Al-Jarf, R. (2020). Distance learning and undergraduate Saudi students’ agency during the Covid19 Pandemic. Bulletin of the Transilvania University of Bra ov Series IV: Philology and Cultural Studies, 13(2), 37-54. doi.org/10.31926/but.pcs.2020.62.13.2.4.
Anwas, O. M. (2010). Televisi mendidik karakter bangsa: Harapan dan tantangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(9), 256-266. doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.517.
Chaeruman, U.A.(2019). Memaknai Kemerdekaan Belajar Mas Mendikbud Nadiem Makarim. https://www.kompasiana.com/uweschaeruman7904/5dfe2221097f3645ad15f433/memaknai-kemerdekaan-belajar-mas-mendikbud-nadiem-makarim?page=all, di akses 15 Mei 2020.
Cochrane, J. (2020). Factors affecting access to digital technologies and the resulting impact for students in a P-12 context. Australian Educational Computing, 35(1), 1-14.
Dewi, N.M.S. & Mudiasih, N.W. (2021). Belajar dari rumah (BDR) pada masa pandemi covid-19. PENSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 1(2), 59–65.
Faridah, H., Suryaningtyas, W., Kristanti, F. (2016). Pembelajaran Matematika dengan media Televisi Edukasi Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(2), 176–182. doi.org/10.30651/must.v1i2.236.
Mais, A. (2016). Media pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Jember: Pustaka Abadi.
Mansyur, A.R. (2020). Dampak COVID-19 terhadap dinamika pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113-123. doi.org/10.33096/eljour.v1i2.
Nufus, M., Latifah, N., & Dahlan, M.A. (2022). Analisis pemanfaatan media TV berbasis daring pada pembelajaran tematik SDN Jati 05 Kota Tangerang. Jurnal Elementary, 5(1), 45-50.
Rusmiarti, D.A. (2015). Analisis difusi inovasi dan pengembangan budaya kerja pada organisasi birokrasi. Masyarakat Telematika dan Informasi, 6(2), 85-100.
Saepurrohman, A. & Paranoan, Y. (2019). Pola pendidikan yang tepat bagi generasi Z dan generasi alfa. Direktorat Guru & Tenaga Kependidikan Madrasah. https://gtkmadrasah.kemenag.go.id/2019/07/03/pola-pendidikan-yang-tepat-bagi-generasi-zdan-generaso-alfa.
Saputri, W., Priyambodo,P., Winarto, & Jayawardana. H.B.A. (2022). Penguatan fungsi dan peran sekolah: Solusi pembelajaran sains bagi generasi Y dan Z di era 4.0. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 5(1), 54-68. doi.org/10.31539/bioedusains.v5i1.3388
Sofianto, A., & Zuhri, M. (2021). Hambatan dan solusi pembelajaran jarak jauh pada era pandemi Covid-19 dI Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 173-186. doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.1841
Subandi, T. (2012). Inovasi Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis kesulitan guru dalam penggunaan media pembelajaran online di sekolah dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 211–221. doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Wahidin, U. (2018). Implementasi literasi media dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229-243. doi.org/10.30868/ei.v7i2.284
Warsita, B. (2013). Pemanfaatan Program Siaran Televisi Pendidikan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Teknodik, 17(3), 353-364. doi.org/10.32550/teknodik.v17i3
Yurdani, S. Darmawan, D. dan Surjakusumah, Y. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan audiovisual untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis karya sastra. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 736-746.
Zamjani, I., Rakhmah, D.N., Azizah, S.N., Pratiwi, I., Hijriyati, S., & Hidayati, S. (2020). Risalah Kebijakan: Mengatasi risiko belajar dari rumah. Kemendikbud, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Pusat Penelitian Kebijakan