Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Model Membaca, Menulis, dan Berhitung di Sekolah Dasar

Idris HM. Noor
Submitted
Aug 9, 2022
Published
Aug 9, 2022
PDF
Citation
HM. Noor, I. (2022). Model Membaca, Menulis, dan Berhitung di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(071), 329–353. https://doi.org/10.24832/jpnk.v14i071.3090
Abstract

Fokus penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran (pendekatan, metode dan teknik) belajar mengajar baca, tulis, dan hitung (matematika) terpadu di kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 SD. Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaian dengan pembelajaran dan pengembangan model. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan model. Data penelitian bersumber dari pembelajaran di SD dan sumber data bersumber dari guru dan siswa kelas 1 sampai kelas 3 di 2 SD di Jawa Barat, 2 SD di Nusa Tenggara Barat, 2 SD di Jawa Timur, 2 SD di Sumatera Barat, dan 2 SD di DKI Jakarta. Alat pengumpul data adalah kuesioner dan teknik pengumpulan datamenggunakan: (a) eksplorasi, ( b) penyebaran dan pengisian kuesioner, (c) wawancara, (d) observasi, dan (e) kajian dokumen kurikulum, buku teks, buku penunjang, dan dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan baca, tulis, hitung (matematika). Analisis data menggunakan teknik presentase dan kualitatif. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai pedoman dalam mengembangkan materi ajar, metode dan teknik pembengajaran, serta evaluasi belajar baca, tulis, hitung siswa kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 SD.

Keywords
membaca menulis matematika terpadu
Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 1235
Downloads : 2148
References
Arikunto, Suharsimi, 2000. Manajemen Penelitian, PT. Asdi Mahasatya, Jakarta.
Badan Penelitian dan Pengembangan. 2005. Pembelajaran Baca, Tulis, Hitung (CALISTUNG) di Sekolah Dasar, Depdiknas, Jakarta.
Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (2nd. ed), Addison Wesley Longman, Inc.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Dick, Walter and Lou Carey, 1978. The Systematic Design of Instruction (3rd.ed) Scott, Foresman, and Company, London England.
Emzir, Zainal Rafli, Zain Mahtadi, Syafruddin Tajudin. 1995. Studi Evaluasi Buku Teks Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Laporan Studi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Jakarta.
Finachiaro, Mary, 1983. Teaching English as a Second Language, Harper & Row Publisher, New York.
Gagne, Robert M. Leslie J. Briggs. 1979. Principle of Instructional Design, Holt, Rinehart and Winston, Inc. USA,
Gardner, Howard. 2001. Multiple Intelligence: The Theory in Practice. Basic Books, New York.
Greco, Alberto., 1994. Integrating “different” models in cognitive psychology. Cognitive Systems,4-1,21-32).http://cogprints.ecs.soton.ac.uk/archive/00000650/00/COGSY.94HTM,1994
Harvey F. Donald and Donald R. Brown, 1992. An Experiential Approach to Organization Development, Prentice Hall. Inc. Englewood Cliffs, New Jersey.
Hadley, Alice Omaggio., 1993. Teaching Language in Context (2nd Edition), Heinle & Heinle Publishers, Boston, Massachusetts. http://en.wikipedia.org/wiki/Model.
Kemp, E. Jerrold, 1985. The instructional Design Process. Happer and Row Publisher, New York
Moleong, Lexi. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Muhibbin Syah, 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, PT Remaja Rosda Karya. Bandung.
Stevick, Earl W. Robert W.Blair. 1982. Innovative Approach to Language Teaching, Heinle & Heinle Publisher, Massachusetts.
Strauss, Anselm, and Corbin, Juliet, 1990. Basic Qualitative Research. Grounded Theory, Procedures, and Techniques. Sage Publications. Inc.
Sukandi U. 1996. Matematika: Paket Pelatihan SPP-CBSA untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pembina Sekolah Dasar. Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan. Jakarta.
Sunardi. 1997. Menangani Kesulitan Belajar Membaca: Paket Penanganan Siswa Berkesulitan Belajar, Pegangan Guru, kepala Sekolah, dan Pembina Sekolah Dasar. Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan. Jakarta.
Suparman, Atwi, 1997. Desain Instruksional. Direktorat Jenderal PendidikanTinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.