawah 2.00 mempunyai ciri, tidak pernah mengerjakan tugas mandiri, tidak aktif mengikuti tutorial, jarang merencanakan mata kuliah setiap semesternya, dan memilih media untuk berkomunikasi melalui surat via pos.

Keywords
efektivitas komunikasi pendidikan jarak jauh prestasi belajar UPBJJ Jakarta
Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 211
Downloads : 166
References
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka
Katalog Universitas Terbuka, 2003. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Kerlinger, F. N. 1990. Asas-asas penelitian behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Littlejohn, S. W. 1993. Theories of human comminication, 4th edition, Belmont, California: Wadsworth Publishing Company.
Moore, M. G., & Kearsley G. 1996. Distance education. A system vView. Belmont: Wadsworth Publishing Company.
Mulyana, D. 2000. Ilmu komunikasi: Suatu pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Neuman, W. L. 1997. Social research methods: Qualitative and quantitativeapproaches, 3rd edition. Needham Heights: Allyn & Bacon.
Sendjaja, Sasa D. 2005. Pengantar komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Sendjaja, Sasa . D. 2005. Teori komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Sugiyono W, Eri W. 2001, Statistika Penelitian, Bandung: Alfabeta
Suharjo, Budi. 2002. Segmentasi dengan analisis CHAID. Kumpulan Makalah Analisis Kuantitatif dalam Riset Pemasaran. Jakarta: FMIPA IPB.
Suparman, A. 1992. Pendidikan Jarak Jauh, Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Winkell, W.S., 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.