Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Hubungan Gotong-Royong dan Surat Al-Ashr

Safrudin Chamidi
Submitted
Aug 9, 2022
Published
Aug 9, 2022
PDF
Citation
Chamidi, S. (2022). Hubungan Gotong-Royong dan Surat Al-Ashr. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(071), 409–423. https://doi.org/10.24832/jpnk.v14i071.3094
Abstract

Tujuan utama dari penulisan artikel ini adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap salah satu surat yang ada dalam Al Qur’an, yaitu surat Al-Ashr. Artikel ini menyandingkan konsep dalam surat Al-Ashr dengan konsep gotong-royong yang merupakan budaya dasar dari bangsa Indonesia. Artikel ini memperlihatkan bahwa gotong-royong sebagai budaya dasar bangsa Indonesia memiliki aplikasi yang dapat berimplikasi positif atau negatif, sementara surat Al-Ashr selalu memiliki aplikasi yang berimplikasi positif. Beberapa simpulan adalah (1) bangsa Indonesia masih memiliki budaya gotong-royong sebagai budaya dasar, bahkan manfaat (efek positifnya) masih bisa dideteksi dan dirasakan namun tidak bisa dipungkiri tentang adanya distorsi khususnya pada aplikasi dari budaya dasar ini; (2) Distorsi pada konsep gotong-royong terjadi karena perubahan rentang waktu yang berlaku bagi konsep. Semakin panjang rentang waktu yang berlaku pada konsep maka semakin konsep gotong-royong mendekati konsep awalnya. Saran untuk memperbaiki keadaan lapangan tentang penerapan konsep gotong-royong (yang cenderung menunjukkan adanya distorsi terutama pada aplikasinya) diberikan kepada masyarakat dengan kembali kepada konsep awal dari gotong-royong yang cenderung untuk selalu memiliki implikasi positif.

Keywords
Gotong-Royong Surat Al-Ashr Waktu
Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 1215
Downloads : 512
References
Chamidi, S. 1996. Curriculum Management and Development in Indonesia; with Special Reference to Mathematics in Senior Secondary School. Ph.D. Dissertation, Monash University, Australia.
Chamidi, S. 2002. Urgensi Data dan Informasi Pendidikan, Kenyataan serta Implikasinya di Era Desentralisasi di dalam Jurnal “Pendidikan dan Kebudayaan – Balitbang Depdiknas” No. 39, November 2002, hal. 761– 772.
Chamidi, S.2005. Makna dan Implikasi Sederhana Indikator Pendidikan. Bidang Pendayagunaan Data dan Informasi Pendidikan – Pusat Data dan Informasi Pendidikan – Balitbang Depdiknas.
Dahuri, R. 2006. Pejuang Kelautan dan Perikanan di dalam Prof Dr Ir. Rokhmin Dahuri, MS., Menteri Kelautan dan Perikanan, Kabinet Gotong Royong, Ensiklopedia Tokoh Indonesia.
Fauzan. 2006. Gotong-royong Masih adakah? Pada Harian Kompas, 06 Januari 2006.
Hatim, M.A., dan Dloifur, F. 2005. Tafsir Sederhana. Surat Al-Fatikhah dan Juz ‘Amma. Hadiah Haji dan Umrah.
Nopinus. 2007. KSM Penyugu Tebedak Membeton Jalan Sabtu, 24 Februari 2007.
Pattiradjawane, R. 2006. Kerjasama Gotong Royong, di Kompas, Senin, 03 Juli 2006.
Martin van Bruinessen, 1990. “Mencari Ilmu dan Pahala di Tanah Suci: Orang Nusantara naik haji” (“Seeking knowledge and merit: Indonesians on the haj”), Ulumul Qur’an (Jakarta) Vol II No 5, 1990, 42- 49.
Ulil Abshar-Abdalla dan Nong Darol Mahmada. 2007. Wawancara Danarto: Awalnya, Saya Salat Berbahasa Jawa. Kajian Islam Utan Kayu (KIUK), Jakarta. http://islamlib.com/id/index.php?page=article &id=57