Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Model Pembelajaran Inovatif dengan Memanfaatkan TV Edukasi

Eni Susilawati
M. Shalehuddin Al Ayubi
Submitted
Jul 31, 2022
Published
Dec 20, 2022
PDF
Citation
Susilawati, E., & Al Ayubi, M. S. . (2022). Model Pembelajaran Inovatif dengan Memanfaatkan TV Edukasi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 186–198. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.3063
Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pembelajaran inovatif berbasis TVE dari berbagai aspek, yaitu kesiapan guru dalam menerapkan model, pemanfaatan media melalui model yang telah diterapkan guru saat pembelajaran di masa pandemi Covid-19, serta aspek teknis dan kebijakan pendukung penerapan model pembelajaran inovatif berbasis TVE. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah 806 orang guru SD. Pendalaman dan verifikasi data menggunakan wawancara dan FGD dengan beberapa guru SD dan tim Pengembang Teknologi Pembelajaran Pusdatin. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aspek persiapan pembelajaran perlu meningkatkan kompetensi dan frekuensi guru dalam memanfaatkan konten TVE, serta perlu dirancang model pembelajaran berbasis TVE yang mengintegrasikan keterlibatan siswa, keterampilan kolaborasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Pada aspek teknis, perlu ditingkatkan jumlah dan kelengkapan konten TVE untuk jenjang SD, serta didukung penyediaan internet dan anggaran berlangganan TV kabel bagi sekolah. Pada aspek kebijakan, perlu adanya  dukungan dari pimpinan sekolah dalam menyediakan sarana dan prasarana yang didukung, dengan memaksimalkan pemanfaatan dana BOS serta dukungan pendampingan dari orang tua. Ke depannya TVE sebaiknya melakukan difusi yang lebih masif dan peningkatan kemudahan akses TVE sehingga dapat dimanfaatkan lebih optimal dalam pembelajaran.

Keywords
model pembelajaran inovatif konten TVE pembelajaran multiplatform kesiapan guru pembelajaran kolaboratif
Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 3957
Downloads : 2764
References
Al-Jarf, R. (2020). Distance learning and undergraduate Saudi students’ agency during the Covid19 Pandemic. Bulletin of the Transilvania University of Bra ov Series IV: Philology and Cultural Studies, 13(2), 37-54. doi.org/10.31926/but.pcs.2020.62.13.2.4.
Anwas, O. M. (2010). Televisi mendidik karakter bangsa: Harapan dan tantangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(9), 256-266. doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.517.
Chaeruman, U.A.(2019). Memaknai Kemerdekaan Belajar Mas Mendikbud Nadiem Makarim. https://www.kompasiana.com/uweschaeruman7904/5dfe2221097f3645ad15f433/memaknai-kemerdekaan-belajar-mas-mendikbud-nadiem-makarim?page=all, di akses 15 Mei 2020.
Cochrane, J. (2020). Factors affecting access to digital technologies and the resulting impact for students in a P-12 context. Australian Educational Computing, 35(1), 1-14.
Dewi, N.M.S. & Mudiasih, N.W. (2021). Belajar dari rumah (BDR) pada masa pandemi covid-19. PENSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 1(2), 59–65.
Faridah, H., Suryaningtyas, W., Kristanti, F. (2016). Pembelajaran Matematika dengan media Televisi Edukasi Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(2), 176–182. doi.org/10.30651/must.v1i2.236.
Mais, A. (2016). Media pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Jember: Pustaka Abadi.
Mansyur, A.R. (2020). Dampak COVID-19 terhadap dinamika pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113-123. doi.org/10.33096/eljour.v1i2.
Nufus, M., Latifah, N., & Dahlan, M.A. (2022). Analisis pemanfaatan media TV berbasis daring pada pembelajaran tematik SDN Jati 05 Kota Tangerang. Jurnal Elementary, 5(1), 45-50.
Rusmiarti, D.A. (2015). Analisis difusi inovasi dan pengembangan budaya kerja pada organisasi birokrasi. Masyarakat Telematika dan Informasi, 6(2), 85-100.
Saepurrohman, A. & Paranoan, Y. (2019). Pola pendidikan yang tepat bagi generasi Z dan generasi alfa. Direktorat Guru & Tenaga Kependidikan Madrasah. https://gtkmadrasah.kemenag.go.id/2019/07/03/pola-pendidikan-yang-tepat-bagi-generasi-zdan-generaso-alfa.
Saputri, W., Priyambodo,P., Winarto, & Jayawardana. H.B.A. (2022). Penguatan fungsi dan peran sekolah: Solusi pembelajaran sains bagi generasi Y dan Z di era 4.0. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 5(1), 54-68. doi.org/10.31539/bioedusains.v5i1.3388
Sofianto, A., & Zuhri, M. (2021). Hambatan dan solusi pembelajaran jarak jauh pada era pandemi Covid-19 dI Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 173-186. doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.1841
Subandi, T. (2012). Inovasi Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis kesulitan guru dalam penggunaan media pembelajaran online di sekolah dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 211–221. doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Wahidin, U. (2018). Implementasi literasi media dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229-243. doi.org/10.30868/ei.v7i2.284
Warsita, B. (2013). Pemanfaatan Program Siaran Televisi Pendidikan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Teknodik, 17(3), 353-364. doi.org/10.32550/teknodik.v17i3
Yurdani, S. Darmawan, D. dan Surjakusumah, Y. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan audiovisual untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis karya sastra. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 736-746.
Zamjani, I., Rakhmah, D.N., Azizah, S.N., Pratiwi, I., Hijriyati, S., & Hidayati, S. (2020). Risalah Kebijakan: Mengatasi risiko belajar dari rumah. Kemendikbud, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Pusat Penelitian Kebijakan