Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Pelaksanaan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan oleh Beberapa Lembaga

Nur Listiawati
Submitted
Aug 30, 2016
Published
Sep 16, 2013
PDF
Citation
Listiawati, N. (2013). Pelaksanaan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan oleh Beberapa Lembaga. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(3), 430–450. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i3.302
Abstract

The objective of the study is to identify the role and the pursuit of educational institutions in disseminating and implementing the concept of sustainable development. The study is a research field that uses a qualitative approach to obtain information about the program developed by institutions and its’ scope, as well as its application in the educational unit that covers targets of the program and investment strategies on the value of each program. The study showed that coverage of the value of education for sustainable development are implemented and embedded in the education unit is still largely focused on environmental perspective and targets of each program varied, mostly are educators, learners and principals; strategy in instilling of values divers  e including integration to subjects of learning, local content, extracurricular, habituation, and familiarization, that most people do it through integration and habituation and acculturation.


ABSTRAK

 

Tujuan pengkajian yaitu untuk mengidentifikasi peran dan kiprah lembaga-lembaga pendidikan dalam menyebarluaskan dan menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan. Pengkajian merupakan field research yang menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan informasi tentang program yang dikembangkan lembaga dan cakupannya, serta penerapannya di satuan pendidikan yang mencakup sasaran, dan strategi penanaman nilai pada setiap program. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa: cakupan nilai-nilai pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (Education for sustainable development) yang dilaksanakan dan ditanamkan di satuan pendidikan sebagian besar masih berfokus pada perspektif lingkungan dan sasaran program beragam, sebagian besar sasaran program adalah pendidik, peserta didik dan kepala sekolah; strategi penanaman nilai beragam, yaitu melalui integrasi ke dalam mata pelajaran, melalui muatan lokal, ekstrakurikuler, pembiasaan dan pembudayaan, serta kegiatan lainnya, yang paling banyak dilakukan, yaitu melalui integrasi dan pembiasaan serta pembudayaan.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 5131
Downloads : 2784
References
Avonanova. 2012. Indonesia Tercatat sebagai Perusak Hutan Tercepat di Dunia, sumber: http:// blogs.itb.ac.id/igist/2012/06/19/indonesia-tercatat-sebagai-perusak-hutan-tercepat-di-dunia/, diunduh 15 maret 2013.
Direktorat Pendidikan Dasar. 2011. Pedoman Pendidikan untuk Perkembangan, Pengembangan, dan/atau Pembangunan Berkelanjutan/PuP3B (Education for Sustainable Development/ESD) untuk Pendidikan Dasar.
Environmental Education and Outreach Unit WWF Indonesia. 2012. Best Practice.
Education for Sustainable Development in Heart of Borneo, Paparan Diskusi dengan Pusat Penelitian Kebijakan Balitbang Kemdikbud, Jakarta.
GHK in association with Danish Technology Institute, Technopolis, 2008, Inventory of innovative practices in education for sustainable development, Order 31, DG Education And Culture, Brussels: GHK, Danish Technology Institute, and Technopolis. International Institute for Sustainable Development. 2013. What is Sustainable Development? Environmental, Economic and Social Well-being for Today and Tomorrow, sumber: http://www.iisd.org/sd/, diunduh 15 Maret 2013.
Kambuaya, Balthasar, Sambutan MENLH kepada Pemimpin Daerah dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2012, sumber: http://www.menlh.go.id/sambutan-menlh-kepada-pemimpin daerah-dalam-peringatan-hari-lingkungan-hidup-sedunia-2012/ diunduh 15 Maret 2013.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional 2010-2014, Jakarta: Kemdiknas.
Live & Learn. 2013. Vision and Mission, sumber: http://www.livelearn.org/vision-and-mission, diunduh 26 Maret 2013.
Monalisa. 2012. Pertamina Foundation Gagas Sekolah Sobat Bumi, sumber: http://www.antaranews.com/berita/296471/pertamina-foundation-gagas-sekolah-sobat-bumi, diunduh 27 Maret 2013.
Nir. 2012. Lendo Novo: Al-Qur’an dan Hadits, Inspirasi Membuat Sekolah Alam dalam Majalah Keluarga Muzakki, sumber: http://muzakki.com/pribadi-muslim/profil-pribadi-muslim/507-lendo-novo-alquran-dan-hadits-inspirasi-membuat-sekolah-alam.html., diunduh 18 Maret 2013.
Nn. 2011. Sekolah Sobat Bumi, Mendorong Lebih Banyak Sekolah Hijau di Indonesia, http://www.sobatbumi.com/solusi/view/89/Sekolah-Sobat-Bumi-Mendorong-Lebih-Banyak-Sekolah-
Hijau-di-Indonesia, diunduh 27 Maret 2013.
Perkumpulan Lingkar. 2012. Profil Lingkar, Yogyakarta: Lingkar.
Perlingieri, Ilya Sandra Dr., 2009, The Worldwide Environmental Crisis: Gone Missing: The Precautionary Principle, sumber: http://www.globalresearch.ca/the-worldwide-environmental-crisis/12268. Diunduh 15 Maret 2012.
Pusat Penelitian Kebijakan. 2012. Kajian Model-model ESD Jenjang Pendidikan Dasar, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rizali, Ahmad. 2012 Sekolah Sobat Bumi (SSB) Pertamina Foundation: Model Pembelajaran ESD, paparan Diskusi Puslitjak Balitbang Kemdikbud di Hotel Salak, Bogor 7 Feb 2012.
Sekretaris Negara Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.
Surat Keputusan bersama antara Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Kementerian
Pendidikan Nasional Nomor 03/MENLH/02/2010 dan Nomor 01/II/KB/2010 tentang Pendidikan
Lingkungan Hidup.
Trochim, William M.K. 2006. The Research Methods Knowledge Base, http://www.socialresearchmethods.net/kb/qualapp.php, diunduh 28 Des 2012.
Unesco. 2005. International Implementation Scheme for DESD, Paris: Unesco.
WWF Indonesia. 2013. About WWF, http://www.wwf.or.id/en/about_wwf/whoweare/organization/, diunduh 26 Maret 2013.