Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Strategi Kepala Sekolah Menengah Atas dalam Menyiapkan Sekolah Penggerak

Nelson Dowansiba
Hermanto Hermanto
Submitted
Jul 29, 2022
Published
Dec 16, 2022
PDF
Citation
Dowansiba, N., & Hermanto, H. (2022). Strategi Kepala Sekolah Menengah Atas dalam Menyiapkan Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 125–137. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.3060
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memformulasikan strategi kepala sekolah dalam menyiapkan Sekolah Penggerak terkait dengan: 1) penguatan SDM; 2) pembelajaran paradigma baru; dan 3) sarana prasarana. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dan berlokasi di SMAN 1 dan 2 Wonosari, Yogyakarta. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen arsip sekolah. Hasil penelitian menunjukkan: 1) strategi yang dilakukan oleh Kepala SMA Negeri 1 dan 2 Wonosari untuk meningkatkan kompetensi SDM adalah dengan mengusung konsep perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi (PPE); 2) strategi yang dilakukan oleh Kepala SMA Negeri 1 dan 2 Wonosari untuk mengelola pembelajaran paradigma baru adalah dengan menggunakan konsep student centered learning (SCL); dan 3)strategi yang dilakukan oleh Kepala SMA Negeri 1 dan 2 Wonosari untuk menyediakan sarana dan prasarana adalah dengan konsep 2P atau perencanaan dan pengadaan. Ketiga strategi tersebut dinilai paling efektif untuk menyiapkan Sekolah Penggerak. 


 

Keywords
strategi kepala sekolah Sekolah Penggerak pengelolaan pembelajaran kompetensi guru
Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 2852
Downloads : 2679
References
Adit, A. (24 September 2020). Komisi X DPR: DIY bakal jadi percontohan peta jalan pendidikan. Kompas.com/Edu.
Afif, N. (2019). Pengajaran dan pembelajaran di era digital. IQ: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 117-129. doi.org/10.37542/iq.v2i01.28
Amini, Pane, D., dan Akrim. (2021). Analisis manajemen berbasis sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMP swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11148-11159.
Creswell, J.W. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. New York: SAGE Publications.
Etisnawati. (2020). Strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu tenaga pendidik . Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6 (1), 13-18. doi.org/10.29210/120202605
Fudin, A. (2020). Pengaruh sarana prasarana terhadap kinerja guru. Manajemen Pendidikan, 15 (1), 7-11.
Gunawan. (11 Maret 2011). 150 sekolah lolos Program Sekolah Penggerak: Diawali dari Gunungkidul, menyasar berbagai jenjang pendidikan. Radar Jogja. https://radarjogja.jawapos.com/gunungkidul/2021/03/11/150-sekolah-lolos-program-sekolahpenggerak/
Gunawan, Fitria, H., & Fitriani, Y. (2021). Strategi kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (2), 2769-2777.
Kaharuddin. (2021). Kualitatif : Ciri dan karakter sebagai metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-8.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Mari bersama memajukan pendidikan Indonesia melalui Program Sekolah Penggerak, Organisasi Penggerak, Guru Penggerak. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/
Lutfi, A. (2020). Metodologi pembelajaran: Strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. In A. Lutfi, Pengertian dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran (p. 121). Malang: IRDH Book Publisher.
Putra, I.G., Saputra, I.M., & Wardana, K.A. (2021). Paradigma pendidikan Abad 21 di masa Pandemi Covid-19. PINTU: Pusat Penjamin Mutu, 2(2), 1-20.
Ratnawati, E. (2019). Peningkatan kinerja guru dalam penyusunan administrasi pembelajaran melalui supervisi akademik Kepala Madrasah di MIN Doplang Kecamatan Bawen Semarang. Jurnal Dwija Utama, 10(42), 43-55.
Rizky, B., Puput, R., & Af’idah, I. (2021). Strategi kepala sekolah dalam mempertahankan mutu pendidikan pada masa pandemi Covid-19 di SMA Ar-Rahmah Malang. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 8(1), 45-53.
Shohib, M., & Ernawati. (2018). Student centered learning: Solusi atau masalah di era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Hukum dan Keadilan, 6(1), 86-103. https://ejurnal.stihpainan.ac.id/index.php/jihk/article/view/124
Syafi’i, F.F. (2021). Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 25 November 2021, 39-49.
Triyanto. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 176-184.
Wibawani, D.T., Wiyono, B.B., dan Benty, D.D.N. (2019). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 181-187.
Widiansyah, A. (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SDIT Insani Islamia Bekasi. Cakrawala, 18(1), 25-30